• Jelajahi

    Copyright © Langgam Pos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Iklan

    Bitcoin dan Ethereum Anjlok ke $57,000 dan $3,000 Menjelang Pertemuan Fed

    Rabu, 01 Mei 2024, 21:31 WIB Last Updated 2024-05-01T14:31:51Z
    masukkan script iklan disini
    IKLAN

    Baca Juga

    Bitcoin dan Ethereum Anjlok ke $57,000 dan $3,000 Menjelang Pertemuan Fed



    Langgampos.com - Bitcoin dan Ethereum—serta seluruh pasar kripto—terendam dalam warna merah karena investor mengharapkan lebih banyak berita buruk dari pertemuan FOMC hari ini.

    Dalam beberapa jam menjelang pertemuan Federal Reserve berikutnya, pesimisme investor telah memukul Bitcoin dan Ethereum dengan keras.

    Saat artikel ini ditulis, BTC turun 7,6% dan ETH turun 6% dalam 24 jam terakhir. Harga Bitcoin berada di sekitar $57,000, sementara harga Ethereum tertahan di bawah $2,900, menurut data dari CoinGecko.

    Volatilitas ini sangat buruk bagi para pedagang derivatif. Dalam 24 jam terakhir, posisi futures kripto senilai $457 juta telah dilikuidasi, menurut CoinGlass. Dan tidak mengherankan, $392 juta dari itu adalah kontrak long.

    Para pedagang yang membuka kontrak futures pada dasarnya sedang memasang taruhan pada aksi harga di masa depan. Menjadi long pada suatu aset berarti bertaruh bahwa harga akan naik. Dan menjadi short berarti bertaruh bahwa harga akan turun.

    Dan bukan hanya saham biru seperti Bitcoin dan Ethereum yang terdampak. Harga yang melorot telah tersebar luas di seluruh pasar. Faktanya, dari seluruh 100 besar kripto berdasarkan kapitalisasi pasar di CoinGecko, hanya sedikit aset yang lolos dari lautan merah, kecuali stablecoin yang berhasil mempertahankan peg-nya, seperti Tether (USDT) dan USDC milik Circle.

    Komite Pasar Terbuka Federal AS akan menerbitkan keputusan suku bunga pada pukul 2 sore waktu Timur hari ini, dengan Ketua Fed Jerome Powell dijadwalkan akan berbicara pada konferensi pers pukul 2:30 sore. Kembali pada Februari, investor nampak yakin bahwa Mei akan menjadi bulan di mana FOMC akhirnya akan memangkas suku bunga—yang biasanya menjadi tanda bullish untuk aset-aset risiko seperti Bitcoin.

    Hal itu karena penurunan suku bunga biasanya membujuk para pedagang keluar dari Obligasi Pemerintah AS untuk mengejar keuntungan di aset-aset yang lebih berisiko, seperti saham dan aset kripto.

    Suku bunga kunci Fed saat ini berada pada kisaran 5,25% hingga 5,5% dan telah tidak berubah sejak Juli 2023 karena bank sentral bertujuan untuk mengendalikan inflasi. Para pembuat kebijakan telah memperhatikan inflasi yang saat ini berada pada 3,5%, dengan harapan dapat mendekatkannya ke 2% sebelum mempertimbangkan pengurangan suku bunga. Namun, harapan tersebut semakin menjauh, karena bulan lalu inflasi meningkat menjadi tertinggi sejak September.

    Para pedagang sempat sedikit berharap pada Maret, ketika Bank Sentral Swiss mengumumkan bahwa mereka akan memangkas suku bunga. "Selama beberapa bulan terakhir, inflasi kembali di bawah 2% dan oleh karena itu berada dalam kisaran yang SNB sama dengan stabilitas harga," tulis bank sentral dalam keputusannya saat itu. Namun, tampaknya sentimen di Swiss tidak menyebar ke bank sentral besar lainnya.

    Hanya satu bulan yang lalu, para pedagang nampak yakin bahwa Fed mungkin akan menurunkan suku bunga pada Juni, menurut alat CME Fed Watch. Namun, sentimen telah memburuk. Para pedagang tidak mengharapkan Fed akan menurunkan suku bunga sampai Desember—dan bahkan pada saat itu, hanya mayoritas 75% yang sepertinya merasa begitu. 

    (as)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Sastra

    +
    close