• Jelajahi

    Copyright © Langgam Pos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Realisme Magis: Sebuah Pengantar dan Panduan Penulisan

    Selasa, 21 November 2023, Selasa, November 21, 2023 WIB Last Updated 2023-12-07T12:22:31Z
    masukkan script iklan disini

    Baca Juga

    Realisme Magis: Sebuah Pengantar dan Panduan Penulisan


    Realisme magis adalah genre sastra yang memiliki sejarah panjang dalam membengkokkan konvensi genre, menggabungkan unsur fiksi fantasi dengan detail realitas biasa. Genre ini berasal dari Amerika Latin dan menonjol dalam cerita rakyat, mitologi, dan dongeng. Dalam realisme magis, kenyataan dihadirkan dalam fantasi, bukan sebaliknya. Hal ini seringkali menciptakan pengalaman membaca yang ajaib dan memikat. Bagi banyak pembaca, karya-karya seperti yang ditulis oleh Haruki Murakami adalah contoh yang baik dari realisme magis.
    Karakteristik utama dari realisme magis adalah:

    • Penggabungan Unsur Fantasi dengan Realitas: Realisme magis memasukkan elemen-elemen magis ke dalam dunia yang didominasi oleh realitas sehari-hari. Namun, cara ini tidak membuat fantasi menjadi pemandangan utama; sebaliknya, realisme magis memasukkan unsur-unsur magis sebagai metafora yang berkelanjutan.
    • Kekurangan Penjelasan: Dalam realisme magis, seringkali ada kekurangan penjelasan yang disengaja mengenai mengapa elemen magis ada dalam cerita. Ini membuat pembaca lebih banyak bergantung pada interpretasinya sendiri.
    • Plot yang Tidak Konvensional: Realisme magis cenderung memiliki struktur plot yang kurang konvensional dibandingkan dengan fiksi fantasi biasa.
    • Cerita Rakyat dan Mitologi: Genre ini sering kali meminjam dari cerita rakyat, mitologi, dan dongeng, dan menggabungkannya ke dalam narasi.

    Penting untuk memahami perbedaan antara realisme magis dan fiksi fantasi. Fiksi fantasi biasanya terjadi di dunia yang tidak nyata dengan karakter yang tidak nyata, sedangkan realisme magis menempatkan pembaca di dunia yang didominasi oleh realitas, di mana unsur-unsur magis menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.

    Bagi penulis yang ingin mencoba menulis dalam genre realisme magis, ada beberapa langkah yang dapat diikuti:

    • Mulailah dengan Metafora: Tentukan pesan atau gagasan utama yang ingin Anda sampaikan melalui realisme magis. Apa yang ingin Anda ungkapkan atau eksplorasi dengan cara ini?
    • Ciptakan Suasana yang Realistis: Mulailah dengan menggambarkan dunia dalam cerita Anda sebagai sesuatu yang realistis, hampir monoton. Fokuslah pada detail-detail kehidupan sehari-hari.
    • Tambahkan Elemen Magis: Selanjutnya, perkenalkan elemen magis ke dalam cerita, tetapi lakukan dengan cara yang menjadikannya sebagian dari kehidupan sehari-hari dalam dunia cerita Anda. Ini mungkin bisa berupa binatang yang bisa berbicara, hujan buah, atau elemen magis lainnya yang sesuai dengan latar realistis cerita Anda.
    • Minimalkan Penjelasan: Salah satu ciri khas realisme magis adalah minimnya penjelasan tentang mengapa dunia dalam cerita Anda adalah seperti itu. Percayai pembaca untuk menerima elemen magis ini sebagai sesuatu yang biasa dalam dunia cerita Anda. Jangan terlalu banyak menjelaskan, biarkan pembaca membuat interpretasinya sendiri.
    Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat mulai menulis dalam genre realisme magis dan menciptakan cerita yang memikat, ajaib, dan mendalam. (as)

    Komentar

    Tampilkan

    Iklan

    Terkini

    close