• Jelajahi

    Copyright © Langgam Pos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Memperingati Tonggak Sejarah Cryptocurrency: Apa Itu Bitcoin Pizza Day?

    Sabtu, 13 April 2024, Sabtu, April 13, 2024 WIB Last Updated 2024-04-13T12:30:20Z
    masukkan script iklan disini

    Baca Juga

    Memperingati Tonggak Sejarah Cryptocurrency: Apa Itu Bitcoin Pizza Day?








    Langgampos.com - Setiap tahun, komunitas kripto merayakan Bitcoin Pizza Day, sebuah peristiwa penting dalam sejarah cryptocurrency. Namun, kapan sebenarnya Bitcoin Pizza Day, dan mengapa begitu penting bagi komunitas kripto?

    Hari tersebut jatuh pada tanggal 22 Mei, dan merupakan tanggal ketika pada tahun 2010, Laszlo Hanyecz, seorang programer dan penambang Bitcoin (BTC) awal, melakukan transaksi yang akan diingat sebagai penggunaan Bitcoin yang pertama untuk membeli barang fisik.

    Apa yang dibeli Hanyecz? Dua piza dengan harga 10.000 BTC. Namun, pentingnya transaksi ini melampaui sekadar piza. Ini mewakili awal dari sebuah gerakan global. Mari kita telaah lebih dekat sejarah hari ini dan dampaknya pada dunia kripto.

    Apa Itu Bitcoin Pizza Day?

    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pada tanggal 22 Mei 2010, penduduk Florida Laszlo Hanyecz setuju untuk menukarkan 10.000 Bitcoin untuk pengiriman dua piza Papa John's. Semuanya dimulai sebelumnya, pada tanggal 18 Mei, dengan Hanyecz menyatakan keinginannya di forum BitcoinTalk untuk beberapa piza besar yang akan memastikan dia memiliki sisa untuk hari berikutnya.

    Inti dari permintaan Hanyecz jelas — dia ingin kenyamanan mendapatkan makanan yang diantar dengan menukarkan Bitcoins tanpa repot memesannya atau menyiapkannya sendiri.

    Menurut cerita, baru beberapa hari kemudian seorang pengguna forum dari Inggris yang bernama Jeremy Sturdivant merespons tawaran Hanyecz dan membeli piza atas namanya, menyelesaikan transaksi sebesar 10.000 Bitcoins.

    Menariknya, saat Hanyecz melakukan kesepakatan Bitcoin untuk piza dengan Sturdivant, harga Bitcoin hanya sekitar $25. Dengan Bitcoin masih dalam tahap awal dan harganya hanya sebagian kecil dari apa yang akan terjadi, 10.000 BTC bernilai sekitar $41. Sekarang, pada tahun 2024, dengan Bitcoin diperdagangkan di atas $70.000, nilai piza telah melonjak menjadi lebih dari $700 juta, menyoroti perjalanan nilai Bitcoin yang luar biasa dari waktu ke waktu.

    Signifikansi Bitcoin Pizza Day

    Kisah Bitcoin untuk piza ini dirayakan sebagai revolusi teknologi dan penciptaan uang alternatif. Menurut pengamat industri, ini melambangkan lebih dari sekadar pembelian piza; ini mewakili awal dari era baru dalam keuangan.

    Peristiwa ini menunjukkan bahwa Bitcoin, yang pada awalnya dianggap hanya sebagai eksperimen, memiliki utilitas dunia nyata sebagai mata uang digital, memicu percakapan dan perdebatan, membangkitkan rasa ingin tahu, dan mendorong adopsi.

    Pada tahun 2010, setelah krisis keuangan global, tingkat inflasi yang tinggi membuat beberapa orang melihat Bitcoin sebagai pelarian potensial dari model dan kebijakan ekonomi yang ada. Pembelian Hanyecz menambahkan kejelasan dunia nyata pada koin tersebut.

    Dampak dari peristiwa ini melampaui hanya Bitcoin; ini bertindak sebagai pendorong bagi penciptaan cryptocurrency baru dan mendorong perkembangan dalam teknologi blockchain dan keuangan terdesentralisasi (DeFi).

    Analis percaya bahwa transaksi Hanyecz menyoroti nilai praktis Bitcoin dan kemampuannya untuk berfungsi sebagai media pertukaran untuk barang fisik. Ini juga menunjukkan potensi cryptocurrency untuk mengubah sistem keuangan tradisional dan memberdayakan orang untuk melakukan transaksi secara langsung, melewati perantara dan hambatan mata uang fiat.

    Selain itu, kisah Bitcoin pizza telah berkembang menjadi perayaan tahunan yang diadopsi oleh komunitas kripto global, memupuk rasa persatuan dan antusiasme bersama untuk masa depan cryptocurrency. Beberapa perusahaan kripto mengadakan acara-acara di seluruh dunia, menyatukan penggemar, pengembang, dan investor untuk menghormati momen bersejarah tersebut.

    Pada hari itu, orang-orang memperingati transaksi bersejarah dan mengingat kebutuhan terus-menerus akan inovasi dan perbaikan dalam teknologi, termasuk membuat kripto dan blockchain lebih mudah diakses, ramah pengguna, dan diadopsi dalam skala yang lebih luas.


    Sejarah Bitcoin Pizza Day

    Kita tahu bahwa Hanyecz mendapatkan koinnya melalui penambangan di laptopnya, sebuah praktik yang sepenuhnya memungkinkan pada saat itu karena sifat kompetitif yang kurang dari penambangan Bitcoin pada perangkat keras konsumen.

    Namun, lanskapnya telah berkembang secara signifikan sejak saat itu, dengan industri ini menjadi sangat kompetitif. Perusahaan penambangan besar sekarang menginvestasikan jutaan dolar dalam pengembangan perangkat keras khusus seperti ASICs (Application-Specific Integrated Circuits) untuk tetap kompetitif.

    Sebelum halving Bitcoin pertama pada tahun 2012, penambang yang sukses mendapatkan 50 BTC untuk setiap blok yang ditambang. Ini berarti bahwa penambang hanya perlu menambang 200 blok untuk mengumpulkan 10.000 BTC, sebuah tugas yang relatif mudah karena persaingan terbatas di sektor penambangan.

    Awalnya, 10.000 BTC bernilai $41, yang berarti harga per Bitcoin sekitar $0,004 ketika Hanyecz menukar koinnya untuk beberapa piza Papa John's. Lima tahun setelah perdagangan bersejarah tersebut, Sturvidant dilaporkan menjual Bitcoinsnya dengan harga sekitar $400.

    Hari ini, yang sekarang diakui secara luas, tidak begitu populer sebelum tahun 2014 karena kesadaran yang relatif rendah tentang Bitcoin. Namun, kisah Hanyecz mendapatkan popularitas pada tahun 2014, sebagian karena artikel New York Times dan popularisasi melalui blog dan tweet dari akun @Bitcoin X.

    Menariknya, dampak Laszlo Hanyecz pada perkembangan awal Bitcoin meluas jauh melampaui pembelian piza terkenalnya. Dia dikatakan telah memberikan kontribusi pada jaringan, menangani berbagai kerentanan selama tahap pembentukannya, dan meningkatkan keamanan dan stabilitas protokol tersebut.

    Selain upayanya dalam keamanan jaringan, Hanyecz juga merupakan pelopor dalam pengembangan perangkat lunak. Dia dilaporkan sebagai orang pertama yang merilis kode Bitcoin untuk Mac OS, langkah yang membantu memfasilitasi adopsi luas Bitcoin sebagai mata uang digital.

    Namun, pertanyaan menarik tetap muncul: apakah Laszlo Hanyecz masih memiliki Bitcoin? Sampai saat penulisan ini, programer komputer tersebut belum mengungkapkan apakah dia masih memiliki Bitcoin.

    Meskipun begitu, dalam wawancara CoinDesk empat tahun yang lalu, Hanyecz menyatakan bahwa dia bekerja sebagai pengembang di perusahaan pakaian GORUCK, dan karena sebagian karena ketenarannya online, perusahaan tersebut adalah salah satu yang menerima Bitcoin. Menurutnya, GORUCK telah memegang Bitcoin-nya, dan telah meraih keuntungan yang signifikan selama bertahun-tahun.

    Perlu dicatat pula bahwa BTC Pizza Day bukanlah "hari libur Bitcoin" pertama. Pada tahun 2011, komunitas kripto merayakan menghilangnya pencipta Bitcoin, Satoshi Nakamoto, yang mundur sebagai pemimpin proyek, dengan tanggal 28 April ditetapkan sebagai "Hari Menghilangnya Satoshi" untuk memperingati peristiwa tersebut.

    Warisan dan Refleksi

    Kisah piza Bitcoin tetap hidup melalui peringatan tahunan oleh penggemar kripto di seluruh dunia. Ini berfungsi sebagai pengingat akan awal yang sederhana dari Bitcoin dan perjalanannya untuk menjadi fenomena global. Para ahli industri sering merefleksikan pelajaran yang dipetik dari peristiwa ini, menyoroti pentingnya adopsi, kegunaan, dan keterlibatan komunitas dalam ruang kripto.

    Saat kita merenungkan BTC Pizza Day, kita diingatkan akan kekuatan transformatif dari cryptocurrency. Apa yang dimulai sebagai pembelian piza telah berkembang menjadi ekosistem yang berkembang pesat, mendorong inovasi, inklusi keuangan, dan solusi terdesentralisasi.

    Hari ini mencerminkan semangat inovasi dan eksperimen yang mendefinisikan dunia cryptocurrency. Ini mengingatkan kita bahwa setiap transaksi, tidak peduli seberapa kecil, dapat memiliki dampak yang mendalam pada masa depan. (mn)





    Sumber: crypto.news
    Komentar

    Tampilkan

    Iklan

    Terkini

    close