• Jelajahi

    Copyright © Langgam Pos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Iklan

    Survei Elektabilitas Pilpres 2024: Prabowo-Gibran Memimpin, Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud Mengikuti

    Minggu, 07 Januari 2024, 00:44 WIB Last Updated 2024-01-06T17:44:09Z
    masukkan script iklan disini
    IKLAN

    Baca Juga

    Survei Elektabilitas Pilpres 2024: Prabowo-Gibran Memimpin, Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud Mengikuti




    Jakarta - Lembaga survei Politika Research and Consulting baru-baru ini merilis hasil survei elektabilitas calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) untuk Pemilihan Presiden 2024. Survei yang dilakukan pada tanggal 20-27 Desember 2023 terhadap 1.200 responden menunjukkan bahwa pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memimpin dengan elektabilitas sebesar 42,4%.

    Metode survei ini dilakukan melalui teknik wawancara tatap muka dengan supervisi berlapis, termasuk supervisor pusat, koordinator area, koordinator lapangan, call check, dan tim cleaning. Pemilihan sampel menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error sekitar ±2,7 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei melibatkan seluruh warga negara Indonesia (WNI) yang berusia minimal 17 tahun.

    Direktur Eksekutif Politika Research and Consulting, Rio Prayogo, menjelaskan bahwa hasil survei menunjukkan pasangan Prabowo-Gibran mendominasi dengan elektabilitas 42,4%. Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) berada di posisi kedua dengan elektabilitas sebesar 28%, sementara pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md menempati posisi ketiga dengan elektabilitas 21,8%.

    "Kami menggunakan simulasi kertas suara yang mirip dengan spesimen di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hasilnya, pasangan 02 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menduduki peringkat pertama dengan 42,4%, disusul oleh Anies-Muhaimin dengan 28,0%, dan Ganjar Pranowo-Mahfud dengan 21,8%," ujar Rio dalam konferensi pers virtual pada Jumat (5/1/2024).

    Berikut adalah rincian hasil survei versi Politika Research and Consulting:

    1. Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka: 42,4%
    2. Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: 28%
    3. Ganjar Pranowo-Mahfud Md: 21,8%
    4. Belum menentukan pilihan: 5,0%
    5. Tidak tahu: 2,8%

    Rio menegaskan bahwa hasil survei ini merupakan gambaran elektabilitas pada periode tertentu dan dapat berubah seiring berjalannya waktu. Meskipun pasangan Prabowo-Gibran saat ini memimpin, dinamika politik bisa memberikan pengaruh signifikan terhadap perubahan preferensi pemilih.

    Selain itu, survei ini memberikan gambaran tentang tingkat ketidakpastian dalam pilihan pemilih. Sebanyak 5,0% responden menyatakan belum menentukan pilihan, sementara 2,8% mengaku tidak tahu tentang pilihan mereka.

    Dalam konteks ini, pasangan Prabowo-Gibran perlu mempertahankan dan meningkatkan elektabilitas mereka, sementara pasangan Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud perlu merancang strategi yang efektif untuk memperoleh dukungan lebih lanjut dari pemilih.

    Meskipun hasil survei ini memberikan gambaran awal mengenai popularitas calon presiden dan calon wakil presiden, faktor-faktor lain seperti program, visi-misi, dan isu-isu politik yang muncul selama kampanye juga akan memainkan peran kunci dalam menentukan arah dukungan pemilih.

    Seiring mendekatnya Pemilihan Presiden 2024, publik dapat mengharapkan intensifikasi kampanye dan perdebatan antar calon untuk lebih memahami visi dan program yang mereka tawarkan. Hasil survei ini menjadi salah satu bahan pertimbangan penting bagi para kandidat dalam menyusun strategi kampanye mereka menuju pemilihan yang akan datang. (as)



    Sumber: detik com
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Sastra

    +
    close