• Jelajahi

    Copyright © Langgam Pos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Penyebab dan Cara Mengatasi Ketombe Menurut dr. Andi Septiawan

    Jumat, 15 Maret 2024, Jumat, Maret 15, 2024 WIB Last Updated 2024-04-03T06:05:24Z
    masukkan script iklan disini

    Baca Juga

    Penyebab dan Cara Mengatasi Ketombe Menurut dr. Andi Septiawan
    Penyebab dan Cara Mengatasi Ketombe Menurut dr. Andi Septiawan



    Penyebab dan Cara Mengatasi Ketombe Menurut dr. Andi Septiawan - Langgampos.com - Ketombe adalah salah satu masalah yang sering dihadapi oleh banyak orang, termasuk saya sendiri. Apalagi dengan cuaca yang panas seperti saat ini, kondisi ini bisa semakin meresahkan. Namun, tahukah Anda apa sebenarnya yang menjadi penyebab ketombe dan bagaimana cara mengatasinya?

    Ada anggapan bahwa ketombe disebabkan oleh kebiasaan malas keramas. Namun, hal ini tidak sepenuhnya benar. Banyak orang yang rajin keramas tetap mengalami ketombe. Karena sebenarnya, ketombe adalah kondisi kronis yang disebabkan oleh pengelupasan kulit kepala. Kulit kepala kita secara alami akan mengelupas sel-sel mati, sama seperti kulit di bagian tubuh lainnya.

    Pengelupasan kulit kepala yang normal biasanya tidak terlalu mencolok. Namun, ada orang yang mengalami pengelupasan kulit kepala secara berlebihan. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah pertumbuhan jamur Malassezia. Jamur ini hidup di kulit kepala dan bisa berkembang biak dengan cepat, terutama pada kondisi cuaca tertentu yang memicu pertumbuhannya.

    Ketombe yang berlebihan dapat menumpuk dan terlihat jelas pada rambut, menandakan adanya masalah pada kulit kepala. Penting untuk menjaga kebersihan kulit kepala dengan rajin keramas. Meskipun hal ini tidak menghentikan pengelupasan kulit kepala sepenuhnya, setidaknya membantu membersihkan pengelupasan tersebut agar tidak menumpuk.

    Selain itu, ada beberapa cara lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi ketombe, antara lain:

    1. Gunakan Shampo Anti-Ketombe: Pilihlah shampo yang mengandung bahan aktif seperti ketoconazole, zinc pyrithione, atau selenium sulfide. Bahan-bahan ini dapat membantu mengurangi pertumbuhan jamur Malassezia dan mengontrol ketombe.

    2. Hindari Penggunaan Produk Rambut Berminyak: Produk-produk rambut seperti minyak rambut atau styling gel yang berminyak dapat membuat kulit kepala lebih berminyak, sehingga memicu pertumbuhan jamur Malassezia. Hindarilah penggunaan produk-produk tersebut secara berlebihan.

    3. Jaga Kebersihan Rambut: Selain keramas secara teratur, pastikan juga untuk membersihkan rambut dengan benar. Hindari menyisir rambut secara kasar karena dapat merusak kulit kepala dan memicu pengelupasan yang lebih banyak.

    4. Pertahankan Keseimbangan Nutrisi: Nutrisi yang cukup, terutama vitamin dan mineral seperti zinc dan vitamin B, dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan mengurangi risiko ketombe.

    5. Konsultasikan dengan Dokter Kulit: Jika ketombe Anda tidak kunjung membaik atau semakin parah, segera konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

    Dengan menjaga kebersihan dan kesehatan kulit kepala, serta mengikuti tips-tips di atas, diharapkan masalah ketombe dapat dikontrol dengan lebih baik. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli jika diperlukan, karena setiap individu dapat memiliki kondisi kulit kepala yang berbeda-beda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda untuk mengatasi masalah ketombe dan menjaga kesehatan kulit kepala secara keseluruhan.(nh)


     
    Komentar

    Tampilkan

    Iklan

    Terkini

    close