• Jelajahi

    Copyright © Langgam Pos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Apa Kepanjangan dari Singkatan 'AM' dan 'PM? Berikut Ini Arti dan Sejarahnya

    Sabtu, 11 Mei 2024, Sabtu, Mei 11, 2024 WIB Last Updated 2024-05-11T22:58:30Z
    masukkan script iklan disini

    Baca Juga

    Apa Kepanjangan dari Singkatan 'AM' dan 'PM? Berikut Ini Arti dan Sejarahnya


    Langgampos.com - Singkatan AM dan PM telah menjadi hal yang umum dalam penggunaan sehari-hari untuk menyatakan waktu, tetapi apakah arti sebenarnya dari frasa Latin di baliknya? Mari kita eksplorasi lebih dalam.

    AM dan PM sebenarnya berasal dari bahasa Latin. AM adalah singkatan dari "ante meridiem" yang berarti "sebelum tengah hari", sedangkan PM adalah singkatan dari "post meridiem" yang berarti "setelah tengah hari". Jadi, ketika seseorang menulis "12 m." atau "12:00 m.", secara teknis itu adalah cara yang tepat untuk menyatakan tengah hari.

    Praktik membagi hari menjadi dua bagian yang masing-masing berdurasi 12 jam berasal dari zaman kuno, terutama dari Mesir dan Mesopotamia. Meskipun tidak jelas secara pasti bagaimana hal ini menjadi kebiasaan global, namun sudah menjadi praktik yang sangat tua.

    Dalam penulisan formal seperti makalah akademis, artikel terbitan, atau surat, AM dan PM sebaiknya tetap menggunakan huruf kecil dan disertai titik. Namun, dalam penggunaan informal, Anda dapat menggunakan "am/pm" atau "AM/PM" selama konsistensinya tetap terjaga.

    Selain itu, jika Anda merasa bosan dengan istilah "am" dan "pm", ada bahasa gaul dari tahun 1910-an yang dapat digunakan. Operator telepon pada awal abad ke-20 menggunakan "pip emma" untuk menandakan PM dan "ack emma" untuk menandakan AM. Misalnya, jika seseorang mengatakan mereka berencana naik kereta pada jam tujuh pip emma, artinya jam 7 malam.

    Penting untuk diingat bahwa bahasa Latin tidak hanya terbatas pada AM dan PM. Bahasa ini masih memiliki pengaruh luas dalam terminologi hukum, diagnosa medis, dan bahkan dalam karya sastra seperti dalam mantra Harry Potter. Jadi, menggali lebih dalam tentang bahasa Latin dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang banyak istilah dan frasa yang sering kita gunakan tanpa menyadari asal-usulnya.

    Dengan demikian, AM dan PM bukan hanya sekadar singkatan untuk menyatakan waktu, tetapi juga mengandung warisan dan sejarah yang kaya dari budaya kuno.

    (kj)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    close