• Jelajahi

    Copyright © Langgam Pos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Peningkatan PAD Sumenep: Anggota Komisi II DPRD Sumenep Desak E-Portal Pasar Anom Baru Segera Difungsikan

    Jumat, 29 Desember 2023, Jumat, Desember 29, 2023 WIB Last Updated 2023-12-30T16:44:40Z
    masukkan script iklan disini

    Baca Juga

    Anggota Komisi II DPRD Sumenep Desak E-Portal Pasar Anom Baru Segera Difungsikan



    langgampos.com - Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) menjadi fokus utama bagi Pemerintah Daerah Sumenep. Anggota Komisi II DPRD Sumenep, Holik, menekankan urgensi pengoperasian E-Portal Pasar Anom Baru sebagai langkah strategis untuk mengoptimalkan serapan PAD sektor retribusi pasar.

    Meski E-Portal Pasar Anom Baru telah dipasang dan mesinnya telah diinstalasi, saat ini, portal tersebut belum dioperasikan. Kabid Perdagangan Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskop UKM Perindag) Sumenep, Idham Halil, mengakui bahwa portal tersebut baru akan diuji coba atau difungsikan dalam pekan mendatang setelah sejumlah tenaga operator menjalani pelatihan intensif.

    Dalam penjelasannya, Idham Halil menyampaikan bahwa 15 operator yang telah dipersiapkan akan menjalani pelatihan langsung dari vendor yang memasang mesin portal. Mereka akan ditempatkan di tiga titik portal, yaitu di pintu masuk Pasar Anom Baru bagian barat, selatan, dan utara. Dengan alokasi lima operator untuk setiap portal, diharapkan proses pengoperasian dapat berjalan dengan optimal.

    "Kami akan memastikan bahwa setiap operator paham betul dalam mengoperasikan portal. Pelatihan ini akan dilakukan secara intensif, dan kami akan terus mendampingi hingga mereka benar-benar mahir," ungkap Idham Halil.

    Proses uji coba, menurutnya, masih dalam penyesuaian dengan pemahaman masing-masing operator. Meskipun belum dapat memastikan durasi uji coba, pihaknya menegaskan bahwa vendor siap memberikan pendampingan hingga proses pengoperasian portal sepenuhnya dipahami oleh operator. Kecepatan pemahaman operator akan menjadi faktor penentu durasi pelatihan.

    Setelah selesai menjalani tahap training, Diskop UKM Perindag Sumenep berencana untuk melanjutkan ke tahap uji coba. Uji coba ini akan dilakukan langsung kepada pengunjung yang memasuki Pasar Anom Baru Sumenep. "Karena ini masih masa percobaan, kemungkinan besar bisa terjadi masalah. Oleh karena itu, selama masa uji coba akan dilakukan evaluasi dan pembenahan," jelas Idham Halil.

    Tahap uji coba diharapkan dapat diselesaikan pada akhir Januari 2024. Dengan demikian, pada awal pertengahan triwulan pertama 2024, E-Portal Pasar Anom Baru Sumenep diharapkan dapat dioperasikan secara permanen. "Target kami, paling lambat sudah bisa diterapkan secara resmi mulai awal Februari. Tetapi, kalau proses uji coba berlangsung cepat, maka bisa dimulai akhir Januari," tandas Idham Halil.

    Anggota Komisi II DPRD Sumenep, Holik, menekankan pentingnya segera mengoperasikan E-Portal Pasar Anom Baru. Ia memandang bahwa portal elektronik ini memiliki potensi besar untuk mencegah kebocoran setoran PAD. Dalam pandangannya, pengoperasian E-Portal Pasar Anom Baru harus dilakukan secepatnya untuk mengoptimalkan pendapatan daerah.

    "Harus secepatnya dioperasikan. Karena, E-Portal itu bisa mencegah terjadinya kebocoran setoran PAD," pungkas Holik.

    Dengan penerapan E-Portal Pasar Anom Baru Sumenep, diharapkan proses pengelolaan retribusi pasar dapat berjalan lebih efisien dan transparan. Langkah ini menjadi bagian integral dari upaya Pemerintah Daerah Sumenep untuk memanfaatkan teknologi guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan mengoptimalkan sumber pendapatan daerah. Pemerintah dan DPRD Sumenep berkomitmen untuk terus berinovasi dalam mewujudkan pemerintahan yang efektif, efisien, dan akuntabel dalam era digital ini. (as)









    Komentar

    Tampilkan

    Iklan

    Terkini

    close