• Jelajahi

    Copyright © Langgam Pos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Hari Ini KPU Akan Umumkan Hasil Resmi Pemilu 2024

    Rabu, 20 Maret 2024, Rabu, Maret 20, 2024 WIB Last Updated 2024-04-03T06:02:43Z
    masukkan script iklan disini

    Baca Juga

    Hari Ini KPU Akan Umumkan Hasil Resmi Pemilu 2024




    Hari Ini KPU Akan Umumkan Hasil Resmi Pemilu 2024 - Langgampos.com - Pada hari Rabu, 20 Maret 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia akan mengumumkan hasil resmi dari Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Penetapan ini merupakan tahap terakhir yang harus dilakukan oleh KPU sesuai dengan Undang-Undang Pemilu yang mengharuskan mereka menetapkan hasil pemilu nasional dalam waktu 35 hari setelah pemungutan suara dilakukan.

    Pagi ini, KPU RI dijadwalkan akan menyelesaikan rekapitulasi tingkat nasional untuk dua provinsi terakhir, yaitu Papua dan Papua Pegunungan. Setelah proses rekapitulasi selesai di semua provinsi, KPU akan menyiapkan berita acara dan Keputusan KPU yang menetapkan hasil pemilu secara nasional.

    Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari, dalam pernyataannya pada Selasa (19/3/2024) menjelaskan bahwa Keputusan KPU tentang penetapan hasil pemilu secara nasional akan mencakup hasil dari berbagai jenis pemilihan, seperti Pemilihan Legislatif (Pileg) DPRD kabupaten/kota di 508 kabupaten/kota, Pileg DPRD provinsi di 38 provinsi, Pileg DPD RI, Pileg DPR RI, dan Pemilihan Presiden (Pilpres).

    Keputusan ini memiliki nilai hukum yang penting karena dapat digunakan oleh peserta pemilu yang merasa tidak puas dengan hasil untuk mengajukan gugatan sengketa/perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) kepada Mahkamah Konstitusi. Hasyim menjelaskan bahwa satu-satunya objek sengketa atau gugatan yang dapat diajukan ke Mahkamah Konstitusi adalah Surat Keputusan (SK) KPU tentang penetapan hasil pemilu secara nasional yang mencakup hasil dari semua jenis pemilihan di semua tingkatan, mulai dari kabupaten/kota, provinsi, hingga tingkat pusat.

    Meskipun tidak menyebutkan waktu pasti pengumuman hasil pemilu, Hasyim menegaskan bahwa KPU RI akan berupaya untuk mengumumkannya sesegera mungkin. Hal ini menunjukkan komitmen KPU untuk menjalankan proses pemilu dengan transparansi dan akuntabilitas yang tinggi, serta memberikan kesempatan kepada semua pihak untuk mengakses informasi secara jelas dan akurat mengenai hasil pemilu.

    Dengan pengumuman hasil resmi ini, diharapkan dapat mengakhiri proses pemilu dengan baik dan memberikan kepastian hukum bagi seluruh peserta pemilu dan masyarakat Indonesia secara umum. Semua pihak diharapkan dapat menghormati hasil yang telah ditetapkan oleh KPU sesuai dengan prosedur yang berlaku dan menghindari tindakan yang dapat mengganggu stabilitas dan kedamaian bangsa. (as)





    Komentar

    Tampilkan

    Iklan

    Terkini

    close