• Jelajahi

    Copyright © Langgam Pos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Iklan

    Dhâmar Kambhâng Resmi Diresmikan: Pendidikan Berkarakter untuk Generasi Unggul di Sumenep

    Rabu, 06 Desember 2023, 15:03 WIB Last Updated 2023-12-30T04:52:00Z
    masukkan script iklan disini
    IKLAN

    Baca Juga

    Dhâmar Kambhâng Sumenep Resmi Diresmikan


    langgampos.com - Kabar baik datang dari Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, dengan peresmian kantor Lembaga Bimbingan Belajar (Bimbel) dan Les Privat Dhâmar Kambhâng. Pada Rabu (06/12/2023), lembaga pendidikan non formal ini merayakan peristiwa penting tersebut dengan menggelar Peresmian Kantor dan Harmony Gathering. Lokasinya terletak di Jl. Raya Lenteng, Kompleks Keraton Residance Blok B No.14, Desa Batuan, Kecamatan Batuan, Kabupaten Sumenep.

    Acara peresmian dihadiri oleh berbagai tokoh penting di bidang pendidikan, seperti Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Sumenep (DPKS), Mulyadi, M.Pd., Kepala MIN 1 Sumenep, Didik Santoso, M.Pd., serta para orang tua siswa Bimbel dan Les Privat Dhâmar Kambhâng. Ketua Yayasan At-Tanwir Sumber Gua, Abd. Mufid, M.Pd., yang menaungi Lembaga Dhâmar Kambhâng, juga turut serta dalam acara tersebut. Pembacaan Tahlil sebagai bagian dari rangkaian acara ini dipimpin oleh KH. Aziz Usman, Pengasuh Ponpes Al-Mabrul Lenteng.

    Direktur Lembaga Dhâmar Kambhâng, Akh. Fauzi, dengan penuh semangat menjelaskan visi dan misi lembaga ini di tengah masyarakat Sumenep. Fauzi menekankan bahwa Dhâmar Kambhâng bukan hanya lembaga bimbingan belajar biasa, melainkan sebuah entitas pendidikan yang berkomitmen untuk memberikan kelebihan-kelebihan tertentu kepada peserta didiknya.

    Keunggulan pertama yang diungkapkan Fauzi adalah pendekatan satu Tenaga Tutor (Tentor) untuk satu peserta didik. Dengan rasio ini, lembaga dapat memastikan bahwa setiap siswa mendapatkan perhatian maksimal dari Tentor, bukan hanya dalam pengembangan kemampuan kognitif, tetapi juga dalam penanaman karakter.

    "Konsep Satu Tutor untuk Satu Siswa ini tidak hanya berfokus pada aspek kognitif, tetapi juga menekankan pada pembentukan karakter anak," ungkap Fauzi pada Rabu (06/11/2023).

    Keunggulan kedua yang diemphasiskan Fauzi adalah kualitas tenaga Tutor di dalam Lembaga Dhâmar Kambhâng. Menurutnya, Tentor yang terlibat sudah memiliki pengalaman yang cukup dalam dunia pendidikan. "Rata-rata Tentor kami merupakan lulusan Sarjana Pendidikan, dengan sejumlah prestasi nasional yang pernah diraih. Bahkan, beberapa di antaranya sudah meraih gelar Magister Pendidikan," paparnya dengan bangga.

    Mengambil moto "Berbudi Pekerti Berkilau Prestasi," Fauzi menjelaskan bahwa lembaga ini menempatkan pembentukan karakter sebagai prioritas utama. "Filosofi Motto ini menggambarkan bahwa kami mengutamakan pembentukan karakter peserta didik, bukan hanya sekadar mencapai prestasi akademis," tambahnya.

    Ketua DPKS Sumenep, Mulyadi, M.Pd., memberikan apresiasi tinggi terhadap kehadiran Lembaga Bimbel dan Les Privat Dhâmar Kambhâng di ranah pendidikan non formal. Menurutnya, lembaga semacam ini memiliki peran strategis dalam membantu membangun generasi unggul, sejalan dengan cita-cita Bupati Sumenep untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

    Mulyadi menjelaskan makna dari nama "Dhâmar Kambhâng," yang diambil dari Bahasa Madura dan mencerminkan tradisi positif orang Madura. "Dhâmar Kambhâng memiliki arti sebagai media pemberi cahaya di tengah gelap gulita, atau dengan kata lain, sebagai pelita kehidupan," jelasnya.

    Dengan penuh harapan, Mulyadi berharap lembaga ini tidak hanya menjadi tempat penanaman pengetahuan pada aspek kognitif peserta didik, tetapi juga sebagai lembaga yang fokus pada penanaman nilai-nilai karakter. Ia menyoroti tantangan besar pada pembentukan karakter anak-anak di era informasi ini, di mana kapasitas intelektual telah banyak disajikan, namun karakter seringkali terabaikan.

    "Semoga di Lembaga Dhâmar Kambhâng ini tidak hanya menanamkan pengetahuan di wilayah kognitif saja, tetapi juga bagaimana penanaman karakter ditekankan, sejalan dengan Tradisi Orang Madura yang sangat menghargai nilai-nilai karakter," pungkas Mulyadi.

    Untuk memberikan pilihan pendidikan yang lebih beragam, Lembaga Bimbel dan Les Privat Dhâmar Kambhâng saat ini menyediakan jasa untuk peserta didik yang ingin belajar Baca Tulis Hitung (Calistung), Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA. Dengan dukungan penuh dari tokoh-tokoh pendidikan dan masyarakat setempat, diharapkan lembaga ini mampu menjadi pionir dalam mencetak generasi muda Sumenep yang notabene unggul dalam ilmu pengetahuan dan bermoral tinggi. (nh)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Sastra

    +
    close