• Jelajahi

    Copyright © Langgam Pos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Tak Hanya Mudik, Pemkab Sumenep Juga Layani Arus Balik Gratis, DPRD Sumenep: Keselamatan Warga Harus Diperhatikan

    Rabu, 17 April 2024, Rabu, April 17, 2024 WIB Last Updated 2024-04-18T07:50:12Z
    masukkan script iklan disini

    Baca Juga

    Tak Hanya Mudik, Pemkab Sumenep Juga Layani Arus Balik Gratis, DPRD Sumenep: Keselamatan Warga Harus Diperhatikan


    Langgampos.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep tidak hanya fokus pada penyelenggaraan mudik, namun juga memberikan layanan tiket gratis untuk arus balik. Terdapat empat lokasi tujuan arus balik yang disediakan, yaitu Pelabuhan Kalianget, Jangkar, Tanjung Wangi, dan Surabaya.

    Abdul Hamid Ali Munir, atau yang akrab dipanggil Ke Hamid, selaku Ketua DPRD Sumenep, memberikan apresiasi terhadap program tiket mudik dan tiket arus balik gratis yang dicanangkan oleh Pemkab Sumenep. Beliau menyatakan bahwa masyarakat pasti akan senang mendapat fasilitas gratis, terutama di momen Lebaran.

    Selain memberikan apresiasi, Ke Hamid juga menekankan pentingnya peran dinas teknis terkait untuk memastikan keselamatan penumpang selama pelayaran atau keberangkatan kapal, mengingat kondisi cuaca saat ini masih dalam musim hujan. "Tolong pastikan keselamatan masyarakat. Itu sangat penting. Kami berharap agar semua penumpang dapat pulang dan kembali dengan selamat," tegasnya.

    Muhammad Toyib, Kabid Lalu Lintas dan Penyeberangan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Disperkimhub) Sumenep, menjelaskan bahwa jumlah penumpang arus balik tidak dibatasi namun tetap mengikuti kapasitas kapal yang tersedia. "Program ini sudah berjalan sejak tanggal 15 April. Alhamdulillah, masyarakat sangat antusias," ungkapnya.

    Toyib juga menyampaikan bahwa program arus balik gratis ini akan berlangsung hingga Minggu (21/4). Oleh karena itu, masyarakat yang ingin memanfaatkan fasilitas ini diharapkan segera mendaftar di loket pelabuhan keberangkatan. "Pendaftaran langsung di loket, tidak ada biaya sama sekali. Bupati ingin memudahkan masyarakat," tambahnya.

    Dalam menjalankan program ini, Pemkab Sumenep juga telah bekerja sama dengan berbagai pihak terkait untuk memastikan kelancaran dan keselamatan seluruh penumpang. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, terutama dalam periode yang padat seperti musim mudik dan arus balik.

    Selain itu, keberadaan program tiket gratis untuk arus balik juga diharapkan dapat mengurangi beban ekonomi masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman namun terkendala oleh biaya transportasi. Dengan adanya fasilitas ini, diharapkan masyarakat dapat merayakan Hari Raya dengan lebih tenteram dan terkoneksi dengan keluarga tanpa harus merasa khawatir akan biaya yang mahal.

    Tidak hanya itu, pemerintah setempat juga terus mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Hal ini penting mengingat situasi pandemi yang masih berlangsung, sehingga perjalanan mudik dan arus balik dapat berjalan dengan aman tanpa meningkatkan risiko penularan virus.

    Dengan adanya program layanan arus balik selama musim mudik ini, diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Sumenep dan sekitarnya. Selain memberikan kemudahan akses transportasi, program ini juga menjadi wujud nyata dari perhatian pemerintah terhadap keselamatan dan kesejahteraan warganya, terutama dalam situasi yang penuh dengan tantangan seperti saat ini. (mn)
    Komentar

    Tampilkan

    Iklan

    Terkini

    close