• Jelajahi

    Copyright © Langgam Pos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Iklan

    Penari Topeng Cilik Siap Menampilkan Aksi Memukau di Puncak Madura Awards 2023

    Selasa, 05 Desember 2023, 21:30 WIB Last Updated 2023-12-30T04:51:48Z
    masukkan script iklan disini
    IKLAN

    Baca Juga

    Penari Topeng Cilik Siap Menampilkan Aksi Memukau di Puncak Madura Awards 2023



    langgampos.com - Persiapan menuju malam puncak acara Madura Awards (MA) 2023 semakin memanas, dengan penampilan menarik yang akan memukau para undangan. Dalam rangka melestarikan seni dan budaya khas Sumenep dan Madura, tiga penampilan istimewa telah dipersiapkan, termasuk musik kalenengan, tongtong, dan yang paling dinanti-nantikan, tari topeng cilik.

    Wakil Kepala JPRM Biro Sumenep, Hendra Apri Purwadi, menyampaikan rincian acara yang akan disajikan untuk menghibur para tamu undangan. Tidak hanya sebagai bentuk apresiasi terhadap seni, tetapi juga sebagai wadah bagi siswa-siswi sekolah dasar (SD) untuk menunjukkan bakat mereka. "Semua penampilan melibatkan siswa sebagai generasi penerus seniman musik khas Sumenep dan Madura," ujar Hendra dengan antusias pada Selasa (5/12).

    Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudporapar) Sumenep, Mohamad Iksan, menjelaskan bahwa pihaknya berkomitmen untuk melibatkan siswa sebagai bagian dari upaya pelestarian adat budaya untuk generasi masa depan. Salah satu langkah konkrit adalah memberikan kesempatan kepada siswa SD untuk tampil di Pendopo Agung Keraton Sumenep, sebuah tempat yang sarat dengan nilai sejarah dan seni.

    Iksan menegaskan bahwa Sumenep memiliki potensi besar dalam mencetak generasi pencinta seni, khususnya seni karawitan. Dalam pandangannya, keberagaman pertunjukan seni tradisional yang dipertontonkan di Keraton Sumenep bukan hanya memberikan wawasan sejarah keraton, tetapi juga memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk langsung menikmati kekayaan seni dan budaya lokal. "Kesenian karawitan layak dipertahankan supaya tetap terjaga," ucap Iksan dengan semangat.

    Dalam upaya mendukung pemkab dalam menjaga dan melestarikan seni tradisional, Kabid Kebudayaan Disbudporapar Sumenep, Mohammad Zaini, mengungkapkan bahwa pihaknya terus berkoordinasi dengan lembaga pendidikan. Tujuannya adalah agar wadah pelestarian seni tradisional bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh para siswa. Ia juga menekankan pentingnya keterlibatan sekolah dalam menghadirkan siswa secara bergiliran di Pendopo Agung Keraton Sumenep, terutama pada setiap kegiatan penting.

    Zaini menambahkan bahwa tamu kehormatan Madura Awards akan disambut dengan penampilan istimewa dari siswa SDN Saronggi 1 pada malam puncak acara anugerah, Jumat (8/12). Dibawah arahan Lilik Setiyowati, siswa-siswa SDN Saronggi 1 akan memberikan hiburan yang tak terlupakan kepada para undangan. Keikutsertaan mereka di acara prestisius ini menjadi bukti nyata bahwa generasi muda Sumenep memiliki potensi besar dalam melestarikan dan menghidupkan kembali seni tradisional.

    Dengan semangat dan dedikasi para siswa, acara puncak Madura Awards 2023 diharapkan tidak hanya menjadi perhelatan penghargaan semata, tetapi juga sebagai panggung bagi para penari topeng cilik untuk memukau penonton dan menginspirasi generasi penerus dalam melestarikan warisan budaya yang kaya di Pulau Madura. (mn)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Sastra

    +
    close