• Jelajahi

    Copyright © Langgam Pos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Iklan

    Mengapa Mengonsumsi Durian dengan Kopi atau Soda Dapat Berisiko? Begini Penjelasan Dr. Tirta

    Jumat, 26 Januari 2024, 20:05 WIB Last Updated 2024-01-27T13:18:13Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    Baca Juga

    Mengapa Mengonsumsi Durian dengan Kopi atau Soda Dapat Berisiko? Begini Penjelasan Dr. Tirta



    Langgampos.com - Dr. Tirta, seorang ahli kesehatan, mengungkapkan bahwa mengonsumsi durian bersamaan dengan kopi atau soda dapat memiliki efek negatif pada tubuh kita. Meskipun bukan menyebabkan kematian, namun kombinasi ini dapat menyebabkan tekanan darah naik. Durian, yang semakin matang, memiliki kandungan gula yang tinggi. Meskipun gizinya bermanfaat, kandungan potasium dalam durian dapat meningkatkan tekanan darah. Selain itu, kafein dalam kopi juga dapat meningkatkan tekanan darah, sedangkan soda dapat meningkatkan produksi asam lambung dan memiliki kandungan gula yang tinggi. Gabungan dari kafein, soda, dan durian dapat menimbulkan masalah, bukan hanya mual dan muntah.

    Mengonsumsi durian, buah tropis yang kaya akan nutrisi, telah menjadi kebiasaan di berbagai kalangan. Namun, dr. Tirta memberikan peringatan bahwa mengonsumsi durian bersamaan dengan kopi atau soda dapat memiliki dampak buruk pada kesehatan. Beliau menjelaskan bahwa ketika durian semakin matang, kandungan gulanya meningkat, terutama potasium yang dapat meningkatkan tekanan darah.

    Durian dikenal sebagai buah yang mengandung nutrisi baik, seperti serat, vitamin C, dan antioksidan. Meskipun demikian, kandungan gulanya harus diperhatikan, terutama bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan tertentu, seperti tekanan darah tinggi atau diabetes. Kandungan gulanya dapat memengaruhi kadar gula darah, dan kombinasi dengan kafein dari kopi atau soda dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.

    Kafein, yang umumnya terdapat dalam kopi, dapat memberikan dampak langsung pada tekanan darah. Dr. Tirta menjelaskan bahwa kafein dapat meningkatkan tekanan darah karena memicu pelepasan hormon adrenalin. Oleh karena itu, mengonsumsi durian bersamaan dengan kopi dapat menciptakan kombinasi yang tidak menguntungkan bagi kesehatan jantung dan sistem kardiovaskular.

    Selain itu, soda juga memiliki dampak negatif pada kesehatan, terutama asam lambung dan kandungan gula yang tinggi. Soda dapat meningkatkan produksi asam lambung dalam lambung, yang dapat menyebabkan masalah pencernaan dan meningkatkan risiko penyakit gastroesofageal reflux (GERD). Kandungan gula yang tinggi dalam soda juga dapat menyebabkan lonjakan gula darah dan meningkatkan risiko obesitas serta penyakit terkait.

    Ketika kombinasi ini terjadi, yaitu durian, kopi, dan soda dikonsumsi bersamaan, efek negatifnya dapat menjadi lebih signifikan. Kafein dari kopi dan gula dari soda dapat berinteraksi dengan kandungan gulai durian, menciptakan kombinasi yang tidak sehat. Ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, peningkatan asam lambung, dan potensi mual serta muntah.

    Dalam beberapa kasus, konsumsi kombinasi ini dapat menjadi berbahaya, terutama bagi mereka yang memiliki riwayat masalah kesehatan tertentu. Dr. Tirta menyarankan agar orang-orang yang memiliki tekanan darah tinggi atau masalah pencernaan untuk lebih berhati-hati terhadap kombinasi makanan ini. Konsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mencoba kombinasi makanan yang tidak biasa juga sangat disarankan.

    Meskipun durian, kopi, dan soda dapat dinikmati secara terpisah dengan memperhatikan porsinya, mengonsumsinya bersamaan dapat menimbulkan risiko kesehatan yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk lebih memahami dampak dari kombinasi makanan tertentu pada tubuh kita dan memperhatikan kesehatan secara menyeluruh.

    Dalam rangka menjaga kesehatan, disarankan untuk mengonsumsi makanan secara seimbang dan memperhatikan interaksi antarjenis makanan yang dikonsumsi. Dr. Tirta menegaskan bahwa pencegahan selalu lebih baik daripada pengobatan, dan memahami dampak kesehatan dari kombinasi makanan tertentu dapat membantu kita membuat pilihan yang lebih bijak dalam pola makan sehari-hari. (as)
    Komentar

    Tampilkan

    Iklan

    Terkini

    close