• Jelajahi

    Copyright © Langgam Pos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Iklan

    Tanpa Disadari 22 Jenis Kebiasaan Boros Ini Sering Dilakukan Orang yang Hidupnya Pas-Pasan

    Selasa, 09 Januari 2024, 09:23 WIB Last Updated 2024-04-03T15:53:25Z
    masukkan script iklan disini
    IKLAN

    Baca Juga

    Tanpa Disadari 22 Jenis Kebiasaan Boros Ini Sering Dilakukan Orang yang Hidupnya Pas-Pasan




    langgampos.com - Halo semuanya, terutama bagi yang ingin mengoptimalkan keuangan dan menghindari kebiasaan pemborosan yang dapat membuat hidup pas-pasan. Dalam artikel ini, saya akan membagikan 22 tips menghindari kebiasaan boros berdasarkan saran dari Dave Ramsey, seorang pakar keuangan di Amerika Serikat, yang telah membantu ribuan orang keluar dari kondisi kemiskinan. Mari kita simak dan terapkan agar kita dapat mencapai keuangan yang lebih sehat dan mencapai kehidupan yang lebih sejahtera.

    1. Belanja Impulsif:

    Jangan beli sesuatu jika kamu tidak bisa membayarnya secara penuh pada saat pembelian. Hindari belanja impulsif dan buatlah daftar barang yang ingin kamu beli. Tunda pembelian untuk memberi waktu pada diri sendiri untuk mempertimbangkan keputusan dengan lebih baik.

    2. Rokok:

    Merokok bukan hanya berdampak buruk pada kesehatan, tetapi juga dapat menjadi beban finansial yang besar. Pertimbangkan untuk berhenti merokok atau mencari dukungan untuk mengatasi kebiasaan ini agar bisa menghemat uang yang signifikan.

    3. Denda Keterlambatan Pembayaran:

    Hindari denda keterlambatan pembayaran dengan membayar tagihan tepat waktu. Utamakan pembayaran tagihan setelah menerima gaji dan pertimbangkan untuk mengatur pembayaran otomatis.

    4. Kopi Mahal:

    Jangan terlalu sering membeli kopi di luar, terutama yang bermerek. Coba untuk menikmati kopi yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Hemat uang dan nikmati kesenangan kopi di lingkungan yang lebih terjangkau.

    5. Makan di Luar Berlebihan:

    Mengurangi frekuensi makan di luar dapat memberikan penghematan yang signifikan. Masak di rumah dengan bahan-bahan sederhana bisa lebih ekonomis dan sehat.

    6. Utang Kartu Kredit:

    Hindari utang kartu kredit dengan bunga tinggi. Bayar utang secara konsisten dan berhentilah menggunakan kartu kredit atau layanan pay later untuk pembelian impulsif.

    7. Membership Gym Tidak Terpakai:

    Batalin membership gym yang tidak pernah kamu gunakan. Jika kamu ingin tetap berolahraga, cari alternatif yang lebih terjangkau, seperti berolahraga di rumah atau di luar.

    8. Beli Air Mineral Kemasan:

    Air mineral kemasan bisa menjadi pengeluaran yang tidak perlu. Gunakan tumbler dan bawa air dari rumah untuk menghemat uang dan mengurangi sampah plastik.

    9. Baju Bermerek:

    Hindari pembelian pakaian bermerek yang mahal. Pilih pakaian yang sederhana dan fungsional. Uang yang dihemat bisa dialokasikan untuk kebutuhan yang lebih penting.

    10. Garansi Perpanjangan yang Tidak Diperlukan:

    Pertimbangkan dengan baik sebelum membeli garansi perpanjangan untuk barang-barang elektronik. Seringkali, garansi bawaan dari produsen sudah cukup untuk melindungi barang tersebut.

    11. Langganan yang Tidak Dipakai:

    Evaluasi langganan hiburan yang dimiliki. Pilih satu atau dua layanan yang benar-benar kamu nikmati, dan putuskan langganan lainnya. Gonta-ganti sesuai kebutuhan dan tetap hemat.

    12. Konsumsi Alkohol Berlebihan:

    Minimalkan konsumsi alkohol berlebihan. Selain merugikan kesehatan, kebiasaan ini juga dapat menguras keuangan. Nikmatilah dengan bijak dan sesuaikan dengan anggaran.

    13. Jajan Cemilan di Minimarket:

    Hindari kebiasaan jajan cemilan di minimarket secara berlebihan. Bawa bekal dari rumah untuk mengurangi pengeluaran yang tidak perlu.

    14. Pengeluaran Berlebihan untuk Kendaraan:

    Pertimbangkan dengan cermat sebelum membeli kendaraan baru atau mahal. Pilih kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran finansial.

    15. Fast Fashion:

    Hindari pembelian pakaian dari fast fashion yang cenderung cepat usang. Pilih pakaian yang timeless dan tahan lama agar tidak perlu terus-menerus mengikuti tren.

    16. Alat Olahraga yang Tidak Kepakai:

    Jangan beli alat olahraga jika kamu belum memiliki kebiasaan rutin berolahraga. Mulailah dengan kegiatan olahraga tanpa peralatan terlebih dahulu, dan beli alat jika sudah terbentuk kebiasaan.

    17. Obat Non-Generik:


    Pilih obat generik yang lebih terjangkau daripada obat bermerk. Kandungan dan khasiatnya seringkali sama, namun harganya lebih bersahabat dengan anggaran.

    18. Paket Data Berlebihan:

    Periksa penggunaan data yang sebenarnya kamu butuhkan dan sesuaikan paket data dengan kebutuhan. Pilih paket yang lebih hemat jika penggunaan data tidak sebanyak yang kamu bayar.

    19. Kartu Hadiah dan Kupon Diskon yang Tidak Terpakai:

    Manfaatkan kartu hadiah dan kupon diskon yang kamu miliki. Jangan biarkan mereka menganggur, gunakan sebagai hadiah atau untuk membeli barang dengan harga diskon.

    20. Dekorasi Rumah yang Tidak Diperlukan:

    Pertimbangkan kembali kebutuhan akan dekorasi rumah. Hindari pembelian dekorasi yang tidak diperlukan dan fokuslah pada kepraktisan serta kebutuhan sehari-hari.

    21. Upgrade Secara Impulsif:

    Hindari keinginan untuk upgrade barang-barang secara impulsif. Pertimbangkan apakah barang yang kamu miliki sudah cukup fungsional sebelum memutuskan untuk menggantinya.

    22. Perawatan Kecantikan yang Mahal:

    Pilih perawatan kecantikan yang sesuai dengan anggaran. Hindari perawatan yang mahal jika tidak sesuai dengan kebutuhan dan prioritas finansial.

    Semoga dengan mengimplementasikan tips di atas, kita dapat mengelola keuangan dengan lebih bijak dan mencapai kehidupan yang lebih sejahtera. Selalu ingat untuk selalu berpikir dua kali sebelum melakukan pembelian agar keuangan kita tetap terjaga. Terima kasih telah membaca! (as)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Sastra

    +
    close