• Jelajahi

    Copyright © Langgam Pos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Iklan

    Pembahasan Tiga Raperda di DPRD Sumenep Diperpanjang, Alasannya: Ada Harmonisasi dengan Kearifan Lokal

    Rabu, 03 April 2024, 21:11 WIB Last Updated 2024-04-03T14:24:21Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    Baca Juga






    Langgampos.com - Sejak bulan Ramadhan dimulai, DPRD Sumenep juga menggelar rapat Pembahasan Tiga Rancangan Peraturan Daerah (Raperda): Raperda penyelenggaraan sistem pendidikan, pengelolaan penerangan jalan umum (PJU) dan jalan lingkungan, dan terakhir perlindungan dan pemberdayaan petani.

    Sebagaimana telah dilansir radar madura (3/4/2024), pembahasan tiga raperda tersebut hingga sekarang, pemabahasan di tingkat pansus, belumlah selesai.

    Atas dasar itu, badan pembentukan peraturan daerah (bapemperda) kemudian memperpanjang waktu pembahasan hingga Jumat yang akan datang (5/4/2024).

    ”Kemarin waktunya memang sangat mepet, makanya diperpanjang,” ujar Ketua Bapemperda DPRD Sumenep, Juhari, kepada pihak media.

    Alasan mendasar yang membuat tiga raperda tersebut tidak terselesaikan tepat waktu, menurut Juhari, adalah pembahasan tentang penyesuaian-penyesuaian dengan kearifan lokal (local wisdom).

    Selain itu juga, demi menghasilkan perda yang berkualitas, masing-masing pansus bertanggung jawab membahas secara terperinci, dari satu pasal ke pasal lainnya.

    ”Sehingga, produk hukum tersebut nantinya bisa berkesinambungan dari satu pasal ke pasal lainnya,” tandas Juhari.

    Sami'oeddin, Ketua Pansus I, mengakui kebenaran jika pembahasan raperda butuh waktu lagi untuk diselesaikan. Sebab, harus bertemu dengan masyarakat agar produk hukum yang dibuat sesuai harapan warga.

    ”Saya kan kebetulan tentang pertanian, jadi kami harus ketemu dulu dengan penyuluh, kelompok tani, dan lain sebagainya,” katanya.

    Komitmen Sami'oeddin yaitu tidak akan menyia-nyiakan waktu yang ada dan akan melakukan pembahasan dengan cepat, sehingga pembahasan raperda bisa tuntas sesuai harapan.

    ”Yang jelas, kami komitmen menuntaskan tanggung jawab ini. Tinggal beberapa kali pertemuan dengan beberapa pihak,” pungkasnya. (mn)
    Komentar

    Tampilkan

    Iklan

    Terkini

    close