• Jelajahi

    Copyright © Langgam Pos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo, Menjawab PU Fraksi-Fraksi Tentang Upaya Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Sumenep

    Kamis, 16 November 2023, Kamis, November 16, 2023 WIB Last Updated 2023-11-17T23:07:06Z
    masukkan script iklan disini

    Baca Juga

    Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo, Menjawab PU Fraksi-Fraksi Tentang Upaya Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Sumenep


    Tanggal 16 Oktober 2023, DPRD Kabupaten Sumenep telah menyelenggarakan Rapat Paripurna Penyampaian Jawaban Bupati Sumenep Terhadap Pandangan Umum Fraksi - Fraksi DPRD Atas Nota Penjelasan Raperda Tentang APBD Tahun Anggaran 2024.  Penyamapaian tersebut dibacakan langsung oleh Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo, SH., MH, di depan Pimpinan dan Anggota DPRD serta undangan yang lain. 

    Dalam jawabannya, Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo, SH., MH, menanggapi harapan dan saran dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan, Partai Nasdem Hanura Sejahtera, Partai Demokrat serta Partai Amanat Nasional sehubungan dengan Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah, dapat disampaikan bahwa seluruh Pemerintah Daerah berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)

    Salah satu upaya dalam mendorong kemandirian fiskal, Pemerintah Kabupaten Sumenep pada saat ini terus berupaya untuk mengoptimalkan penerimaan PAD, dengan terus mendorong sumber-sumber PAD yang menjadi potensi seperti Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Optimalisasi pada 2 (dua) sumber PAD tersebut pada saat ini menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Sumenep. Beberapa upaya yang telah dan sedang dilakukan dalam rangka optimalisasi penerimaan daerah adalah percepatan dan perlusan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD). Dengan elektronifikasi tersebut maka pengelolaan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah secara online system serta pembayaran secara Non Tunai.

    Adapun beberapa capaian yang telah dilakukan adalah saat ini seluruh pembayaran pajak daerah telah dilakukan secara Non Tunai melalui kanal-kanal digital antara lain, Virtual Account, Cash Teller, ATM, Mobile Banking, Indomaret, Alfamart, PT. Pos/Pospay, Tokopedia dan Ovo. Sementara untuk Retribusi Daerah juga telah dilakukan elektrinifikasi diantaranya Retribusi Wisata (Museum, Pantai Lombang dan Pantai Slopeng) dengan kanal pembayaran Qris, Retribusi Pelayanan Kesehatan (Labkesda, Blud RSUD dan Puskesmas) dengan kanal Qris dan Virtual Account (VA), Retribusi Rumah Potong Hewan (RPH) dengan kanal pembayaran Qris dan retribusi daerah lainnya sedang dilakukan proses yang ditargetkan pada tahun ini seluruh penerimaan retribusi sudah dilakukan secara non tunai.

    Bupati Sumenep juga menegaskan, bahwa seluruh upaya yang dilakukan agar pengelolaan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah secara online system serta pembayaran secara Non Tunai tidak hanya untuk meningkatkan efektifitas dan efesiensi dalam pemungutan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, akan tetapi juga dalam rangka pemingkatan PAD Kabupaten Sumenep. (nn)
    Komentar

    Tampilkan

    Iklan

    Terkini

    close