• Jelajahi

    Copyright © Langgam Pos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Iklan

    Kementerian Perhubungan Prediksi 193 Juta Orang akan Mudik pada Lebaran 2024

    Sabtu, 06 April 2024, 11:00 WIB Last Updated 2024-04-06T04:00:37Z
    masukkan script iklan disini
    IKLAN

    Baca Juga

    Kementerian Perhubungan Prediksi 193 Juta Orang akan Mudik pada Lebaran 2024




    Langgampos.com - Pada tahun ini, Kementerian Perhubungan memperkirakan bahwa 193 juta orang akan melakukan perjalanan selama periode mudik lebaran. 

    Jika prediksi ini terbukti benar, jumlah pemudik pada lebaran 2024 akan mencatatkan rekor tertinggi dalam 10 tahun terakhir atau 1 dekade. Tren jumlah pemudik selama momen lebaran di Indonesia memang cenderung fluktuatif. Kementerian Perhubungan, melalui badan kebijakan transportasi, telah melakukan survei untuk mengukur potensi pergerakan masyarakat selama lebaran 2024. Hasil survei tersebut menyebutkan bahwa momen lebaran 2024 membawa pergerakan masyarakat secara nasional sebanyak 193,6 juta orang atau 71,7% dari jumlah penduduk Indonesia.

    Jika prediksi ini terbukti benar, maka jumlah pemudik pada lebaran tahun ini akan menjadi rekor tertinggi dibandingkan dengan mudik pada lebaran tahun-tahun sebelumnya. Lalu, daerah mana saja yang menjadi tujuan utama para pemudik? Jawa Tengah menempati urutan pertama dalam prediksi Kementerian Perhubungan, dengan 31,8% pemudik atau 61,6 juta orang berbondong-bondong menuju kawasan ini. Diikuti oleh Jawa Timur dengan prediksi pemudik sebanyak 37,6 juta orang, dan Jawa Barat dengan 32,1 juta orang. Kementerian juga memprediksi bahwa puncak arus mudik akan berlangsung dari tanggal 6 hingga 8 April 2024, dengan lebih dari 26 juta orang melakukan perjalanan. Sementara itu, arus balik lebaran diprediksi akan terjadi pada hari Minggu, 14 April 2024, dengan jumlah pelaku perjalanan mencapai 41 juta orang.

    Survei yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan juga menunjukkan bahwa angkutan mudik lebaran yang paling banyak dipilih oleh masyarakat adalah kereta api, dengan potensi penumpang mencapai 39,32 juta orang atau 20,3%. Kemudian, yang mudik menggunakan angkutan bus diperkirakan mencapai 37,51 juta orang atau 19,4%, diikuti oleh mobil pribadi sebanyak 35,42 juta orang atau 18,3%, dan sepeda motor sebanyak 31,12 juta orang atau 16,07%.


    Tips Mudik yang Aman dan Nyaman

    Apakah Anda siap untuk mudik yang aman dan nyaman? Pertama-tama, rencanakanlah perjalanan Anda dengan teliti. Tentukan rute dan pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima. Periksa rem, ban, dan oli sebelum berangkat. Jangan lupa kenakan pakaian yang nyaman dan bawa perlengkapan darurat seperti perban dan obat-obatan. Gunakan aplikasi navigasi untuk memberikan rute tercepat dan menghindari kemacetan. Pastikan juga untuk memperhatikan kondisi cuaca, dan berhati-hati saat berkendara, terutama dalam cuaca buruk. Ingatlah, keselamatan adalah yang utama, jadi jangan lupa beritahu orang terdekat tentang rute perjalanan Anda. Dengan mengikuti tips-tips ini, mudik Anda akan menjadi lebih aman dan nyaman. Selamat mudik dan selamat sampai tujuan!

    Tips Aman Tidak Membawa Motor Saat Mudik

    Namun, jika Anda memiliki motor dan memutuskan untuk tidak membawanya saat mudik, berikut adalah beberapa tips aman untuk meninggalkan motor di rumah. Parkirlah motor Anda di tempat yang aman, seperti garasi atau area parkir yang terlindungi. Hindari memarkirkan motor di pinggir jalan yang rawan pencurian.

    Selain itu, jika meninggalkan motor pas mudik, beberapa langkah yang dapat dilakukan adalah mencopot aki agar tidak menimbulkan masalah pada bagian kelistrikan. Kosongkan tangki bensin karena bensin yang penuh dan tidak digunakan dapat menjadi basi dan menyebabkan masalah. Kunci setang agar tidak mudah dicuri, dan gunakan pengaman tambahan seperti standar tengah untuk mencegah ban tidak mudah kempes. Jangan lupa tetap waspada dan aman saat mudik. (as)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Sastra

    +
    close