• Jelajahi

    Copyright © Langgam Pos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Makna Pertumbuhan Cryptocurrency bagi Masa Depan DAOs

    Sabtu, 20 April 2024, Sabtu, April 20, 2024 WIB Last Updated 2024-04-20T12:28:27Z
    masukkan script iklan disini

    Baca Juga

    Makna Pertumbuhan Cryptocurrency bagi Masa Depan DAOs


    Langgampos.com - Dalam perkembangan terkini di dunia cryptocurrency, stabilitasnya yang sebagian besar berkat kejelasan regulasi bersama dengan peran tradisional keuangan (tradfi) yang semakin berkembang dan bernilai telah menjadi topik yang ramai diperbincangkan. Namun, dengan industri yang tengah dibanjiri oleh pembahasan seputar Bitcoin ETFs, peran institusi, aspirasi blockchain AI, dan aktivitas regulasi yang semakin tinggi namun masih belum jelas, DAOs pun terdorong keluar dari sorotan.

    Sebelum lonjakan harga yang sebelumnya, DAOs menjadi jalur populer bagi entitas berbasis blockchain untuk menghilangkan kepemimpinan terpusat dengan menjadi komunitas yang dimiliki anggotanya dan dikelola melalui sistem komputer terdesentralisasi menggunakan kontrak pintar.

    Sistem ini memberikan akses bagi proyek-proyek untuk penggalangan dana terdesentralisasi, memberikan hak suara dan pengambilan keputusan krusial kepada mereka yang berpartisipasi dalam pendanaan. Saat pasar cryptocurrency meningkat 12 kali lipat antara awal 2020 dan akhir 2021, minat investor tumbuh dalam ruang blockchain, dengan banyak VC lebih memilih untuk berinvestasi dalam token daripada ekuitas di startup web3.

    Forum Ekonomi Dunia bahkan menulis tentang potensi DAOs sebagai "struktur bisnis masa depan," menyebutnya sebagai "entitas alami web3." Sekarang, saat industri cryptocurrency tren naik baik dalam aktivitas ritel maupun institusi, dan industri tersebut sekali lagi dapat membanggakan inovasi—terutama dalam defi dan aset dunia nyata yang diberdayakan token—hanya masuk akal untuk bertanya-tanya apa peran DAOs ke depannya.

    Mengintip bola kristal DAO

    Sebagai entitas bisnis lengkap, DAOs menghadapi status hukum yang tidak jelas, namun hal tersebut tidak menghambat ekspansi mereka. DAOs tidak lagi terbatas pada protokol peminjaman dan pinjaman, bursa, pendanaan, dan permainan; mereka sekarang dapat berkembang untuk memfasilitasi pembangunan komunitas, menjalin kolaborasi, dan memicu inovasi.

    Sebagai contoh, Friends With Benefits adalah jenis DAO sosial yang fokus pada pembangunan komunitas dan hubungan serta memupuk kreativitas sambil memberikan anggotanya akses penuh ke acara-acara eksklusif dan pertemuan—baik secara langsung maupun online. Ini juga berfungsi sebagai jaringan profesional bagi pengembang, seniman, dan kreator konten kreatif untuk berkolaborasi dan mencari inspirasi.

    Rute DAO juga menjadi hal yang diinginkan untuk proyek memecoin dan NFT yang sudah memiliki pengikut yang besar dan setia. Contoh terbaru di sini adalah proyek memecoin yang terinspirasi dari Elon Musk, Dogelon Mars, yang baru-baru ini beralih menjadi DAO setelah mendapat sumbangan anonim sebesar $350.000. Setelah menerima dana tersebut, timnya meminta pendapat dari komunitas mereka untuk melihat apa yang harus dilakukan dengan sumbangan tersebut. Tidak mengherankan, komunitas secara besar-besaran memilih untuk membakar jumlah yang setara dengan sumbangan tersebut dalam token $ELON asli Dogelon Mars untuk meningkatkan kelangkaannya.

    Komunitas yang kuat dan vokal menjadikan proyek NFT, web3, dan permainan kandidat yang sempurna untuk struktur DAO. Meskipun masih memanfaatkan teknologi blockchain, beberapa DAO beroperasi dengan cara baru yang berinteraksi dengan dunia di luar web3.

    VitaDAO, misalnya, adalah kolektif yang dimiliki oleh komunitas yang mendanai dan mendukung penelitian tentang umur panjang untuk meningkatkan kualitas hidup orang. Anggota yang memegang token VITA dapat memilih proyek penelitian tertentu untuk didukung oleh DAO sambil berkontribusi pada keputusan tata kelola—dengan tujuan utama untuk membuat kemajuan dalam perang melawan penyakit terkait usia.

    Seiring dengan berkembangnya teknologi blockchain dalam kasus penggunaan, harapkan untuk melihat lebih banyak kasus penggunaan DAO saat organisasi mencari untuk memberikan kekuatan dan suara kepada komunitas mereka.

    Seperti halnya banyak aspek dan sektor dalam ekosistem crypto dan blockchain yang lebih luas, DAOs menawarkan keuntungan dan manfaat yang tidak dapat disangkal bersamaan dengan tantangan dan kompleksitas yang unik. Pada akhirnya, efektivitas mereka tergantung pada bagaimana mereka menavigasi dan mengelola hubungan komunitas dan ketidakpastian regulasi, serta bagaimana mereka melaksanakan visi mereka. (mn)
    Komentar

    Tampilkan

    Iklan

    Terkini

    close