• Jelajahi

    Copyright © Langgam Pos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Komisi III DPRD akan Segera Gelar RDP: Proyek Jalan Bundaran Selamat Datang di Kecamatan Pragaan Jadi Topik Utama

    Jumat, 24 November 2023, Jumat, November 24, 2023 WIB Last Updated 2023-12-30T04:46:54Z
    masukkan script iklan disini

    Baca Juga


    Komisi III DPRD akan Segera Gelar RDP



    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep, melalui Komisi III, memberikan perhatian khusus terhadap proyek pembangunan Jalan Bundaran Selamat Datang di Kecamatan Pragaan. Dalam menghadapi pelaksanaan proyek tersebut, pihak legislatif bersiap untuk menggelar rapat dengar pendapat (RDP) bersama dinas teknis dalam waktu dekat.

    Proyek pembangunan jalan perbatasan antara Sumenep dan Pamekasan dijadwalkan akan dimulai pada tahun ini. Sebagian besar anggaran proyek tersebut telah dialokasikan melalui perubahan anggaran keuangan (PAK) tahun 2023. Total pagu anggaran yang tertera di Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Sumenep mencapai Rp 977,1 juta, yang akan digunakan untuk penimbunan lahan.

    Jadwal pelaksanaan proyek ini direncanakan akan diselesaikan dalam kurun waktu 20 hari setelah penandatanganan kontrak. Saat ini, proses lelang masih berada dalam tahap pembukaan dokumen penawaran, dengan target penyelesaian lelang maksimal pada tanggal 13 Desember.

    Anggota Komisi III DPRD Sumenep, Wiwid Harjo Yudanto, mengingatkan agar proyek ini tidak dipaksakan, meskipun pada tahun ini hanya akan dilakukan penimbunan lahan. Menurutnya, pelaksanaan proyek yang tergesa-gesa berpotensi mengakibatkan hasil yang kurang optimal. Oleh karena itu, dia mengusulkan opsi untuk menunda pelaksanaan proyek hingga tahun berikutnya agar dapat dilakukan dengan lebih maksimal.

    Wiwid menyatakan bahwa jika pelaksanaan proyek melewati batas waktu yang ditentukan, kontraktor pelaksana harus siap menanggung sanksi. Sementara itu, Komisi III akan terus mengawasi seluruh proses pelaksanaan proyek, dengan harapan kualitas hasil pekerjaan mencapai tingkat maksimal. "Kualitas hasil pekerjaan harus maksimal," tegasnya.

    Dalam waktu dekat, pihak legislatif akan menggelar RDP, yang akan melibatkan perwakilan dari DPUTR untuk memberikan penjelasan tentang progres yang telah dilaksanakan. "Koordinasi antara Komisi III dan dinas teknis hanya terjadi satu kali secara resmi, yaitu pada saat pembahasan PAK," ungkap Wiwid.

    Sebagai tindak lanjut dari pembahasan sebelumnya, dianggap perlu dilakukan RDP agar semua situasi dan kendala yang mungkin menghambat kelancaran proyek dapat segera dicari solusinya bersama. Wiwid memberikan peringatan bahwa pelaksanaan proyek yang telah dimulai tidak boleh mengalami kegagalan di tengah jalan.

    Kepala Bidang Bina Marga DPUTR Sumenep, Salamet Supriyadi, menegaskan bahwa pekerjaan proyek dipastikan akan selesai pada tahun ini. Penandatanganan kontrak direncanakan akan dilakukan pada tanggal 6-7 Desember mendatang. "Kami sedang memproses agar pekerjaan proyek dapat segera dimulai," janji Salamet.

    Dengan semangat penuh, Komisi III DPRD Sumenep bersama dengan dinas teknis berkomitmen untuk memastikan bahwa proyek pembangunan Jalan Bundaran Selamat Datang di Kecamatan Pragaan berjalan dengan lancar dan menghasilkan kualitas yang optimal sesuai dengan harapan masyarakat. Peran aktif legislatif dalam pengawasan dan evaluasi proyek ini diharapkan dapat meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan pembangunan infrastruktur di daerah Sumenep. (as)
    Komentar

    Tampilkan

    Iklan

    Terkini

    close