• Jelajahi

    Copyright © Langgam Pos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Kunci Sukses UMKM: Menggali 7 Kemampuan Utama untuk Bangun Bisnis yang Tangguh

    Jumat, 17 November 2023, Jumat, November 17, 2023 WIB Last Updated 2023-11-17T05:21:14Z
    masukkan script iklan disini

    Baca Juga

    Kunci Sukses UMKM: Menggali 7 Kemampuan Utama untuk Bangun Bisnis yang Tangguh

    Semakin banyak masyarakat yang berkeinginan menjadi pengusaha dan membuka bisnisnya sendiri. Namun, ironisnya, banyak di antara mereka yang terjun tanpa persiapan pengetahuan dan keterampilan yang memadai. Dalam dunia Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), banyak pelaku bisnis harus menyerah di tengah jalan karena kurangnya kemampuan mengelola bisnis dengan baik.

    Untuk menghindari kegagalan dan memastikan kelangsungan bisnis, seorang pelaku usaha UMKM perlu menguasai setidaknya 7 kemampuan dasar. Berikut adalah penjelasan lengkapnya, dirangkum dari berbagai sumber.

    1. Komunikasi yang Efektif

    Kemampuan berkomunikasi yang efektif adalah kunci utama untuk menjalin hubungan baik dengan investor, pelanggan, dan karyawan. Seorang pelaku UMKM yang pandai berkomunikasi dapat dengan mudah memperkenalkan model bisnisnya kepada semua pihak terkait, terutama saat mencari modal.

    2. Menentukan Prioritas

    Dalam menghadapi situasi dilematis, kemampuan menentukan prioritas sangat krusial. Pelaku usaha perlu menggunakan keterampilan skala prioritas untuk memutuskan hal-hal yang harus didahulukan demi mencapai target bisnis.

    3. Berpikir Analitik

    Pelaku usaha perlu memiliki kemampuan berpikir analitik, termasuk kemampuan antisipasi, identifikasi masalah, menciptakan opsi penyelesaian masalah, dan membuat keputusan yang tepat dalam menghadapi setiap permasalahan.

    4. Media Sosial

    Di era digital, kemampuan memahami dan mengelola media sosial sangat penting. Dengan mengamati tren konsumen, membuat konten promosi menarik, dan mengikuti perkembangan tren, pelaku UMKM dapat efektif memasarkan produknya.

    5. Web Development dan SEO

    Selain media sosial, kemampuan dalam mengelola web dan Search Engine Optimization (SEO) menjadi nilai tambah. Ini memudahkan konsumen untuk menemukan bisnis tersebut melalui mesin pencarian.

    6. Manajemen Risiko

    Dalam menjalankan bisnis, hambatan dan risiko tak terelakkan. Kemampuan identifikasi, analisis, penilaian, solusi, dan pemantauan risiko menjadi penting untuk menjaga kelangsungan bisnis.

    7. Kemampuan Finansial

    Terakhir, namun tidak kalah penting, adalah kemampuan finansial. Seorang pelaku UMKM harus memahami arus kas, mencatat setiap pengeluaran, dan menjaga keuangan bisnis terpisah dari keuangan pribadi.

    Dengan menguasai ketujuh kemampuan ini, pelaku UMKM dapat membangun bisnis yang tangguh dan terus berkembang di tengah persaingan yang ketat. (lp)
    Komentar

    Tampilkan

    Iklan

    Terkini

    close