• Jelajahi

    Copyright © Langgam Pos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Kementerian PUPR Sukses Menyelesaikan 2.411 Unit Rumah Layak Huni di Sumenep

    Sabtu, 09 Desember 2023, Sabtu, Desember 09, 2023 WIB Last Updated 2023-12-30T04:52:13Z
    masukkan script iklan disini

    Baca Juga

    Kementerian PUPR Sukses Menyelesaikan 2.411 Unit Rumah Layak Huni di Sumenep


    langgampos.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menyelesaikan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Kabupaten Sumenep. Program ini dilaksanakan melalui Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa IV Satuan Kerja (Satker) Penyedia Perumahan Provinsi Jawa Timur, dengan anggaran mencapai Rp 84,2 miliar pada tahun 2023.

    Program ini bertujuan untuk meningkatkan ketersediaan hunian yang layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Sumenep menjadi salah satu lokasi yang mendapat perhatian khusus, dengan target peningkatan kualitas 2.411 unit rumah swadaya. Anggaran tersebut tidak hanya diarahkan untuk pembangunan rumah, tetapi juga untuk membuka lapangan pekerjaan melalui rehabilitasi rumah yang dilakukan oleh para tukang.

    Yayak Nur Wahyudi, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan Sumenep, menyampaikan bahwa program ini mencerminkan kepedulian pemerintah terhadap masyarakat berpenghasilan rendah. Dia berharap, setelah menerima bantuan tersebut, masyarakat dapat memiliki rumah yang layak huni, sehat, dan nyaman. "Program ini juga memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas hidup para penerima bantuan," tambahnya.

    Proses pembangunan rumah layak huni dilakukan dalam 14 tahap, dimulai dari Januari hingga November tahun ini. Seluruh rumah, baik yang berada di daratan maupun kepulauan, berhasil dibangun 100 persen. Sasaran utama program ini adalah Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), yang masing-masing menerima bantuan sebesar Rp 20 juta per unit.

    Perinciannya, sebagian besar digunakan untuk belanja material senilai Rp 17.500.000, sementara sisanya sebesar Rp 2.500.000 disediakan untuk upah pekerja atau tukang. Indra Wahyudi, yang mewakili Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang terlibat dalam kelancaran dan kesuksesan program BSPS. "Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan pelaksanaan program ini," ucapnya.

    Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo, juga memberikan apresiasi terhadap program ini. Dia berharap manfaat dari program BSPS dapat dirasakan secara nyata oleh masyarakat Sumenep, membantu mereka untuk hidup lebih layak. Cak Fauzi menekankan pentingnya menjaga dan merawat rumah dengan baik sebagai bentuk tanggung jawab penerima bantuan terhadap program ini.

    Dengan berhasilnya program BSPS di Sumenep, kementerian PUPR telah memberikan kontribusi positif dalam pemenuhan kebutuhan perumahan bagi masyarakat kurang mampu. Program ini tidak hanya mengubah wajah fisik lingkungan, tetapi juga membawa dampak positif dalam meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat setempat. Keberhasilan ini semakin meneguhkan komitmen pemerintah dalam menciptakan perubahan positif melalui kebijakan pro-rakyat. (mn)
    Komentar

    Tampilkan

    Iklan

    Terkini

    close