• Jelajahi

    Copyright © Langgam Pos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Iklan

    Mendorong Kualitas Pendidikan Menuju Masa Depan Berkualitas di Kota Keris Sumenep

    Jumat, 03 Mei 2024, 13:50 WIB Last Updated 2024-05-03T06:50:27Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    Baca Juga

    Mendorong Kualitas Pendidikan Menuju Masa Depan Berkualitas di Kota Keris Sumenep


    Langgampos.com - Dalam momen Hardiknas 2024, Komisi IV DPRD Sumenep menyoroti pentingnya peningkatan kualitas pendidikan di wilayah tersebut. Pendidikan menjadi pondasi utama bagi perkembangan pribadi dan sosial seseorang. Oleh karena itu, langkah-langkah strategis perlu diterapkan guna memastikan bahwa proses pendidikan di Sumenep berjalan dengan baik.

    Ketua Komisi IV DPRD Sumenep, Akis Jazuli, menekankan bahwa peningkatan kualitas pendidikan adalah prioritas utama. Hal ini tidak hanya berdampak pada perkembangan individu, tetapi juga pada pertumbuhan sumber daya manusia (SDM) secara keseluruhan. Berbagai aspek harus diperhatikan, mulai dari tenaga pendidik hingga infrastruktur pendidikan.

    Mutu pendidikan tidak hanya terfokus pada hasil akhir, tetapi juga pada proses dan output yang dihasilkan. Pemerintah Kabupaten Sumenep perlu serius dalam menata dan mengelola sistem pendidikan untuk memastikan bahwa standar mutu terpenuhi. Ini termasuk dalam hal peningkatan sarana dan prasarana, peningkatan kualitas KBM (Kegiatan Belajar Mengajar), dan pengembangan SDM yang berkualitas.

    Salah satu fokus utama adalah peningkatan kualitas tenaga pendidik. Mereka harus dilengkapi dengan pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk memberikan pembelajaran yang efektif. Selain itu, aspek sosial dan moral juga harus ditekankan, sehingga generasi yang dihasilkan memiliki kepekaan sosial dan tanggung jawab moral yang tinggi.

    Dalam mengelola mutu pendidikan, diperlukan manajemen yang baik dari semua pihak terkait. Mulai dari pemerintah daerah, dinas pendidikan, hingga sekolah dan lembaga pendidikan lainnya. Kolaborasi yang sinergis dibutuhkan untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif dan efektif.

    Penyediaan infrastruktur yang memadai juga menjadi kunci dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan memperhatikan sarana dan prasarana yang memadai, proses pembelajaran dapat berjalan lancar dan efisien. Hal ini termasuk dalam hal pengadaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang mendukung pembelajaran modern.

    Pola kegiatan belajar mengajar (KBM) juga perlu disesuaikan dengan perkembangan zaman. Pendekatan pembelajaran yang inovatif dan menarik dapat meningkatkan minat belajar siswa serta memaksimalkan potensi mereka. Dengan demikian, tujuan pendidikan untuk mencetak generasi yang cerdas, kreatif, dan berdaya saing tinggi dapat tercapai.

    Pentingnya peran semua pihak dalam meningkatkan kualitas pendidikan tidak bisa dipandang sebelah mata. Keterlibatan aktif dari orang tua, masyarakat, dan stakeholder lainnya sangat diperlukan. Sinergi antara pemerintah, lembaga pendidikan, dan komunitas dapat menciptakan lingkungan belajar yang inspiratif dan progresif.

    Dengan langkah-langkah strategis dan komitmen yang kuat dari semua pihak terkait, Sumenep dapat menjadi contoh keberhasilan dalam peningkatan kualitas pendidikan. Generasi muda yang terdidik dengan baik akan menjadi motor penggerak kemajuan di masa depan. Momen Hardiknas 2024 menjadi momentum penting untuk mendorong perubahan positif dalam dunia pendidikan di Kota Keris.


    (red)
    Komentar

    Tampilkan

    Iklan

    Terkini

    close