• Jelajahi

    Copyright © Langgam Pos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Iklan

    Keistimewaan Langka: Buku Ilustrasi 'Bird Man' Darwin Dijual Seharga £2 Juta

    Sabtu, 04 Mei 2024, 21:48 WIB Last Updated 2024-05-04T14:55:31Z
    masukkan script iklan disini
    IKLAN

    Baca Juga

    Keistimewaan Langka: Buku Ilustrasi 'Bird Man' Darwin Dijual Seharga £2 Juta



    Langgampos.com - John Gould, seorang penata pajangan yang sangat dicari di London abad ke-19, diangkat oleh Raja George IV untuk menata ulang jerapah pertama yang tiba di Inggris. Namun, warisan terbesar Gould adalah burung-burung. Dia melakukan perjalanan ke seluruh dunia untuk mendokumentasikan dan mengkatalog sebanyak mungkin spesies burung yang ditemuinya, banyak di antaranya belum pernah dilihat sebelumnya, sehingga dia mendapatkan julukan Bird Man dan diangkat sebagai "pengisi burung" resmi bagi Zoological Society.

    Gould mengontrak sejumlah lukisan indah berdasarkan catatan dan sketsa burung-burung yang ditemukannya – termasuk spesimen yang dibawa kembali ke Inggris pada tahun 1836 oleh Charles Darwin, setelah ekspedisinya di HMS Beagle.

    Minggu depan, satu set folio yang sangat langka berisi semua ilustrasi akan dipresentasikan di sebuah pameran buku langka di London dengan harga £2 juta. Pom Harrington, pemilik toko buku Peter Harrington dan ketua Firsts, pameran buku langka yang akan berlangsung di Saatchi Gallery London dari 16 hingga 19 Mei, mengatakan bahwa hampir tidak pernah terdengar bahwa satu set penuh folio ditemukan dalam satu koleksi.

    "Ilustrasi burung-burung yang sering direproduksi oleh Gould termasuk yang terbaik yang pernah dilakukan," katanya. "Karena mereka diterbitkan selama enam dekade di abad ke-19, folio-folio tersebut jarang ditemukan bersama-sama, dan sebagai hasilnya, jarang ada yang dijual sebagai satu set."

    Set buku yang terikat seragam ini juga berisi volume tentang mamalia Australia, tempat Gould melakukan perjalanan pada tahun 1838 sebelum meninggal pada tahun 1881 dalam usia 76 tahun.

    Harrington menambahkan: "Kelangkaan koleksi-koleksi lengkap seperti ini, terutama yang terikat dengan megah dan seragam oleh para pematung terkenal London seperti Zaehnsdorf, mendorong nilai pasar yang signifikan dari set istimewa ini."

    Gould lahir di Lyme Regis, Dorset, pada tahun 1804. Seorang putra tukang kebun, dia mendirikan bisnis penata pajangan di London ketika berusia 20-an. Diyakini bahwa dia terinspirasi untuk membuat katalog ilustrasinya tentang burung-burung setelah koleksi burung, banyak di antaranya merupakan spesies yang belum pernah ditemukan sebelumnya, tiba dari Himalaya di museum Zoological Society. Pada waktu yang sama, penyair dan seniman Edward Lear menerbitkan sebuah buku ilustrasi tentang burung beo yang sangat populer pada tahun 1830-an.

    Gould mempekerjakan sejumlah seniman untuk bekerja dari catatan dan sketsanya, mulai dari istrinya, Elizabeth Gould, kemudian Lear, dan lain-lain termasuk Henry Constantine Richter, William Matthew Hart, dan Joseph Wolf.

    "Meskipun Gould tidak pernah mengklaim bahwa dia adalah seniman untuk lembaran-lembaran ini, dia secara berulang kali menulis tentang 'sketsa kasar' yang dia buat dari mana, dengan referensi kepada spesimen-spesimen, seniman-senimannya melukis gambar-gambar selesai," kata Harrington. "Desain dan penataan alami burung-burung di lembaran tersebut adalah hasil dari kejeniusan John Gould sendiri."

    Karya Gould tentang burung-burung berdampak pada teori-teori evolusi Darwin. Biografer Gould, Gordon Sauer, menulis dalam Oxford Dictionary of National Biography bahwa Gould telah memberikan kontribusi pada volume "burung" Zoology of the Voyage of HMS Beagle milik Darwin. "Pada Januari 1837, Gould menyatakan bahwa sekelompok 12 burung dari Kepulauan Galapagos, yang Darwin kira sebagai 'burung hitam, burung kecil, burung penyanyi, dan burung gereja', sebenarnya merupakan satu keluarga finch, dengan variasi pada paruh dan ukurannya," tulisnya.

    "Ini adalah bukti penting yang memungkinkan Darwin untuk sampai pada teorinya tentang spesiasi pulau."

    Set buku lengkap yang langka ini diyakini telah disusun oleh seorang kolektor atau penjual buku pada akhir 1880-an atau 1890-an, setelah kematian Gould, dan dijual, kata Harrington, sebagai "jenis set piala".

    Dia menambahkan: "Sayangnya, set ini tidak memiliki tanda kepemilikan, baik plat buku maupun tulisan-tulisan. Ketika terakhir muncul dalam lelang di Christie's pada tahun 1997, set ini digambarkan sebagai 'mungkin dibeli oleh klien Inggris pada tahun 1880-an, dari Gould dan Sharpe, dan diikat seragam di bawah petunjuk mereka'. Ini mungkin agak jauh, mengingat Gould meninggal pada tahun 1881, tetapi mungkin tidak terlalu jauh dari kenyataan. 'Sharpe' adalah ahli ornitologi Richard Bowdler Sharpe, yang bekerja sama dengan Gould di tahun-tahun terakhirnya."

    Volume tersebut terjual seharga £507.500 pada saat itu tetapi catatan lelang tahun 1997 menggambarkan set itu hanya sebagai "milik seorang kolektor Eropa".

    Dengan sedikit penyelidikan oleh Peter Harrington, penelitian penjualan buku pada tahun 1890-an menunjukkan harga lelang dan pembeli untuk beberapa folio Gould, yang mungkin merupakan yang sama dengan yang membentuk set ini.

    Harrington mengatakan: "Kita mungkin bisa berspekulasi bahwa set itu ditawarkan secara keseluruhan kepada klien yang kaya, meskipun kita tidak akan pernah tahu. Sebagai pendapat pribadi, kesegaran dan kondisi yang sangat baik dari set ini menunjukkan bahwa set tersebut tidak memiliki banyak pemilik. Jelas bahwa set tersebut telah dijaga dengan baik di suatu perpustakaan dan tidak sering dipindahkan."

    (as)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Sastra

    +
    close