• Jelajahi

    Copyright © Langgam Pos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    gempur rokok illegal

    Iklan

    Harga Bitcoin Ngegas, FBI: Hati-hati Modus Penipuan Kripto!

    Rabu, 13 Maret 2024, 13:07 WIB Last Updated 2024-04-03T06:07:59Z
    masukkan script iklan disini
    IKLAN

    Baca Juga

    Harga Bitcoin Ngegas, FBI: Hati-hati Modus Penipuan Kripto!



    Harga Bitcoin Ngegas, FBI: Hati-hati Modus Penipuan Kripto! - Langgampos.com - Cekrek! Bitcoin lagi bikin heboh, harganya meroket sampai tembus rekor baru, mencapai 72.886 dollar AS per kepingnya! Wuih, nilainya kenceng banget! Tapi, tunggu dulu, ada kabar dari FBI nih, teman-teman. Mereka lagi ngingetin kita tentang bahaya penipuan di dunia kripto.

    Jadi gini, dalam laporan terbaru FBI yang judulnya "Internet Crime Report 2023", mereka catet bahwa penipuan kripto tuh naik banget loh. Mulai dari jumlahnya, korban-korbannya, sampe modusnya.

    Jadi, menurut FBI, jumlah penipuan investasi berbasis mata uang kripto tuh naik dari 2,57 miliar dollar AS di tahun 2022 jadi 3,94 miliar dollar AS di tahun 2023. Gila kan naiknya, mencapai 53 persen! Banyak banget tuh yang kena imbasnya.

    Nah, Pusat Pengaduan Kejahatan Internet (IC3) yang jadi bagian FBI juga ngelaporkan bahwa ada 880.418 pengaduan di tahun 2023. Naik 10 persen dari tahun sebelumnya, nih. Kerugian akibat penipuan juga melonjak, mencapai 12,5 miliar dollar AS. Astaga, angkanya bikin ngelongo!

    Yang bikin sedih, kebanyakan korban penipuan kripto itu ada yang usianya di antara 30-49 tahun. Kebanyakan sih yang umurnya segitu, katanya dari FBI. Dan yang lebih parahnya lagi, yang lebih tua dari itu bisa lebih gampang kena tipu, khususnya dengan modus tech support gitu.

    Jadi, gimana sih modusnya penipuan kripto ini? Nah, begini nih ceritanya. Para penipu bakal nawarin investasi kripto ke calon korban. Trus, mereka bikin korban itu nginvest di token palsu. Akhirnya, uang yang diinvestasiin itu malah masuk ke rekening si penipu. Jahat banget kan!

    Terus, menurut laporan FBI, para penipu itu rayu korban dengan janji-janji keuntungan. Biasanya, mereka manggil korban lewat platform sosial kayak LinkedIn, Twitter, dan Facebook. Jadi, hati-hati ya kalau ada yang ngajak ngobrolin investasi kripto di situ.

    Ada satu platform riset pasar juga nih, namanya Scam Sniffer, yang lagi ngebahas jumlah penipuan di dunia kripto. Mereka ngelaporkan bahwa sekitar 57.000 orang jadi korban penipuan kripto dengan modus phishing di bulan Februari 2024. Kerugian totalnya sampe 47 juta dollar AS loh! Gila, kan?

    Bandingin sama bulan Januari, jumlah orang yang rugi lebih dari 1 juta dollar AS malah turun 75 persen. Tapi jangan seneng dulu, karena banyak korban ini kejebak sama situs web phishing yang dibuat dari akun-akun palsu di Twitter.

    Pasar kripto lagi naik daun banget kan sekarang, karena lagi tren bullish gitu. Tapi, penjahat dunia maya juga lagi naikin aksi buat nipu-nipu kita, jadi kita harus ekstra hati-hati kalau mau investasi di dunia kripto.

    Jadi, teman-teman, inget ya, meskipun harga Bitcoin lagi naik kayak roket ke bulan, jangan sampai kita kejebak penipuan kripto. Tetap waspada dan bijaksana dalam berinvestasi, biar kita bisa tetep aman dan untung di dunia kripto yang seru ini! (as)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close