• Jelajahi

    Copyright © Langgam Pos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    11 Rahasia untuk Menghafal Lebih Cepat dari Orang Lain

    Kamis, 08 Februari 2024, Kamis, Februari 08, 2024 WIB Last Updated 2024-02-11T12:52:52Z
    masukkan script iklan disini

    Baca Juga

    11 Rahasia untuk Menghafal Lebih Cepat dari Orang Lain





    Langgampos.com - Apakah Anda pernah menonton film "Limitless"? Mungkin Anda ingat bahwa karakter utamanya menemukan pil khusus yang memungkinkannya untuk mengingat semua pengalaman dan pengetahuan serta menggunakan informasi itu kapan pun dibutuhkan. Meskipun ini hanya fiksi, namun kita semua menginginkan kemampuan untuk mengingat dengan mudah dan cepat. Namun, mengapa seringkali kita lupa banyak informasi? Bagaimana cara agar kita bisa mengingat dengan lebih baik?

    Dalam artikel ini, saya akan membagikan beberapa tips sederhana untuk meningkatkan kemampuan menghafal Anda dan sebuah rumus universal untuk mengingat informasi apa pun saat Anda membutuhkannya.

    Kenapa Kita Sering Lupa?

    Otak kita seperti hardisk yang memiliki keterbatasan ruang. Ketika kita mencoba menyimpan terlalu banyak informasi, otak kita menjadi selektif dalam menyimpannya. Otak akan menghapus informasi yang dianggap tidak relevan atau kurang penting. Itulah sebabnya mengapa semua data baru disimpan dalam ingatan jangka pendek, bukan jangka panjang. Sebagai contoh, peneliti psikologi Jerman, Hermann Ebbinghaus, menemukan bahwa hanya dalam satu jam setelah mempelajari hal baru, kita lupa lebih dari setengah informasi yang telah dipelajari.

    Teknik Pengolahan Berjangka

    Untuk menyimpan informasi dalam ingatan jangka panjang, kita harus menggunakan teknik yang disebut pengolahan berjangka. Metode menghafal paksa tidak efektif dalam hal ini karena otak tidak dapat menyerap informasi dengan cepat dan membentuk asosiasi yang kuat. Segalanya tergantung pada cara kita belajar. Ada dua situasi utama di mana Anda perlu menghafal sesuatu dengan cepat:

    1. Membutuhkan Informasi Secara Cepat: Jika Anda perlu mempelajari informasi dengan cepat dan menggunakannya segera, seperti persiapan ujian, Anda dapat menggunakan teknik pengulangan berjangka. Setelah membaca informasi pertama kali, ulangi lagi setelah 15-20 menit. Kemudian, ulangi lagi setelah 6-8 jam, dan terakhir, 24 jam setelah pertama kali mengkontak informasi tersebut.

    2. Mengingat Informasi untuk Jangka Panjang: Untuk mengingat informasi dalam jangka panjang, perpanjang periode pengulangan. Lakukan pengulangan pertama setelah belajar, kemudian ulangi lagi setelah 20-30 menit. Pengulangan berikutnya dilakukan setelah sehari, kemudian 2-3 minggu, dan terakhir, setelah 2-3 bulan. Dengan cara ini, otak akan menangkap bahwa informasi tersebut penting dan tidak akan menghapusnya.

    11 Tips untuk Mengingat dengan Lebih Mudah dan Cepat

    Mari kita bahas sejumlah tips sederhana yang dapat membantu Anda mengingat informasi dengan lebih mudah:

    11. Pahami Informasi yang Dipelajari: Jangan hanya menghafal, tetapi juga pahami informasi yang Anda pelajari. Ceritakan kembali dengan kata-kata Anda sendiri untuk memastikan pemahaman yang lebih baik.

    10. Prioritaskan Informasi yang Penting:** Jika materi terlalu banyak, tentukan apa yang paling penting untuk dipelajari dan fokuslah pada itu.

    9. Manfaatkan Efek Posisi Serial: Ingatlah bahwa informasi di awal dan akhir lebih mudah diingat, jadi letakkan informasi kunci di sana.


    8. Alihkan Perhatian Anda: Istirahatlah setiap 15-20 menit saat belajar, dan beralihlah ke aktivitas lain untuk menjaga fokus.

    7. Pelajari Hal yang Berlawanan: Hafalkan kata-kata yang berlawanan atau konsep yang mudah diingat bersama-sama untuk membentuk koneksi yang kuat di otak.

    6. Bangun Istana Memori: Asosiasikan informasi yang dipelajari dengan tempat tertentu dalam ruangan Anda untuk memperkuat ingatan.

    5. Gunakan Kata-kata Terkait: Kaitkan hal-hal yang dipelajari dengan kata-kata terkait untuk membentuk hubungan logis.

    4. Karanglah Cerita: Rangkailah bagian-bagian informasi menjadi cerita yang mudah diingat untuk membantu mengingat urutan yang benar.

    3. Gunakan Recorder: Rekam informasi yang dipelajari dan dengarkan beberapa kali untuk memanfaatkan pendengaran sebagai cara untuk mengingat.

    2. Visualisasikan: Gunakan bahasa tubuh Anda saat belajar untuk memperkuat ingatan.

    1. Pilih Metode Pembelajaran yang Tepat: Pilih metode pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar Anda, jangan hanya mengandalkan buku-buku dan metode kuno.

    Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat meningkatkan kemampuan menghafal Anda secara signifikan. Ingatlah bahwa kunci utamanya adalah pemahaman, pengulangan yang tepat, dan penggunaan teknik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat mencoba! (as)
    Komentar

    Tampilkan

    Iklan

    Terkini

    close