• Jelajahi

    Copyright © Langgam Pos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Kapan Malam Lailatul Qadar Terjadi? Menurut Imam Syafi'i adalah Malam ke....

    Jumat, 22 Maret 2024, Jumat, Maret 22, 2024 WIB Last Updated 2024-04-03T05:58:44Z
    masukkan script iklan disini

    Baca Juga

    Kapan Malam Lailatul Qadar Terjadi? Menurut Imam Syafi'i adalah Malam ke....



    Langgampos.com - Lailatul Qadar adalah malam yang memiliki keistimewaan luar biasa dalam agama Islam. Hal ini telah disepakati oleh para ulama bahwa malam Lailatul Qadar terdapat di bulan Ramadan. Meskipun terdapat pendapat yang mengatakan bahwa Lailatul Qadar juga dapat terjadi di luar bulan Ramadan, namun pendapat ini dianggap lemah. Alasan utamanya adalah karena kekhususan Lailatul Qadar di bulan Ramadan telah dijelaskan dalam Al-Qur'an.

    Firman Allah SWT dalam Surat Al-Qadr (97:1-5) menyatakan:

    "Inna anzalnahu fi lailatul qadr. Wa ma adraka ma lailatul qadr. Lailatul qadri khairun min alfi shahr. Tanazalu al-mala'ikatu wa al-ruhu fiha bi-idhni rabbihim min kulli amr. Salamun hiya hatta matla'il fajr."

    Artinya, "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam Lailatul Qadar. Dan tahukah kamu apakah malam Lailatul Qadar itu? Malam Lailatul Qadar lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan roh (Jibril) dengan izin Tuhan mereka untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar."

    Dari ayat ini, jelaslah bahwa Lailatul Qadar memiliki kedudukan yang istimewa, di mana Al-Qur'an pertama kali diturunkan. Dan malam Lailatul Qadar ini terdapat di bulan Ramadan.

    Banyak ulama sepakat bahwa malam Lailatul Qadar terjadi pada 10 malam terakhir di bulan Ramadan. Di antara malam-malam tersebut, terdapat keyakinan bahwa Lailatul Qadar terjadi pada malam ganjil, khususnya di malam ke-21 menurut Imam Syafi'i. Namun, perlu diingat bahwa keyakinan ini lebih bersifat ijtihad pribadi para ulama dan bukan suatu ketetapan yang mutlak.

    Hal yang menarik adalah bahwa malam pertama Lailatul Qadar disembunyikan oleh Allah SWT. Artinya, tidak diketahui secara pasti kapan malam tersebut terjadi. Hal ini menunjukkan pentingnya untuk memperbanyak ibadah dan berdoa di seluruh malam terakhir Ramadan, agar tidak melewatkan potensi besar dari malam Lailatul Qadar.

    Dalam agama Islam, terdapat beberapa hal yang memiliki kemampuan untuk mensyafaati seseorang di hadapan Allah SWT. Pertama adalah Al-Qur'an itu sendiri, sebagai kitab suci yang merupakan pedoman utama bagi umat Islam. Kedua adalah Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam, sebagai utusan Allah dan teladan bagi umat manusia. Ketiga adalah orang-orang saleh yang memiliki kedekatan yang kuat dengan Allah SWT melalui amalan dan ibadah mereka.

    Oleh karena itu, penting bagi umat Islam untuk memahami pentingnya Lailatul Qadar dan memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memperbanyak ibadah, berdoa, dan bertafakur di malam-malam terakhir Ramadan, serta memohon kepada Allah agar diberi kemampuan untuk menemui malam Lailatul Qadar dan mendapatkan berkah serta ampunan-Nya.

    Dengan memahami keistimewaan Lailatul Qadar di bulan Ramadan, diharapkan umat Islam dapat meraih manfaat spiritual yang besar dan mendekatkan diri kepada Allah SWT dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Semoga kita semua dapat memanfaatkan kesempatan berharga ini dengan sebaik-baiknya dan mendapatkan ridha serta keberkahan dari-Nya. Amin. (nh)
    Komentar

    Tampilkan

    Iklan

    Terkini

    close