• Jelajahi

    Copyright © Langgam Pos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Argentina Membuat Sejarah: Perjanjian Sewa Pertama dengan Pembayaran Bitcoin

    Rabu, 17 Januari 2024, Rabu, Januari 17, 2024 WIB Last Updated 2024-01-17T06:32:54Z
    masukkan script iklan disini

    Baca Juga

    Argentina Membuat Sejarah: Perjanjian Sewa Pertama dengan Pembayaran Bitcoin



    Langgampos.com - Argentina mencetak sejarah dengan mencatatkan perjanjian sewa pertama dalam mata uang Bitcoin di Rosario, kota terpadat ketiga di negara tersebut. Laporan media lokal pada 11 Januari 2024 mengungkapkan bahwa kontrak tersebut menetapkan penyewa akan membayar sejumlah USD 100 atau setara dengan Rp 1,55 juta (dengan asumsi kurs Rp 15.555 per dolar AS) dalam bentuk Bitcoin setiap bulannya kepada pemilik sewa. Fiwind, bursa mata uang kripto nasional, akan digunakan untuk menentukan nilai tukar dan memfasilitasi pembayaran.

    Pentingnya perjanjian sewa ini dipermudah oleh perintah eksekutif yang dikeluarkan oleh Presiden Javier Milei tahun lalu. Keputusan ini membuka peluang bagi transaksi kontrak dalam mata uang kripto di Argentina. Meskipun Bitcoin telah digunakan sebelumnya dalam transaksi penjualan real estat, ini adalah kali pertama mata uang digital ini diterapkan dalam perjanjian sewa di negara tersebut.

    Menteri Luar Negeri Argentina, Diana Mondino, menyatakan bahwa perintah eksekutif bulan lalu memungkinkan penyelesaian perjanjian sewa tidak hanya dalam Bitcoin, tetapi juga dalam mata uang kripto dan aset lainnya. Meskipun demikian, perintah tersebut masih menghadapi tantangan hukum dan dapat ditolak oleh Kongres.

    Argentina, salah satu negara Amerika Latin yang mengalami tingkat inflasi tinggi, menjadi salah satu pionir dalam adopsi mata uang kripto. Sebelumnya, negara ini telah secara resmi mengakui penggunaan Bitcoin dalam perjanjian kontrak. Keputusan ini, yang diumumkan oleh Menteri Hubungan Luar Negeri dan Perdagangan Internasional Argentina, Diana Modino, mencerminkan perubahan paradigma dalam pendekatan negara tersebut terhadap mata uang kripto.

    Tidak hanya Bitcoin, namun mata uang kripto lainnya juga dapat digunakan dalam kontrak, sesuai dengan pengumuman tersebut. Opsi ini juga mencakup kemungkinan menggunakan komoditas berwujud, seperti ternak dan produk susu, sebagai pembayaran. Fleksibilitas ini menandai perubahan signifikan dalam praktik kontrak di Argentina.

    Namun, perlu diingat bahwa keputusan investasi selalu berada di tangan pembaca. Disarankan untuk mempelajari dan menganalisis dengan cermat sebelum melakukan transaksi kripto. Liputan6.com menegaskan bahwa mereka tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang mungkin timbul dari keputusan investasi.

    Pada tingkat inflasi yang tinggi di Argentina, adopsi mata uang kripto sebagai bentuk pembayaran dalam perjanjian kontrak dapat menjadi langkah signifikan menuju stabilitas ekonomi. Keputusan ini mencerminkan respons positif terhadap perkembangan teknologi keuangan baru dan membuka jalan bagi inovasi lebih lanjut dalam sektor ini di masa depan. Argentina, sebagai negara yang menghadapi tantangan ekonomi, menunjukkan bahwa mereka siap mengadopsi perubahan untuk meningkatkan sistem keuangan mereka.

    Meskipun demikian, tantangan hukum yang masih menghantui perintah eksekutif tersebut menandakan bahwa perjalanan menuju penerimaan penuh terhadap mata uang kripto di Argentina belum sepenuhnya tanpa hambatan. Keterlibatan Kongres dalam memutuskan nasib perintah eksekutif tersebut akan menjadi langkah krusial dalam menentukan arah kebijakan negara terkait penggunaan mata uang kripto.

    Argentina, dengan keputusannya untuk mengizinkan penggunaan berbagai mata uang kripto dalam perjanjian sewa, membuka pintu untuk peningkatan adopsi teknologi blockchain dan aset digital lainnya di berbagai sektor ekonomi. Langkah ini dapat merangsang pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan efisiensi dan keamanan transaksi.

    Penting untuk dicatat bahwa keputusan ini tidak hanya mencakup Bitcoin, tetapi juga memberikan opsi bagi pihak yang terlibat untuk menggunakan berbagai mata uang kripto sesuai kebutuhan dan preferensi. Selain itu, inklusi komoditas berwujud sebagai alat pembayaran menunjukkan fleksibilitas yang lebih besar dalam menentukan nilai transaksi.

    Dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi global dan tantangan dalam penerimaan mata uang kripto, Argentina memiliki potensi untuk menjadi pemimpin regional dalam membangun ekosistem keuangan yang terdesentralisasi. Keberhasilan implementasi perjanjian sewa pertama dengan pembayaran Bitcoin dapat menjadi pendorong positif untuk negara-negara lain di Amerika Latin untuk mengikuti jejak yang sama.

    Secara keseluruhan, langkah Argentina dalam mengintegrasikan mata uang kripto dalam kontrak sewa menandai evolusi yang penting dalam paradigma keuangan global. Meskipun perjalanan menuju adopsi penuh belum sepenuhnya tanpa rintangan, langkah-langkah ini membuka pintu untuk inovasi lebih lanjut dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di masa depan. (as)
    Komentar

    Tampilkan

    Iklan

    Terkini

    close