• Jelajahi

    Copyright © Langgam Pos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Iklan

    Bupati Sumenep Cetak Sejarah: Penghargaan Prestisius untuk Pemanfaatan Lahan Marginal dan Keberlanjutan Pangan

    Jumat, 17 November 2023, 01:23 WIB Last Updated 2023-11-16T18:23:28Z
    masukkan script iklan disini
    IKLAN

    Baca Juga


    Penghargaan Ketahanan Pangan Jawa Timur 2023

    Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo, baru-baru ini meraih penghargaan bergengsi dalam bidang Pemanfaatan Lahan Marginal pada ajang Penghargaan Ketahanan Pangan Jawa Timur 2023. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Timur sebagai bentuk apresiasi terhadap komitmen Bupati Sumenep dalam mendukung ketahanan pangan di wilayahnya.

    Dalam keterangannya, Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo menyatakan harapannya agar penghargaan ini dapat menjadi motivasi untuk lebih meningkatkan pemanfaatan lahan marginal. Beliau menekankan pentingnya upaya tersebut dalam meningkatkan kesejahteraan para petani di Kabupaten Sumenep.

    Prestasi ini tidak terlepas dari keberhasilan Pemerintah Daerah dalam mengelola lahan marginal untuk sektor pertanian. Salah satu contoh nyata adalah pengembangan produksi bawang merah dengan varietas unggulan lokal, Rubaru. Capaian produksi bawang merah dari lahan marginal ini menunjukkan tren positif, dengan pencapaian tertinggi pada tahun 2021.

    Menurut Bupati Wongsojudo, luas lahan marginal di Kabupaten Sumenep mencapai 72.453,37 hektar, dengan Kecamatan Rubaru memiliki lahan marginal sebesar 4.378,55 hektar. Luas tanam bawang merah di lahan marginal Kecamatan Rubaru mencapai 1.198 hektar, yang dielola dengan baik sehingga mencapai 27,36 persen dari total lahan marginal di kecamatan tersebut.

    Bupati Sumenep menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam mendukung pertanian dan ketahanan pangan di Kabupaten Sumenep. Peran aktif petani dan inovasi pemerintah daerah dianggap sebagai faktor kunci dalam meraih prestasi ini.

    Sementara itu, dalam acara yang sama, Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumenep meraih piagam penghargaan sebagai juara 2 Lomba Cipta Menu Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) 2023. Piagam tersebut diterima oleh Ketua TP PKK Kabupaten Sumenep, Nia Kurnia Fauzi. Tidak hanya itu, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Sumenep juga meraih penghargaan stand terbaik kategori Estetika Terbaik pada peringatan Hari Pangan Sedunia ke-43.

    Prestasi gemilang ini tidak hanya membanggakan Sumenep sebagai daerah yang peduli terhadap ketahanan pangan, tetapi juga menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam meningkatkan sektor pertanian serta ketahanan pangan secara keseluruhan. (lp)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Sastra

    +
    close