• Jelajahi

    Copyright © Langgam Pos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    gempur rokok illegal

    Iklan

    Jangan Salah, Ternyata Salat Sunnah Ini Lebih Besar Pahalanya Ketimbang Pahala Salat Tarawih

    Sabtu, 16 Maret 2024, 08:00 WIB Last Updated 2024-04-03T06:03:50Z
    masukkan script iklan disini
    IKLAN

    Baca Juga

    Jangan Salah, Ternyata Salat Sunnah Ini Lebih Besar Pahalanya Ketimbang  Pahala Salat Tarawih
    Jangan Salah, Ternyata Salat Sunnah Ini Lebih Besar Pahalanya Ketimbang Pahala Salat Tarawih







    Langgampos.com - Dalam bulan Ramadan, praktik ibadah menjadi lebih intensif dilakukan bagi umat Muslim. Salah satu ibadah yang umum dilakukan adalah salat tarawih, yang dilakukan setelah salat Isya. Namun, ada yang sering terlupakan dan cenderung diabaikan oleh sebagian muslim, yaitu salat ba'diah Isya. Hal ini menjadi penting untuk dipahami dan ditekankan karena memiliki nilai pahala yang besar.

    Salat tarawih adalah salah satu ibadah sunah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan di bulan Ramadan. Namun, kadang-kadang orang cenderung fokus pada salat tarawih saja dan melupakan salat ba'diah Isya, karena, mungkin, dianggap sama-sama salat sunnah. Padahal, kata Buya Yahya, salat ba'diah Isya itu memiliki keutamaan yang tidak boleh diabaikan.

    Salat ba'diah Isya merupakan salat sunah yang dikerjakan setelah salat Isya pada malam hari. Meskipun tidak wajib, namun pelaksanaannya memiliki keutamaan yang besar. Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang memelihara empat rakaat (salat) sebelum (Isya) dan empat rakaat sesudahnya, maka jannah wajib baginya" (HR. Abu Dawud).

    Dari hadis di atas, kita dapat memahami betapa pentingnya salat ba'diah Isya. Ibadah ini bukan hanya sekedar tradisi atau kebiasaan semata, melainkan memiliki nilai pahala yang besar di sisi Allah SWT. Dengan melaksanakan salat ba'diah Isya, seseorang akan mendapatkan pahala yang lebih besar ketimbang pahala salat tarawih.

    Salat tarawih sendiri adalah ibadah yang dilakukan secara berjamaah di masjid atau di rumah pada malam hari selama bulan Ramadan. Meskipun memiliki nilai pahala yang tinggi, namun, kata Buya Yahya, tidak boleh menggeser pentingnya salat ba'diah Isya. Keduanya memiliki nilai ibadah yang berbeda namun sama-sama penting dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.

    Dalam Islam, setiap ibadah memiliki tata cara dan waktu pelaksanaan yang telah ditentukan. Salat ba'da Isya dilakukan setelah salat Isya, sedangkan salat tarawih dilakukan setelah salat ba'diah Isya. Keduanya saling melengkapi dan tidak seharusnya dipisahkan.

    Oleh karena itu, marilah kita memahami dan mengamalkan sunah-sunah yang diajarkan dalam agama Islam dengan benar. Salah satunya adalah melaksanakan salat ba'diah Isya setelah salat tarawih di bulan Ramadan. Dengan demikian, kita akan mendapatkan berkah dan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT.

    Dengan memahami pentingnya salat ba'diah Isya, diharapkan umat Muslim dapat lebih tekun dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadan. Jangan sampai terlena dengan kesibukan salat tarawih saja, namun jangan lupa untuk melanjutkan dengan salat ba'diah Isya sebagai bentuk kesempurnaan ibadah kita di bulan penuh berkah ini. Semoga kita semua selalu diberikan petunjuk dan kekuatan untuk menjalankan ibadah dengan ikhlas dan penuh kecintaan kepada Allah SWT. Amin. (nh)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close