• Jelajahi

    Copyright © Langgam Pos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Program Beasiswa akan Disalukan April, Anggota Komisi IV DPRD Sumenep: Verval Harus Dituntaskan

    Jumat, 23 Februari 2024, Jumat, Februari 23, 2024 WIB Last Updated 2024-04-03T15:57:12Z
    masukkan script iklan disini

    Baca Juga

    Program Beasiswa akan Disalukan April, Anggota Komisi IV DPRD Sumenep: Verval Harus Dituntaskan



    Langgampos.com - Pemerintah Kabupaten Sumenep tengah menggelar proses verifikasi dan validasi (verval) untuk calon penerima program beasiswa. Hingga saat ini, baru lima persen dari total calon penerima yang berhasil melewati proses tersebut. Kabid Rehabilitasi Sosial (Resos) Dinsos P3A Sumenep, Fajarisman, mengungkapkan bahwa proses verval dimulai pada tanggal 30 Januari lalu.

    Fajarisman menegaskan bahwa proses verval tidak dilakukan pada hari tenang dan dua hari setelah pemungutan suara, memastikan fokus penuh pada pelaksanaan pemilu. Namun, meskipun sudah dimulai sejak Januari, baru lima persen calon penerima beasiswa yang berhasil melewati proses verifikasi dan validasi.

    "Pelaksanaan verval memerlukan waktu cukup lama karena mayoritas calon penerima beasiswa berdomisili di pelosok," ungkap Fajarisman. Jumlah calon penerima di daratan dan kepulauan mencapai 520 orang. Khusus di kepulauan, pelaksanaan verval melibatkan tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK) untuk memastikan kelancaran proses.

    Hingga tanggal 21 Februari, baru lima persen dari total calon penerima beasiswa yang berhasil melewati proses verval. Namun, Fajarisman menargetkan penyelesaian verval pada bulan April. Setelah selesai melakukan verval di rumah calon penerima, proses ini akan dilanjutkan dengan verifikasi ke perguruan tinggi tempat calon penerima beasiswa menempuh studi.

    Setiap calon penerima beasiswa akan mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp 2,5 juta per tahun. Dengan alokasi tersebut, total anggaran beasiswa yang dikucurkan oleh Pemkab Sumenep pada tahun ini mencapai Rp 1,3 miliar. Anggota Komisi IV DPRD Sumenep, Masdawi, menekankan pentingnya menyelesaikan proses verval dengan cepat agar penyaluran beasiswa dapat dilakukan sesegera mungkin.

    "Anggaran sudah tersedia, tinggal disalurkan. Maksimal bulan tiga (Maret) verval harus selesai. Sebab, April harus terealisasi," tegas Masdawi. Dengan demikian, pembayaran beasiswa dapat dilakukan tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

    Menurut Masdawi, penyelesaian verval dengan cepat menjadi kunci utama dalam memastikan kelancaran penyaluran beasiswa kepada para calon penerima. Selain itu, hal ini juga akan membuktikan komitmen pemerintah daerah dalam mendukung pendidikan dan menciptakan peluang cemerlang bagi generasi muda Sumenep.

    Program beasiswa yang dicanangkan oleh Pemkab Sumenep tidak hanya bertujuan untuk memberikan bantuan finansial kepada calon penerima, tetapi juga sebagai bentuk investasi pada masa depan daerah. Dengan memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk melanjutkan pendidikan, diharapkan akan lahir individu-individu unggul yang dapat berkontribusi positif dalam pembangunan Sumenep.

    Masdawi juga menyoroti pentingnya verifikasi dan validasi yang cermat untuk memastikan bahwa bantuan tersebut benar-benar diberikan kepada mereka yang memenuhi kriteria dan berhak menerimanya. Dalam hal ini, peran TKSK sangat krusial dalam melibatkan masyarakat setempat dan memastikan bahwa data yang terkumpul akurat dan terverifikasi dengan baik.

    "Saya berharap agar seluruh pihak terlibat dalam proses ini dapat bekerja dengan maksimal untuk menuntaskan verval sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Pemberian beasiswa ini adalah upaya konkret dalam mencetak sumber daya manusia yang berkualitas dan siap bersaing di era global," tambah Masdawi.

    Selain itu, Masdawi juga mengajak seluruh masyarakat Sumenep untuk mendukung program beasiswa ini dengan memberikan informasi yang diperlukan selama proses verval berlangsung. Dengan kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat, diharapkan proses verval dapat berjalan lebih efisien dan transparan.

    Program beasiswa yang diselenggarakan oleh Pemkab Sumenep bukan hanya sebagai tanda kepedulian terhadap pendidikan, tetapi juga sebagai langkah strategis dalam menghadapi tantangan global. Dengan menciptakan generasi muda yang terdidik dan berkualitas, Sumenep dapat bersaing secara lebih baik dalam berbagai sektor pembangunan.

    Sebagai anggota Komisi IV DPRD Sumenep, Masdawi menyatakan bahwa pihaknya akan terus mengawal dan mendukung program beasiswa ini hingga mencapai tujuannya. Peningkatan akses pendidikan merupakan salah satu kunci utama untuk menciptakan masyarakat yang lebih berkualitas dan berdaya saing.

    "Dengan terselenggaranya program beasiswa ini, kita tidak hanya memberikan peluang kepada generasi muda untuk mengejar mimpi melalui pendidikan, tetapi juga membuka pintu bagi kemajuan Sumenep di masa depan," ujar Masdawi. Ia berharap agar program ini dapat menjadi motivasi bagi lebih banyak pihak untuk turut serta berkontribusi dalam mendukung pendidikan di daerah tersebut.

    Secara keseluruhan, program beasiswa yang tengah diselenggarakan oleh Pemkab Sumenep menawarkan peluang emas bagi calon penerima untuk meraih pendidikan yang lebih tinggi. Dengan komitmen dan kerjasama dari semua pihak terkait, diharapkan program ini dapat memberikan dampak positif yang besar bagi perkembangan pendidikan dan pembangunan Sumenep secara keseluruhan. Mari bersama-sama mendukung dan mewujudkan generasi Sumenep yang lebih cerdas dan unggul melalui program beasiswa ini. (as)
    Komentar

    Tampilkan

    Iklan

    Terkini

    close