• Jelajahi

    Copyright © Langgam Pos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Mengapa Beberapa Orang Bersin dengan Sangat Keras?

    Selasa, 14 Mei 2024, Selasa, Mei 14, 2024 WIB Last Updated 2024-05-14T13:50:27Z
    masukkan script iklan disini

    Baca Juga

    Mengapa Beberapa Orang Bersin dengan Sangat Keras?


    Langgampos.com - Setiap orang pasti memiliki teman atau anggota keluarga yang bersin dengan suara begitu keras hingga terdengar menyakitkan. Suara yang begitu mengagetkan ini sering membuat kita bertanya-tanya: Apakah bersin yang menggelegar itu hanya untuk pamer saja? Mari kita telusuri alasan di balik bersin yang sangat keras ini, baik dari segi psikologis maupun anatomi.

    Menurut ahli saraf Alan Hirsch yang diwawancarai oleh NBC News, “Ada yang tertawa keras, ada yang tertawa pelan. Begitu juga dengan bersin. Suara bersin seseorang biasanya konsisten dari masa kanak-kanak hingga dewasa.” Ini berarti bahwa bersin kita sebagian dipengaruhi oleh kepribadian dan karakteristik individu, baik kita menyadarinya maupun tidak.

    Faktor lain yang mendukung mengapa pria lebih sering dikenal sebagai penghasil suara bersin yang keras adalah karena mereka tidak memiliki tekanan sosial untuk bersikap tenang. Menurut Live Science, lebih dari 45 persen pria mengakui bahwa mereka adalah “penghasil bersin besar,” sementara 32 persen wanita mengklaim mereka sengaja menahan bersin jika memungkinkan.

    Namun, faktor bawah sadar kita bukan satu-satunya yang menentukan volume bersin; anatomi kita juga berperan. Ukuran dan kapasitas paru-paru kita dapat mempengaruhi seberapa keras bersin kita. “Semakin lama Anda menahan napas, semakin dramatis Anda membuatnya,” kata Richard Harvey, seorang ahli rhinologi di Rumah Sakit St. Vincent dan Macquarie University, kepada ABC News Australia. Cara kita bersin juga berpengaruh: “Jika Anda bersin melalui mulut, suara akan lebih keras, tetapi jika bersin melalui hidung, akan lebih basah dan berantakan,” kata Harvey.

    Apakah Menahan Bersin Bisa Membuatnya Lebih Pelan?

    Jika Anda pernah harus bersin di tempat ramai, Anda mungkin pernah mempertimbangkan untuk menahannya. Namun, Anda sebaiknya tidak pernah mencoba menahan bersin Anda.

    Intensitas tekanan yang dibangun dari bersin sangat besar—sehingga menahannya dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah, pecahnya gendang telinga, atau bahkan aneurisma. Pada akhirnya, lebih aman untuk mengambil risiko suara yang keras daripada menyebabkan kerusakan pada diri sendiri. Bagaimanapun juga, lebih baik dikeluarkan daripada ditahan.

    Kembali pada pertanyaan mengapa beberapa orang bersin dengan sangat keras, selain faktor psikologis dan anatomi, kebiasaan dan cara kita bersin juga mempengaruhi. Banyak orang tidak menyadari bahwa bersin sebenarnya adalah refleks yang melibatkan banyak otot tubuh. Ketika kita bersin, udara dipaksa keluar dengan kecepatan tinggi melalui mulut dan hidung. Kecepatan dan volume udara ini dapat bervariasi tergantung pada kekuatan kontraksi otot dan jalur yang digunakan oleh udara tersebut.

    Selain itu, kebersihan pribadi juga berperan. Orang yang sering mengalami iritasi hidung karena debu, serbuk sari, atau alergen lainnya cenderung bersin lebih sering dan keras sebagai cara tubuh membersihkan saluran pernapasan.

    Dalam konteks sosial, bersin yang keras bisa juga menjadi cara individu mengekspresikan diri atau mendapatkan perhatian, meskipun ini mungkin bukan niat yang disadari. Dalam beberapa budaya, bersin keras dianggap normal, sementara dalam budaya lain, dianggap tidak sopan.

    Kesimpulan

    Bersin adalah refleks alami yang dipengaruhi oleh berbagai faktor termasuk kepribadian, anatomi, dan kebiasaan. Meskipun beberapa orang mungkin bersin dengan sangat keras, penting untuk tidak menahan bersin karena dapat menyebabkan risiko kesehatan yang serius. Lebih baik membiarkan bersin keluar dengan alami, meskipun suaranya keras, demi menjaga kesehatan kita. Jadi, lain kali Anda mendengar seseorang bersin dengan keras, Anda akan tahu bahwa itu adalah kombinasi unik dari banyak faktor yang bekerja secara bersamaan.

    (nh)
    Komentar

    Tampilkan

    Iklan

    Terkini

    close