• Jelajahi

    Copyright © Langgam Pos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Iklan

    Apa Kepanjangan dari Singkatan 'Wi-Fi'? Berikut Ini Sejarahnya

    Sabtu, 11 Mei 2024, 21:33 WIB Last Updated 2024-05-11T14:33:04Z
    masukkan script iklan disini
    IKLAN

    Baca Juga

    Apa Kepanjangan dari Singkatan 'Wi-Fi'? Berikut Ini Sejarahnya








    Langgampos.com - Singkatan 'Wi-Fi' yang sering kita gunakan sehari-hari rupanya memiliki kisah yang lebih rumit dari yang kita bayangkan. Meskipun banyak yang mengira Wi-Fi berasal dari "kesetiaan nirkabel," namun hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Bagaimana sebenarnya asal usul dan arti dari 'Wi-Fi'?

    Secara umum, Wi-Fi merujuk pada jaringan nirkabel yang memungkinkan perangkat terhubung ke internet. Istilah ini pertama kali digunakan oleh Verizon untuk menjelaskan sinyal radio yang dikirim dari router nirkabel ke perangkat terdekat. Namun, apa yang sebenarnya di balik singkatan Wi-Fi?

    Pada tahun 1985, Federal Communications Commission (FCC) merilis sebagian spektrum radio untuk penggunaan publik, memicu kebutuhan akan standarisasi teknologi jaringan nirkabel. Hal ini mengarah pada penetapan standar oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) pada tahun 1997 dengan nama 802.11b Direct Sequence. Namun, nama tersebut sulit diucapkan dan membingungkan.

    Untuk mengatasi masalah ini, Wireless Ethernet Compatibility Alliance (WECA) didirikan untuk mengimplementasikan teknologi baru ini. Namun, nama standar 802.11b Direct Sequence dianggap sulit dipahami oleh publik. Akibatnya, WECA meminta bantuan dari Interbrand untuk menciptakan nama yang lebih mudah diingat.

    Interbrand kemudian menciptakan istilah "Wi-Fi" dan logo yang ikonik. Meskipun banyak yang mengaitkan "Wi" dari Wi-Fi dengan "nirkabel," namun menurut Oxford English Dictionary, klaim bahwa Wi-Fi adalah singkatan dari wireless fidelity adalah palsu.

    Phil Belanger, salah satu pendiri WECA yang kemudian menjadi Wi-Fi Alliance, mengungkapkan bahwa tagline "Standar untuk Wireless Fidelity" diciptakan oleh WECA untuk menjelaskan arti Wi-Fi. Namun, hal ini justru membingungkan dan melemahkan merek tersebut.

    Menurut Belanger, seharusnya kita memahami bahwa Wi-Fi adalah sebuah nama merek yang tidak memiliki arti atau akronim. Mengharapkan orang untuk memahami arti yang dibuat-buat hanya dengan tagline adalah suatu kesalahan. Jadi, sebaiknya kita semua menerima bahwa Wi-Fi adalah apa adanya, tanpa perlu memperdebatkan arti di balik singkatan yang rumit ini.


    (kj)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Sastra

    +
    close