• Jelajahi

    Copyright © Langgam Pos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Terjadi Penurunan Drastis Biaya Transaksi Bitcoin Pasca Halving, Berikut Ini Analisanya

    Senin, 22 April 2024, Senin, April 22, 2024 WIB Last Updated 2024-04-22T11:58:37Z
    masukkan script iklan disini

    Baca Juga

    Terjadi Penurunan Drastis Biaya Transaksi Bitcoin Pasca Halving, Berikut Ini Analisanya



    Langgampos.com - Biaya transaksi Bitcoin telah turun signifikan pasca-halving. Harga dasar untuk koleksi NFT Runes juga turun. Runes seharusnya menjadi alat yang mempertahankan pendapatan biaya pasca-halving.

    Bitcoin (BTC) memulai minggu ini stabil, berganti tangan di atas $65,800, karena biaya transaksi telah turun signifikan setelah halving.

    Data on-chain dari Mempool.space menunjukkan bahwa transaksi prioritas menengah sekarang memakan biaya $8.48 sementara transaksi prioritas tinggi memakan biaya $9.32.

    Pada awal setelah halving, biaya-biaya ini melonjak menjadi lebih dari $146 untuk transaksi prioritas menengah dan $170 untuk transaksi prioritas tinggi.

    Indeks harga hash, sebuah metrik yang dibuat oleh Luxor untuk mengkuantifikasi berapa banyak seorang penambang bisa mengharapkan untuk mendapatkan dari sejumlah tertentu hash rate, juga telah turun dari $182.98 per hash/day menjadi $81, sebuah level di bawah dari yang ada sebelum halving.

    Sementara penambang Bitcoin memperkirakan bahwa halving akan secara signifikan memangkas pendapatan, pengenalan protokol Runes oleh Casey Rodarmor - yang dirancang untuk membuat token yang dapat dipertukarkan di Bitcoin - yang diluncurkan pada saat halving, seharusnya menjadi penawar dari hal ini, mengingat tingkat aktivitas yang akan diciptakan di chain.

    Namun, pada hari-hari awal setelah acara tersebut, harga dasar untuk koleksi runestone telah turun hampir 50% dalam 24 jam terakhir dengan harga dasar hampir 0.037 BTC, menurut Magic Eden, sementara koleksi ordinal seperti Bitcoin Pullets dan NodeMonkes naik 11% dan 8% masing-masing menurut data CoinGecko.

    Perlu dicatat bahwa koleksi ordinal ini juga menghasilkan biaya transaksi yang considerable tetapi tidak tampaknya menjadi sumber pendapatan yang sama seperti yang banyak diharapkan dari Runes.

    Pasca-halving, biaya transaksi Bitcoin telah mengalami penurunan yang signifikan. Hal ini mengindikasikan adanya perubahan dalam dinamika pasar dan juga menunjukkan bagaimana faktor-faktor seperti peluncuran protokol baru dapat mempengaruhi ekosistem secara keseluruhan.

    Sebelum melihat lebih jauh tentang bagaimana protokol Runes berinteraksi dengan biaya transaksi Bitcoin pasca-halving, penting untuk memahami perubahan-perubahan yang terjadi setelah peristiwa halving tersebut.

    Halving Bitcoin adalah proses yang terjadi setiap empat tahun sekali di mana reward block Bitcoin dibagi dua, sehingga mengurangi pasokan Bitcoin baru yang masuk ke dalam sirkulasi. Hal ini dimaksudkan untuk mengontrol inflasi Bitcoin dan juga mempengaruhi ekonomi mining Bitcoin secara keseluruhan.

    Salah satu aspek utama dari halving adalah dampaknya terhadap pendapatan para penambang Bitcoin. Sebelum halving, para penambang biasanya mengharapkan reward block yang lebih besar. Namun, setelah halving terjadi, reward block secara drastis berkurang, memaksa penambang untuk mengandalkan biaya transaksi sebagai sumber pendapatan utama mereka.

    Dengan turunnya biaya transaksi Bitcoin pasca-halving, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi dinamika pasar dan juga keuntungan yang bisa didapat oleh para penambang.

    Pertama-tama, penurunan biaya transaksi dapat mengindikasikan adanya penurunan aktivitas jaringan. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti penurunan minat pengguna, volatilitas harga Bitcoin yang tinggi, atau perubahan kebijakan dari platform exchange besar.

    Selain itu, peluncuran protokol baru seperti Runes juga dapat memainkan peran penting dalam mengubah dinamika pasar. Runes, yang dikembangkan oleh Casey Rodarmor, adalah protokol yang dirancang untuk menciptakan token yang dapat dipertukarkan di atas blockchain Bitcoin. Dengan adanya protokol ini, diharapkan akan tercipta lebih banyak aktivitas on-chain, yang pada gilirannya diharapkan dapat membantu mempertahankan pendapatan para penambang pasca-halving.

    Namun, meskipun ada harapan bahwa protokol Runes akan menjadi solusi untuk mengatasi penurunan pendapatan pasca-halving, data menunjukkan bahwa harga dasar untuk koleksi Runes NFT juga mengalami penurunan. Ini menunjukkan bahwa meskipun ada perubahan dalam dinamika pasar, solusi yang diharapkan belum sepenuhnya terwujud.

    Selain itu, ada juga faktor-faktor lain yang perlu dipertimbangkan ketika membicarakan biaya transaksi Bitcoin pasca-halving. Salah satunya adalah kestabilan harga Bitcoin itu sendiri. Meskipun harga Bitcoin telah mengalami fluktuasi yang signifikan dalam beberapa bulan terakhir, tetapi kestabilan harga jangka panjang dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap biaya transaksi.

    Kestabilan harga dapat memberikan kepastian bagi para pengguna dan investor, sehingga mendorong lebih banyak aktivitas transaksi dan juga dapat mengurangi volatilitas biaya transaksi secara keseluruhan.

    Selain itu, regulasi juga dapat menjadi faktor yang memengaruhi biaya transaksi Bitcoin pasca-halving. Regulasi yang lebih ketat atau perubahan kebijakan dari pemerintah atau lembaga keuangan dapat mempengaruhi cara transaksi Bitcoin dilakukan, yang pada gilirannya dapat memengaruhi biaya transaksi.

    Sementara penurunan biaya transaksi Bitcoin pasca-halving menunjukkan adanya perubahan dalam dinamika pasar dan juga adanya upaya untuk mencari solusi yang dapat mempertahankan pendapatan para penambang, masih banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dalam analisis yang lebih mendalam tentang tren biaya transaksi Bitcoin di masa mendatang.

    Dalam jangka pendek, penurunan biaya transaksi Bitcoin pasca-halving dapat dianggap sebagai respons alami terhadap perubahan dalam ekonomi mining Bitcoin. Namun, dalam jangka panjang, akan menjadi penting untuk melihat bagaimana faktor-faktor seperti regulasi, inovasi teknologi, dan kestabilan harga akan berdampak pada biaya transaksi Bitcoin secara keseluruhan.

    Dengan demikian, analisis lebih lanjut dan pemantauan terus-menerus terhadap dinamika pasar akan menjadi kunci untuk memahami perubahan-perubahan yang terjadi dalam ekosistem Bitcoin pasca-halving. (mn)
    Komentar

    Tampilkan

    Iklan

    Terkini

    close