• Jelajahi

    Copyright © Langgam Pos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Harga Bitcoin Menguat, El Salvador Melonjak Kaya Mendadak

    Kamis, 14 Maret 2024, Kamis, Maret 14, 2024 WIB Last Updated 2024-04-03T06:05:34Z
    masukkan script iklan disini

    Baca Juga

    Harga Bitcoin Menguat, El Salvador Melonjak Kaya Mendadak
    Harga Bitcoin Menguat, El Salvador Melonjak Kaya Mendadak




    Harga Bitcoin Menguat, El Salvador Melonjak Kaya Mendadak - Langgampos.comHarga Bitcoin (BTC) saat ini sedang melonjak dengan cepat. Data terkini pada Rabu (13/3/2024) menunjukkan bahwa harga Bitcoin telah mencapai angka sekitar 72.000 dolar AS (sekitar Rp 1,1 miliar) per kepingnya.

    Dengan lonjakan harga Bitcoin ini, banyak individu, lembaga, atau entitas lain yang telah berinvestasi dalam mata uang kripto tersebut tiba-tiba menjadi kaya, termasuk salah satu negara di Amerika Tengah, yaitu El Salvador.

    El Salvador adalah negara pertama yang mengesahkan Bitcoin sebagai aset investasi utama yang dapat digunakan untuk keperluan pemerintahan. Selain itu, negara ini juga merupakan yang pertama dalam mengadopsi cryptocurrency sebagai alat tukar atau pembayaran yang sah seperti halnya mata uang konvensional.

    Berdasarkan data dari Nayibtracker.com, sebuah situs yang mencatat jumlah Bitcoin yang dimiliki pemerintah El Salvador, negara tersebut sekarang memiliki 2.862 keping Bitcoin dengan nilai sekitar 206 juta dolar AS (sekitar Rp 3,2 triliun). Ini menunjukkan keuntungan sekitar 69 persen atau sekitar 84 juta dolar AS (sekitar Rp 1,3 triliun) dari investasi Bitcoin.

    Menurut Presiden El Salvador, Nayib Bukele, kenaikan nilai Bitcoin juga telah meningkatkan pendapatan dari berbagai sektor, layanan, dan program pemerintahan di negaranya.

    Bukele menyatakan, "(Kenaikan harga Bitcoin) telah meningkatkan pendapatan dari program paspor, usaha kecil dan menengah yang mengonversi dolar AS ke Bitcoin, kegiatan penambangan Bitcoin, dan berbagai layanan pemerintah di El Salvador."

    Meskipun tidak diungkapkan apakah El Salvador akan menjual aset Bitcoinnya untuk meraup keuntungan dalam situasi ini, namun Bukele sebelumnya mengatakan bahwa negara tidak akan menjual aset Bitcoinnya meskipun harganya naik drastis.

    Penyebab dari lonjakan harga Bitcoin

    Faktor utama yang memicu kenaikan harga Bitcoin adalah kehadiran Exchange-Traded Funds (ETF) Bitcoin spot yang resmi diperdagangkan sejak 10 Januari lalu, serta peristiwa "Halving Day" yang dijadwalkan akan berlangsung sekitar 19 atau 20 April 2024.

    ETF Bitcoin spot adalah kumpulan aset yang berfungsi mirip dengan reksa dana dan berisi aset kripto seperti Bitcoin, Ethereum, dan altcoin lainnya. ETF Bitcoin ini terdaftar dan diperdagangkan di bursa Nasdaq, NYSE, dan CBOE, memungkinkan investor untuk membeli dan menjualnya dengan mudah serta melacak pergerakan harga.

    Arus masuk bersih ETF Bitcoin spot baru-baru ini dilaporkan melebihi 6 miliar dolar AS atau sekitar Rp 94 triliun, yang diyakini telah memicu kenaikan harga Bitcoin menuju titik tertingginya. (mn)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close