• Jelajahi

    Copyright © Langgam Pos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Benarkah Sakit dan Sakit Tenggorokan bisa Memicu Terjadinya Penyakit Jantung? Berikut Ini Penjelasan dr. Tirta

    Rabu, 07 Februari 2024, Rabu, Februari 07, 2024 WIB Last Updated 2024-02-07T16:25:06Z
    masukkan script iklan disini

    Baca Juga

    Benarkah Sakit dan Sakit Tenggorokan bisa Memicu Terjadinya Penyakit Jantung? Berikut Ini Penjelasan dr. Tirta



    Langgampos.com - Menurut Dr. Tirta, sakit tenggorokan dan sakit gigi dapat menjadi indikator potensial bagi risiko penyakit jantung. Meskipun terdengar tidak masuk akal, namun penelitian telah menunjukkan adanya hubungan antara kondisi kesehatan mulut dan penyakit kardiovaskular.

    Sakit gigi seringkali disebabkan oleh infeksi pada pulpa gigi yang merupakan bagian terdalam dari gigi dan mengandung pembuluh darah. Ketika infeksi ini tidak diobati, dapat menyebabkan kerusakan jaringan dan pembuluh darah yang berpotensi berakibat fatal. Hal ini terjadi ketika bakteri dari infeksi gigi menembus ke dalam aliran darah dan menyebar ke seluruh tubuh.

    Proses ini dapat mengakibatkan berbagai komplikasi serius, salah satunya adalah penyakit jantung. Bakteri yang terlibat dalam infeksi gigi dapat melakukan perjalanan melalui aliran darah dan menempel pada dinding arteri. Akumulasi bakteri ini pada dinding arteri dapat menyebabkan peradangan dan penumpukan plak, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

    Khususnya, jika bakteri-bakteri ini mencapai arteri koroner yang memasok darah ke jantung, mereka dapat menyebabkan peradangan pada arteri tersebut, mengganggu aliran darah yang mengarah ke serangan jantung atau kondisi lain yang berpotensi fatal.

    Selain itu, infeksi gigi yang tidak diobati juga dapat menyebabkan kondisi lain yang berpotensi berdampak pada jantung, seperti endokarditis, yaitu peradangan pada lapisan dalam jantung dan katup jantung yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

    Sakit tenggorokan juga dapat menjadi tanda peringatan bagi risiko penyakit jantung. Meskipun terkadang sakit tenggorokan disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri yang umum, namun dalam beberapa kasus, sakit tenggorokan juga dapat menjadi gejala dari kondisi lain yang lebih serius.

    Salah satu penyebab sakit tenggorokan yang terkait dengan penyakit jantung adalah penyakit jantung iskemik. Pada kondisi ini, penumpukan plak pada pembuluh darah yang memasok darah ke jantung dapat menyebabkan gangguan aliran darah, yang pada gilirannya dapat menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan di daerah tenggorokan.

    Selain itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa orang dengan sakit tenggorokan kronis atau infeksi tenggorokan yang sering mungkin memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengembangkan penyakit jantung pada masa mendatang. Meskipun mekanisme pasti hubungan antara sakit tenggorokan dan penyakit jantung masih belum sepenuhnya dipahami, namun ada indikasi kuat bahwa kondisi ini dapat menjadi tanda peringatan bagi risiko kesehatan jantung yang lebih besar.

    Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tidak menganggap remeh sakit gigi atau sakit tenggorokan yang seringkali dianggap sebagai masalah kesehatan yang minor. Kedua kondisi tersebut dapat menjadi petunjuk awal adanya masalah yang lebih serius di dalam tubuh, termasuk risiko penyakit jantung.

    Untuk mengurangi risiko penyakit jantung yang terkait dengan masalah kesehatan mulut, penting untuk menjaga kebersihan mulut secara teratur dengan cara menyikat gigi dua kali sehari, menggunakan benang gigi, dan rutin melakukan pemeriksaan gigi oleh dokter gigi.

    Selain itu, penting juga untuk segera mengobati infeksi gigi atau sakit tenggorokan dengan konsultasi kepada dokter atau dokter gigi yang berkualitas. Dengan mengatasi masalah kesehatan mulut secara tepat waktu, kita dapat mengurangi risiko komplikasi serius yang dapat mengancam kesehatan jantung dan keseluruhan tubuh.

    Dalam kesimpulan, meskipun terdengar tidak masuk akal pada awalnya, namun sakit gigi dan sakit tenggorokan dapat menjadi indikator penting bagi risiko penyakit jantung. Kedua kondisi tersebut dapat menyebabkan infeksi bakteri yang dapat menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah, mengakibatkan berbagai komplikasi serius termasuk penyakit jantung.

    Oleh karena itu, sangat penting untuk tidak mengabaikan masalah kesehatan mulut dan segera mengobatinya dengan serius. Dengan melakukan perawatan yang tepat dan menjaga kebersihan mulut secara teratur, kita dapat membantu melindungi kesehatan jantung kita dan mencegah risiko penyakit jantung yang berpotensi fatal. (nh)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close