• Jelajahi

    Copyright © Langgam Pos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Iklan

    Jokowi Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Bulan Ramadan 2024 Lewat Perpres 21 Tahun 2023

    Selasa, 12 Maret 2024, 10:36 WIB Last Updated 2024-04-03T06:09:24Z
    masukkan script iklan disini
    IKLAN

    Baca Juga

    Jokowi Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Bulan Ramadhan 2024 Lewat Perpres 21 Tahun 2023






    Jokowi Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Bulan Ramadhan 2024 Lewat Perpres 21 Tahun 2023 - Langgampos.com - Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan kebijakan terkait jam kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) selama bulan Ramadhan 2024 melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 21 Tahun 2023 tentang Hari dan Jam Kerja Instansi Pemerintah dan Pegawai ASN. Kebijakan ini bertujuan untuk menjaga pelayanan publik tetap berjalan dengan baik selama bulan suci Ramadhan.

    Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Azwar Anas menyampaikan bahwa kebijakan ini merupakan langkah proaktif pemerintah dalam menyelaraskan jam kerja ASN dengan kebutuhan masyarakat selama bulan Ramadhan. Sebelumnya, setiap tahun pemerintah mengeluarkan surat edaran (SE) terkait hal ini, tetapi sekarang sudah terakomodir secara resmi dalam Perpres Nomor 21/2023.

    Dalam peraturan tersebut, dijelaskan bahwa jam kerja instansi pemerintah dan pegawai ASN selama bulan Ramadhan adalah sebanyak 32 jam 30 menit dalam 1 minggu, tanpa memasukkan waktu istirahat. Selain itu, istirahat pada hari Jumat ditetapkan selama 60 menit, sedangkan pada hari-hari lainnya selama 30 menit.

    Jam kerja instansi pemerintah selama bulan Ramadhan dimulai pukul 08.00 sesuai dengan zona waktu setempat, berlaku baik untuk instansi pemerintah di pusat maupun daerah. Adapun instansi yang memiliki ketentuan kerja selain 5 hari dalam 1 minggu diharapkan menyesuaikan dengan ketentuan Perpres ini dalam waktu paling lama 1 tahun sejak diundangkan.

    Rincian jam kerja selama bulan Ramadhan akan ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) atau pimpinan instansi yang bersangkutan. Keterlibatan PPK dalam menetapkan jam kerja memberikan fleksibilitas agar setiap instansi dapat menyesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan masyarakat setempat.

    Terdapat juga klausul dalam Perpres yang memungkinkan perubahan jumlah hari kerja dan/atau jam kerja jika terdapat kebijakan Presiden terkait hari libur nasional, cuti bersama nasional, dan kebijakan lain yang disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

    Namun, perlu diingat bahwa ketentuan ini tidak berlaku bagi prajurit TNI dan pegawai ASN di lingkungan kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pertahanan yang ditugaskan di lingkungan TNI. Pengaturan untuk mereka ditetapkan oleh Panglima TNI. Begitu pula, ketentuan ini tidak berlaku bagi anggota Polri dan pegawai ASN di lingkungan Polri yang pengaturannya ditetapkan oleh Kapolri, serta pegawai ASN pada perwakilan Republik Indonesia di luar negeri yang pengaturannya dilakukan oleh Menteri Luar Negeri.

    Adapun prajurit TNI dan anggota Polri yang bertugas di luar struktur, serta pegawai pada perwakilan RI di luar negeri, akan mengikuti hari kerja dan jam kerja yang berlaku pada tempat penugasan mereka.

    Sebagai informasi tambahan, Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan awal puasa Ramadhan 1445 H pada tanggal 1 Ramadhan 1445 H atau bersamaan dengan hari Selasa. Keputusan ini diambil dalam sidang isbat pada Minggu, 10 Maret 2024, yang melibatkan berbagai pihak, termasuk Tim Hisab dan Rukyat Kemenag, para duta besar negara sahabat, serta perwakilan organisasi masyarakat Islam.

    Dengan adanya kebijakan ini, diharapkan pelayanan publik tetap optimal dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat selama bulan suci Ramadhan. Peran PPK dan pimpinan instansi dalam menyesuaikan jam kerja menjadi kunci sukses implementasi kebijakan ini untuk memastikan keseimbangan antara kewajiban ASN dan kebutuhan masyarakat. (as)











    Sumber: Kompas
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Sastra

    +
    close