• Jelajahi

    Copyright © Langgam Pos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sumenep Minta Seleksi PPPK di Sumenep Diperketat

    Selasa, 21 November 2023, Selasa, November 21, 2023 WIB Last Updated 2023-12-30T04:45:41Z
    masukkan script iklan disini

    Baca Juga

    Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sumenep Minta Seleksi PPPK di Sumenep Diperketat


    Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Darul Hasyim Fath, mengusulkan agar Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sumenep meningkatkan ketatnya pengawasan terhadap seleksi rekrutmen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

    Dalam konteks seleksi PPPK Kabupaten Sumenep 2023, yang diikuti oleh 2.837 peserta untuk 311 kursi yang tersedia, Darul menyampaikan kekhawatiran terkait dengan potensi praktik joki, free rider, dan penumpang gelap yang dapat memanfaatkan momen seleksi untuk keuntungan pribadi.

    "Diperlukan kepastian dari BKPSDM bahwa seleksi PPPK di Kabupaten Sumenep tahun 2023 akan terbebas dari praktik free rider, penumpang gelap, hingga joki," tegas Darul saat berada di lokasi seleksi PPPK di Universitas Bahaudin Mudhary (Uniba Madura) pada Senin (20/11/2023).

    Menurut Darul, transparansi dan akuntabilitas harus diutamakan dalam pelaksanaan seleksi PPPK. Hal ini disebabkan oleh risiko terciptanya pegawai yang tidak profesional jika proses seleksi tidak bersih, yang pada akhirnya dapat menjadi beban bagi negara.

    Selain itu, Darul menekankan pentingnya memberikan edukasi kepada para peserta mengenai mekanisme seleksi yang ketat. Ia khawatir bahwa tanpa pemahaman yang memadai, peserta dapat menjadi target praktik-praktik yang tidak sah.

    "Ada kemungkinan pihak tertentu menawarkan kesuksesan dalam seleksi dengan imbalan uang. Padahal, seleksi ini menggunakan sistem computer assisted test (CAT), sehingga keberhasilan atau kegagalan peserta akan terlihat secara objektif," jelasnya.

    "Para peserta harus diinformasikan tentang praktik-praktik semacam itu agar mereka tidak terjebak oleh tawaran yang tidak sah, termasuk tawaran dari joki," tambah Darul.

    Sementara itu, Plt Kepala BKPSDM Sumenep, Arif Firmanto, menjelaskan bahwa tes PPPK Kabupaten Sumenep 2023 telah berlangsung sejak 9 hingga 21 November di Universitas Bahaudin Mudhary (Uniba Madura). Total kuota PPPK Kabupaten Sumenep tahun ini adalah 311, terdiri dari 183 tenaga guru, 64 tenaga kesehatan, dan 64 tenaga teknis.

    Arif Firmanto menegaskan bahwa seleksi ini tidak dapat diintervensi oleh pihak manapun, karena menggunakan sistem CAT yang memungkinkan nilai peserta dapat terlihat secara real time. Pihaknya juga mengapresiasi perhatian dari Ketua Komisi I DPRD Sumenep terkait keinginan agar seleksi PPPK tetap bersih dan transparan dari berbagai kepentingan. (nh)
    Komentar

    Tampilkan

    Iklan

    Terkini

    close