• Jelajahi

    Copyright © Langgam Pos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Iklan

    Ketegangan Jangka Pendek di Pasar Bitcoin: Anjlok di Bawah $40,000 Pertama Kali sejak Awal Tahun

    Selasa, 23 Januari 2024, 20:02 WIB Last Updated 2024-01-23T13:02:06Z
    masukkan script iklan disini
    IKLAN

    Baca Juga

    Ketegangan Jangka Pendek di Pasar Bitcoin: Anjlok di Bawah $40,000 Pertama Kali sejak Awal Tahun





    Langgampos.com - Pada pertengahan Januari, Bitcoin (BTC) pertama kali merosot di bawah level $40,000, menciptakan kepanikan di pasar.

    Analisis dari layanan Greeks.live mencatat bahwa penurunan BTC di bawah $40,000 pada malam 22-23 Januari menyebabkan sejumlah pesanan panik jangka pendek di pasar, dan kekuatan pasar yang bearish meningkat. Namun, secara keseluruhan, posisi long dan short masih relatif seimbang, dan ini masih merupakan "permainan yang sengit."

    Bitcoin masih dalam fase koreksi setelah diluncurkannya beberapa dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) Bitcoin spot di Amerika Serikat untuk pertama kalinya. Dalam 24 jam terakhir, harga mata uang kripto terbesar ini turun 3% menjadi $39,970 pada saat penulisan. Sementara itu, volume perdagangan BTC tiba-tiba meningkat dalam 24 jam terakhir sebanyak 113%, mencapai $29.2 miliar.

    Sebelumnya, Greeks.live menyoroti bahwa dampak ETF spot BTC sudah berakhir; inti dari permainan pasar baru-baru ini adalah tekanan penjualan Grayscale dan pembelian investor baru; pergerakan pasar kemungkinan besar terjadi terutama selama sesi perdagangan ETF.

    Sementara itu, ETF Bitcoin spot mengalami pengaliran keluar bersih sebesar $76 juta dalam satu hari, menurut analis Bloomberg James Seyffart.

    Pemimpin dalam arus keluar aset adalah sebuah dana dari Grayscale dengan total $3.45 miliar. Namun, kepala Grayscale, Michael Sonnenshein, tetap optimis tentang nasib ETF perusahaannya, mencatat bahwa Grayscale telah ada selama lebih dari sepuluh tahun dengan basis investor yang beragam dan likuiditas terbesar dari semua ETF Bitcoin spot.

    Meskipun begitu, penjualan aset dalam jumlah besar oleh Grayscale dapat memicu ketidakpastian di pasar. Meskipun harga Bitcoin sudah berada di bawah $40,000, para analis mencatat bahwa posisi long dan short masih relatif seimbang, menciptakan situasi di mana para pelaku pasar harus mempertimbangkan dengan hati-hati langkah mereka.

    Selain itu, beberapa analis percaya bahwa fase koreksi saat ini terkait dengan peluncuran ETF spot Bitcoin. ETF ini telah mendapatkan perhatian besar di pasar keuangan, terutama setelah pengesahan beberapa produk serupa di Amerika Serikat. Meskipun demikian, beberapa pemain pasar masih skeptis terhadap dampak jangka panjang ETF ini terhadap harga Bitcoin.

    Salah satu faktor yang mungkin berkontribusi pada penurunan harga BTC adalah penarikan bersih dana dari ETF Bitcoin spot. Dengan keluarnya $76 juta dalam satu hari, investor mungkin sedang mencari peluang di tempat lain atau menilai kembali eksposur mereka terhadap aset kripto.

    Dalam konteks ini, pernyataan Michael Sonnenshein tentang optimisme terkait ETF Grayscale menjadi sorotan. Meskipun terjadi penarikan bersih dana dari ETF spot, pandangan positif terhadap Grayscale dapat memberikan keyakinan kepada beberapa investor untuk tetap mempertahankan eksposur mereka.

    Ketidakpastian pasar saat ini juga menciptakan peluang bagi para trader yang berani. Peningkatan volatilitas dapat menghasilkan pergerakan harga yang signifikan, baik ke atas maupun ke bawah. Oleh karena itu, penting bagi para pelaku pasar untuk melakukan analisis mendalam sebelum membuat keputusan perdagangan, mempertimbangkan faktor-faktor fundamental dan teknis yang mungkin memengaruhi harga Bitcoin.

    Secara keseluruhan, pasar Bitcoin sedang mengalami periode ketidakpastian dan volatilitas yang meningkat. Penurunan harga di bawah $40,000 telah menciptakan ketegangan jangka pendek, tetapi banyak elemen yang harus dipertimbangkan dalam menilai arah pasar selanjutnya. Keputusan para investor dan pelaku pasar saat ini akan memainkan peran kunci dalam menentukan apakah harga Bitcoin akan pulih atau melanjutkan tren penurunan dalam minggu-minggu mendatang. (as)







    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Sastra

    +
    close