• Jelajahi

    Copyright © Langgam Pos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Prabowo-Gibran Menang di Jakarta, Unggul Tipis dari Anies-Muhaimin

    Senin, 11 Maret 2024, Senin, Maret 11, 2024 WIB Last Updated 2024-04-03T06:10:48Z
    masukkan script iklan disini

    Baca Juga

    Prabowo-Gibran Menang di Jakarta, Unggul Tipis dari Anies-Muhaimin








    Prabowo-Gibran Menang di Jakarta, Unggul Tipis dari Anies-Muhaimin - Langgampos.comKomisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta telah menyelesaikan proses rekapitulasi suara Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dengan sukses. Ketua KPU DKI Jakarta, Wahyu Dinata, menyatakan bahwa proses tersebut berjalan lancar selama tiga hari di tingkat kota.

    "Dengan penuh syukur, kami sampaikan bahwa rekapitulasi suara berlangsung sesuai jadwal. Meskipun ada dinamika di forum, kami berharap semua pihak dapat memahaminya dengan baik," ungkap Dinata saat diwawancarai pada Senin (11/3/2024).

    Rekapitulasi yang berlangsung dari tanggal 7 hingga 9 Maret 2024 menunjukkan bahwa pasangan Capres-Cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, berhasil meraih suara tertinggi di Ibu Kota Jakarta. Total suara yang diraih oleh Prabowo-Gibran sebanyak 2.692.011 dari lima kota dan satu kabupaten di Jakarta.

    Prabowo-Gibran berhasil unggul tipis dari pasangan Capres-Cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, yang mendapatkan dukungan sebanyak 2.653.763 suara. Sementara itu, pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, menempati posisi terakhir dengan perolehan suara sebanyak 1.115.138 di DKI Jakarta.

    Namun demikian, jika dilihat dari hasil rekapitulasi tingkat kota, Anies-Muhaimin dan Prabowo-Gibran sama-sama berhasil unggul di tiga wilayah yang berbeda. Pasangan Anies-Muhaimin ternyata mendominasi di Kota Jakarta Pusat, Kota Jakarta Selatan, dan Kota Jakarta Timur.

    Di sisi lain, Prabowo-Gibran berhasil memimpin di Kota Jakarta Barat, Kota Jakarta Utara, dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

    Kemenangan tipis Prabowo-Gibran atas Anies-Muhaimin menunjukkan persaingan yang ketat dalam Pilpres DKI Jakarta tahun 2024. Hasil ini mencerminkan dinamika politik dan preferensi masyarakat Jakarta yang beragam.

    Para pengamat politik menyoroti bahwa kemenangan Prabowo-Gibran di Jakarta, meskipun tipis, menunjukkan adanya pergeseran dukungan politik di tingkat lokal. Kedua pasangan Capres-Cawapres ini telah melakukan kampanye dengan strategi yang berbeda, menargetkan segmen pemilih yang beragam di Ibu Kota.

    Prabowo Subianto, yang merupakan tokoh yang sudah tidak asing lagi dalam dunia politik Indonesia, memperoleh dukungan dari berbagai kalangan yang menyukai pendekatan dan program-programnya yang berbasis keamanan dan kemandirian ekonomi. Sementara itu, Gibran Rakabuming Raka, yang merupakan putra dari Presiden Joko Widodo, berhasil memikat sebagian pemilih muda dan urban dengan citra kekinian dan gagasan-inovatifnya.

    Di sisi lain, Anies Baswedan, yang saat ini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, menarik dukungan dari sebagian besar pemilih yang menghargai kinerjanya dalam meningkatkan infrastruktur dan pelayanan publik di Jakarta. Muhaimin Iskandar, politisi yang berpengalaman, juga memberikan kontribusi yang signifikan dalam menarik dukungan dari kalangan tertentu di Ibu Kota. (as)








    Sumber: Kompas
    Komentar

    Tampilkan

    Iklan

    Terkini

    close