• Jelajahi

    Copyright © Langgam Pos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    BLT Rp 600.000 akan Cair sebelum Lebaran, Menko Airlangga: Tunggu Sidang Isbat Dulu

    Jumat, 08 Maret 2024, Jumat, Maret 08, 2024 WIB Last Updated 2024-03-08T12:55:27Z
    masukkan script iklan disini

    Baca Juga

    BLT Rp 600.000 akan Cair sebelum Lebaran: Pernyataan Menko Airlangga



    Langgampos.com - Pemerintah Indonesia hingga saat ini masih belum melaksanakan pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Mitigasi Risiko Pangan sebesar Rp 600.000 yang telah direncanakan. Meskipun rencananya BLT ini ditujukan untuk 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan dijadwalkan akan disalurkan pada bulan Februari 2024.

    Hingga saat ini, pemerintah belum dapat memastikan tanggal pasti pencairan BLT, meskipun seharusnya bantuan tunai ini ditujukan untuk periode Januari hingga Maret 2024.

    Menko Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan bahwa BLT akan dicairkan dalam semester pertama tahun ini. Namun, ia tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai waktu pelaksanaannya.

    "Distribusi BLT Mitigasi Risiko Pangan akan dilakukan pada semester pertama ini," ujarnya dalam Media Briefing di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, pada hari Jumat (8/3/2024).

    Ketika ditanya lebih lanjut oleh media tentang kepastian waktu pencairan, Airlangga hanya menyatakan bahwa BLT akan cair sebelum Lebaran.

    Dengan demikian, pencairan BLT berpotensi dilakukan paling cepat pada bulan April mendatang.

    "Mungkin sebelum Lebaran, jadi kita tunggu sidang isbat dulu," kata Airlangga.

    Sebagai informasi tambahan, pada akhir bulan Januari lalu, pemerintah telah sepakat untuk kembali memberikan BLT kepada masyarakat miskin yang termasuk dalam KPM.

    Dalam konferensi pers, Airlangga menjelaskan bahwa bantuan ini bernama BLT Mitigasi Risiko Pangan dan menggantikan BLT El Nino yang diberikan pemerintah tahun sebelumnya.

    Namun, yang membedakan adalah dalam BLT Mitigasi Risiko ini, pemerintah akan menyalurkan bantuan untuk periode tiga bulan, yaitu Januari hingga Maret 2024, dengan besaran Rp 200.000 per bulan, sehingga totalnya mencapai Rp 600.000. (nh)
    Komentar

    Tampilkan

    Iklan

    Terkini

    close