• Jelajahi

    Copyright © Langgam Pos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Iklan

    Perbandingan ChatGPT dan Copilot AI: Explorasi Dua Asisten Kecerdasan Buatan Milik Microsoft

    Rabu, 17 Januari 2024, 13:32 WIB Last Updated 2024-01-17T06:32:08Z
    masukkan script iklan disini
    IKLAN

    Baca Juga

    Perbandingan ChatGPT dan Copilot AI: Explorasi Dua Asisten Kecerdasan Buatan Milik Microsoft



    Langgampos.com - Pada awal tahun 2024, Microsoft memperkenalkan chatbot AI generatif yang mengagetkan, diberi nama Copilot, yang merupakan bagian dari keluarga AI mereka yang lebih besar. Copilot ini dirilis untuk platform Android dan iOS, menjadi salah satu alat AI generatif yang dihadirkan oleh Microsoft untuk membantu pengguna menyelesaikan tugas dan aktivitas sehari-hari secara lebih efisien. Meskipun keduanya berasal dari Microsoft dan memiliki tujuan umum dalam memfasilitasi interaksi manusia dengan teknologi, terdapat perbedaan signifikan antara ChatGPT dan Copilot AI.

    Apa Itu ChatGPT?

    ChatGPT adalah teknologi pemrosesan bahasa alami (natural language processing) yang memanfaatkan machine learning, deep learning, dan pemahaman bahasa alami untuk memberikan jawaban atau respon dalam suatu percakapan. Dikembangkan oleh OpenAI, ChatGPT diluncurkan pada November 2022 dengan prinsip dasar generative pre-trained transformer (GPT). Model ini telah menjalani pelatihan melalui sejumlah besar data bahasa manusia yang mencakup internet, buku, artikel, situs web, dan media sosial.

    Sebagai API yang dapat diintegrasikan dalam berbagai aplikasi, ChatGPT beroperasi mirip dengan chatbot. Setelah menerima pertanyaan atau perintah dari pengguna, algoritma machine learning digunakan untuk memahami konteks pertanyaan dan menghasilkan respon yang sesuai. Kemampuan ChatGPT meliputi pembuatan esai, email, kode pemrograman, resume, dan berbagai tugas lainnya. Namun, perlu diingat bahwa ChatGPT tidak dapat menjelajah internet, yang dapat menyebabkan keterbatasan dalam pengetahuan tentang informasi terbaru.

    Apa Itu Microsoft Copilot?

    Microsoft Copilot adalah asisten digital berbasis AI yang dirancang untuk memberikan bantuan terpersonalisasi dalam menyelesaikan berbagai tugas dan aktivitas. Copilot tidak hanya terhubung dengan ChatGPT melalui Microsoft 365, tetapi juga menggunakan model bahasa luas (Large Language Models) dan data pengguna di Microsoft Graph, termasuk email, kalender, chat, dokumen, dan aplikasi Microsoft 365 lainnya.

    Ditanamkan di aplikasi Microsoft 365 seperti Word, Excel, PowerPoint, Outlook, dan Teams, Copilot bertujuan untuk merangsang kreativitas dan meningkatkan produktivitas pengguna. Dengan kemampuan integrasi yang luas, Copilot dapat berinteraksi dengan berbagai elemen produktivitas, memanfaatkan informasi dari berbagai aplikasi untuk memberikan bantuan yang lebih terfokus.

    Perbedaan Antara ChatGPT dan Copilot AI

    1. Model Bahasa

    Perbedaan utama terletak pada model bahasa yang mendukung keduanya. Meskipun keduanya berbasis Large Language Models (LLM) milik OpenAI, Copilot memiliki integrasi dengan GPT-4 secara gratis. Sebaliknya, ChatGPT menggunakan GPT-3 sebagai default, dan pengguna memerlukan langganan premium untuk mengakses model bahasa GPT-4.

    2. Dukungan DALL-E 3

    Copilot mendukung fitur pembuatan gambar atau visual melalui model DALL-E 3 secara gratis. Di sisi lain, ChatGPT juga memiliki fitur serupa, tetapi fitur ini terbatas dan hanya dapat digunakan oleh pelanggan ChatGPT Plus.

    3. Login Akun Microsoft

    Copilot dapat digunakan tanpa perlu login ke akun Microsoft, sementara ChatGPT memerlukan login untuk mengakses fungsionalitasnya. Ini menciptakan keleluasaan pengguna dalam menggunakan Copilot tanpa batasan login.

    4. Fitur dan Keanggotaan

    Meskipun keduanya dapat menjalankan perintah, ChatGPT tanpa keanggotaan Plus atau premium memiliki batasan pada database, hanya mencakup informasi hingga tahun 2021. Keanggotaan Plus memungkinkan ChatGPT menggunakan data terbaru hingga GPT-4. Sebaliknya, Copilot tidak memiliki model langganan, dan semua fiturnya tersedia secara gratis. Copilot juga menawarkan fitur lebih lengkap, termasuk kemampuan mengubah mood atau tone respon.

    Kesimpulan

    Perbandingan antara ChatGPT dan Copilot AI mengungkapkan perbedaan yang cukup signifikan dalam hal model bahasa, dukungan fitur, dan kebijakan login akun. Kedua asisten kecerdasan buatan ini membawa kemajuan dalam memberikan solusi AI untuk mempermudah kehidupan sehari-hari pengguna. Pilihan antara keduanya mungkin tergantung pada kebutuhan pengguna, preferensi, dan tingkat aksesibilitas yang diinginkan. Seiring waktu, evolusi teknologi ini dapat membawa inovasi lebih lanjut dan mengubah cara kita berinteraksi dengan AI dalam kehidupan sehari-hari. (as)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Sastra

    +
    close