Iklan

Selasa, 11 Juni 2024, 10.59 WIB
Last Updated 2024-06-11T03:59:12Z
Foodkolagen

4 Cara Terbaik Mengonsumsi Kolagen Menurut Ahli Gizi

Baca Juga
Advertisement
4 Cara Terbaik Mengonsumsi Kolagen Menurut Ahli Gizi


Langgampos.com - Kolagen telah menjadi salah satu suplemen yang populer belakangan ini, baik di kalangan selebriti maupun pengguna media sosial. Banyak yang percaya bahwa kolagen dapat membantu memperpanjang rambut, mengurangi nyeri sendi, dan memperlambat munculnya kerutan. Jika Anda tertarik untuk mencoba suplemen kolagen, berikut adalah empat cara terbaik untuk mengonsumsinya menurut para ahli gizi.

Apa Itu Kolagen?

Kolagen adalah protein yang sangat kuat dan fleksibel, yang berfungsi sebagai kerangka pendukung untuk jaringan ikat dalam tubuh seperti tendon, tulang rawan, dan tulang. Tubuh kita secara alami memproduksi kolagen, tetapi seiring bertambahnya usia, produksi kolagen ini menurun. Hal ini berdampak pada elastisitas kulit dan kekuatan jaringan ikat, membuat kulit lebih sulit mempertahankan kelembapan. Suplemen kolagen biasanya berasal dari sapi, babi, atau makhluk laut.

Untuk memenuhi kebutuhan kolagen tanpa harus mengonsumsi jaringan hewan mentah, berikut adalah empat bentuk suplemen kolagen yang populer: bubuk, kapsul, cairan, dan makanan. Mari kita bahas lebih lanjut masing-masing bentuk ini, termasuk kelebihan dan kekurangannya.

1. Bubuk Kolagen

Bubuk kolagen, atau peptida kolagen, adalah bentuk suplemen kolagen yang paling populer. Bubuk ini merupakan kolagen yang telah dihidrolisis, yaitu proses pemecahan kolagen menjadi bentuk yang lebih mudah dicerna.

Cara Mengonsumsi Bubuk Kolagen

Anda dapat mencampurkan bubuk kolagen ke dalam jus, smoothie, atau air biasa. Beberapa orang juga mencampurkannya ke dalam kopi atau teh. Namun, ada perdebatan mengenai apakah mencampurkan kolagen dengan minuman panas dapat mengurangi efektivitasnya. Sebuah penelitian pada tahun 2014 menunjukkan bahwa suhu tinggi bisa mengurangi kualitas kolagen, namun penelitian ini masih memerlukan konfirmasi lebih lanjut.

Kelebihan dan Kekurangan

Bubuk kolagen sangat serbaguna dan bisa ditambahkan ke berbagai minuman dan makanan, seperti sereal, yogurt, atau es krim. Namun, bubuk ini bisa mengubah tekstur atau rasa dari makanan dan minuman tersebut, dan beberapa jenis bubuk mungkin menggumpal jika tidak diaduk dengan benar.

Kelebihan:

- Serbaguna

- Dapat membantu hidrasi

- Kemasan ramah lingkungan (tergantung merek)

Kekurangan:

- Bisa menggumpal

- Perubahan tekstur makanan/minuman

- Memerlukan persiapan


2. Kapsul Kolagen

Bagi mereka yang menginginkan kemudahan, kapsul kolagen adalah pilihan yang bagus. Kapsul ini mengandung bubuk kolagen yang telah dikemas dalam bentuk yang mudah ditelan.

Cara Mengonsumsi Kapsul Kolagen

Anda hanya perlu menelan kapsul ini dengan sedikit air, menjadikannya pilihan yang praktis terutama saat bepergian atau di tengah kesibukan.

Kelebihan dan Kekurangan

Kapsul sangat praktis dan tidak memiliki rasa, namun Anda mungkin perlu mengonsumsi beberapa kapsul sekaligus untuk mendapatkan dosis yang tepat, yang bisa menjadi kurang nyaman.

Kelebihan:

- Praktis

- Tidak berasa

Kekurangan:

- Memerlukan beberapa kapsul untuk dosis penuh

- Bisa mahal

- Penyerapan mungkin kurang efektif dibanding bentuk lainnya

3. Cairan Kolagen

Kolagen cair tersedia dalam beberapa bentuk, seperti konsentrat yang perlu dicampur dengan air atau versi siap minum.

Cara Mengonsumsi Cairan Kolagen

Kolagen cair dapat diminum langsung atau dicampur dengan air. Ini adalah pilihan yang baik bagi mereka yang kesulitan menelan pil.

Kelebihan dan Kekurangan

Kolagen cair sering kali mengandung bahan tambahan seperti vitamin dan pemanis, yang bisa menjadi keuntungan atau kerugian tergantung sensitivitas individu.

Kelebihan:

- Mudah ditelan

- Bisa membantu hidrasi

Kekurangan:

- Mengandung bahan tambahan yang mungkin tidak diinginkan

- Jumlah kolagen per porsi mungkin terbatas

- Bisa mahal


4. Kolagen dari Makanan

Salah satu cara alami untuk mendapatkan kolagen adalah melalui makanan, seperti kaldu tulang yang kaya kolagen. Daging sapi dan babi adalah sumber utama kolagen, begitu juga dengan kulit ayam.

Cara Mengonsumsi Kolagen dari Makanan

Mengonsumsi makanan yang kaya kolagen seperti kaldu tulang dapat menjadi alternatif yang lebih murah dan alami dibandingkan suplemen.

Kelebihan dan Kekurangan

Makanan kaya kolagen juga menyediakan nutrisi penting lainnya, namun mungkin tidak sepraktis suplemen dalam hal konsentrasi kolagen yang dikandungnya.

Kelebihan:

- Lebih terjangkau

- Mengandung nutrisi tambahan

- Sumber alami

Kekurangan:

- Konsentrasi kolagen mungkin lebih rendah dibanding suplemen

- Memerlukan persiapan

- Kurang praktis



Kesimpulan

Kolagen dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, mulai dari memperbaiki kulit hingga mengurangi nyeri sendi. Ada berbagai bentuk suplemen kolagen yang dapat Anda pilih, seperti bubuk, kapsul, cairan, dan makanan. Setiap bentuk memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga penting untuk memilih yang paling sesuai dengan gaya hidup dan kebutuhan Anda. Sebelum memulai konsumsi suplemen kolagen, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran terbaik.

(kj)


Source: 1
close