Iklan

Minggu, 26 Mei 2024, 21.05 WIB
Last Updated 2024-05-26T14:05:28Z
antioksidanFoodminuman

Minuman Kaya Antioksidan yang Direkomendasikan Ahli Diet

Baca Juga
Advertisement
Minuman Kaya Antioksidan yang Direkomendasikan Ahli Diet



Langgampos.com - Ketika Anda berjalan di lorong minuman, Anda mungkin dikelilingi oleh berbagai macam pilihan, mulai dari air dengan rasa makanan penutup, soda kaya serat, hingga jus bersoda yang kaya vitamin. Beragamnya pilihan ini bisa jadi membingungkan. Namun, di tengah keragaman yang terus berkembang ini, terdapat minuman tradisional yang telah ada selama berabad-abad dan kaya akan antioksidan. Artikel ini akan menjelaskan apa itu antioksidan dan menyajikan enam minuman terbaik yang kaya antioksidan menurut ahli diet.

Apa Itu Antioksidan?

Antioksidan adalah senyawa yang berfungsi melindungi tubuh dari radikal bebas, molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel tubuh dan berkontribusi pada berbagai penyakit. Radikal bebas bisa diproduksi oleh tubuh kita atau berasal dari lingkungan, seperti asap dan polusi. Ketika kadar radikal bebas meningkat terlalu tinggi, mereka dapat menyebabkan kerusakan sel yang serius. Kabar baiknya adalah, antioksidan dapat ditemukan dalam beberapa makanan dan minuman tersehat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan bahkan beberapa minuman favorit kita. Dengan memasukkan makanan dan minuman ini ke dalam pola makan kita, kita dapat menjaga kesehatan tubuh kita.

6 Minuman Kaya Antioksidan Terbaik

1. Teh Hijau

Teh hijau adalah salah satu minuman paling populer di dunia yang telah diminum selama berabad-abad. Erin Davis, seorang ahli diet terdaftar, mengatakan, "Dalam hal minuman antioksidan, teh hijau adalah pilihan utama saya." Senyawa tanaman dalam teh hijau, terutama katekin, telah terbukti dapat menurunkan gula darah, melindungi sistem saraf, dan memiliki sifat anti kanker. Menambahkan sedikit lemon ke dalam teh hijau dapat meningkatkan penyerapan antioksidan oleh tubuh. Menurut sebuah penelitian, satu porsi teh hijau 100 gram mengandung 1,5 mmol kandungan antioksidan.

2. Jus Delima

Jus delima, yang berasal dari Iran dan India, adalah favorit ahli diet Marie Spano. Jus delima 100% dibuat dengan memeras seluruh buah sehingga mengandung polifenol dari kulit, empulur, dan arilnya, memberikan manfaat antioksidan yang optimal. Penelitian menunjukkan bahwa jus delima memiliki potensi antioksidan lebih besar dibandingkan anggur merah, jus anggur Concord, atau teh hijau. Satu porsi jus delima 100 gram mengandung 2,1 mmol antioksidan dan bisa dinikmati dalam berbagai cara, seperti ditambahkan ke smoothie atau sebagai mocktail.

3. Jus Anggur

Jika Anda mencari minuman kaya antioksidan namun tidak menyukai anggur merah, jus anggur bisa menjadi alternatif. Jus anggur mengandung banyak polifenol yang bertindak sebagai antioksidan kuat dan membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Satu porsi jus anggur 100 gram mengandung 1,2 mmol antioksidan. Nikmati jus anggur dingin atau coba campuran seperti Grape-Nanas Mint Fizz untuk variasi.

4. Cokelat Panas

Kakao adalah sumber antioksidan yang baik, terutama bila persentase kakaonya tinggi. Marie Spano menjelaskan bahwa minuman cokelat panas yang dibuat dengan cokelat tinggi kakao dapat meningkatkan aliran darah, kinerja kognitif, dan menurunkan tekanan darah berkat flavanol kakao. Untuk mendapatkan flavanol maksimal, pilihlah bubuk kakao non-alkalasi. Satu porsi kakao 100 gram dengan susu mengandung 0,37 mmol antioksidan. Nikmati secangkir cokelat panas sehat atau minuman es cokelat yang menyegarkan.

5. Kopi

Kopi adalah salah satu sumber antioksidan terbesar dalam pola makan banyak orang. Erin Davis menyatakan, "Kopi adalah sumber asam klorogenat yang baik, yang memiliki efek anti-diabetes, anti-kanker, anti-inflamasi, dan anti-obesitas." Satu porsi espresso 100 gram mengandung 14,2 mmol antioksidan, sedangkan kopi saring 100 gram mengandung 2,5 mmol. Baik Anda menyukai kopi hitam, panas, atau es, Anda bisa mendapatkan manfaat antioksidan dari biji kopi.

6. Jus Jeruk

Jus jeruk selalu menjadi minuman favorit di meja sarapan dan menyediakan sumber vitamin C, karotenoid, dan flavonoid yang kaya antioksidan. Marie Spano menekankan bahwa jus jeruk 100% mengandung hesperidin, antioksidan kuat dengan sifat anti-inflamasi dan anti-karsinogenik. Satu porsi jus jeruk 100 gram mengandung 0,64 mmol antioksidan. Minumlah segelas jus jeruk atau gunakan dalam resep minuman seperti Green Smoothie atau Whipped Frozen Creamsicle.

Kesimpulan

Minuman seperti teh hijau, jus delima, jus anggur, cokelat panas, kopi, dan jus jeruk adalah sumber antioksidan yang kaya dan dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam pola makan sehari-hari. Hindari minuman botolan atau kalengan yang mahal dan tidak selalu sehat, dan nikmati manfaat dari minuman sederhana dan bernutrisi ini. Dengan mengonsumsi berbagai minuman ini serta makanan bergizi sepanjang minggu, Anda dapat memenuhi kebutuhan antioksidan Anda dengan cara yang lezat dan sehat.

(kj)




Source: 1
close