Iklan

Minggu, 30 Juni 2024, 07:02 WIB
Last Updated 2024-06-30T00:02:54Z
Food

7 Jenis Ikan Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan Menurut Ahli Gizi

Baca Juga
Berita Viral Lainnya
7 Jenis Ikan Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan Menurut Ahli Gizi


Langgampos.com - Di era media sosial saat ini, saran tentang penurunan berat badan bisa sangat membingungkan. Namun, satu hal yang disepakati oleh banyak ahli adalah pentingnya protein dalam diet. Jika Anda mencari sumber protein berkualitas, ikan adalah pilihan yang tepat.

“Ikan adalah sumber protein diet yang luar biasa,” kata Lena Bakovic, ahli diet terdaftar dari Top Nutrition Coaching. Mengonsumsi cukup protein dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan mengurangi risiko makan berlebihan sepanjang hari, jelasnya.

Mengonsumsi ikan sebagai sumber protein saat makan siang atau makan malam dapat mendukung tujuan penurunan berat badan Anda. Sebuah tinjauan menemukan bahwa makan ikan secara teratur dapat membantu menjaga berat badan yang sehat dan dikaitkan dengan pengurangan lingkar pinggang serta risiko sindrom metabolik yang lebih rendah.

Jadi, selain protein, bagaimana ikan membantu menurunkan berat badan? Protein dalam ikan mengandung senyawa anti-inflamasi, ditambah Anda juga mendapatkan asam lemak omega-3 anti-inflamasi saat makan ikan. Keduanya telah dikaitkan dengan lemak perut yang lebih sedikit dan berat badan yang lebih rendah. Secara umum, mengonsumsi omega-3 sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda. “Asam lemak omega-3 telah banyak dipelajari karena sifat anti-inflamasi, efek pelindung jantung, termasuk menurunkan kadar trigliserida serum, dan perannya dalam menjaga kesehatan otak,” kata Bakovic. American Heart Association merekomendasikan untuk mengonsumsi dua porsi ikan per minggu.

Sekarang setelah Anda tertarik untuk makan ikan, saatnya melihat tujuh jenis ikan terbaik yang dapat mendukung tujuan penurunan berat badan Anda. Apa yang akan ada di menu Anda malam ini?

1. Herring

Ikan herring memiliki tekstur lembut dan rasa yang kuat dengan kadar lemak sehat yang tinggi. Sebuah studi kecil menemukan bahwa peserta yang mengonsumsi 1.000 miligram omega-3 setiap hari kehilangan lebih banyak lemak perut daripada yang lain. Tiga ons herring mengandung lebih dari 1.300 mg omega-3. Jika Anda belum pernah mencoba ikan ini sebelumnya, cobalah dalam hidangan Scandinavian Pickled Herring Bites.

2. Makarel

Mackerel adalah ikan berminyak dengan rasa yang kuat dan penuh dengan asam lemak omega-3, serta mengandung 16 gram protein dalam 3 ons. Satu porsi mackerel mengandung lebih dari 2.000 mg omega-3. Namun, king mackerel memiliki kandungan merkuri tinggi yang berbahaya bagi anak-anak, wanita hamil, atau menyusui. Pilihlah Atlantic mackerel atau Pacific chub mackerel yang lebih kecil dan mengandung lebih sedikit merkuri. Mackerel cocok dimasak dengan saus Gochujang-Glazed Grilled Mackerel.

3. Trout

Trout mengandung 18 gram protein per 3 ons, banyak vitamin dan mineral, serta lebih banyak omega-3 daripada kebanyakan ikan. Ikan air dingin seperti trout cenderung mengandung jumlah omega-3 yang lebih tinggi. Trout juga merupakan sumber vitamin D yang baik, yang mungkin berperan dalam metabolisme sehat. Trout bisa dipanggang atau digoreng, tetapi lebih baik disajikan dalam bentuk smoked trout seperti dalam hidangan Smoked Trout & Spinach Scrambled Eggs.

4. Salmon

Salmon terkenal karena manfaat kesehatannya bagi jantung, namun juga membantu dalam penurunan berat badan. Ikan ini mengandung 17 gram protein dalam 3 ons, ditambah dengan daftar panjang vitamin dan mineral, termasuk asam lemak omega-3. Penelitian awal menunjukkan bahwa salmon mengandung hormon calcitonin yang dapat memperlambat pengosongan lambung dan meningkatkan pembakaran kalori. Panggang atau goreng salmon Anda, atau jadikan salmon patties atop a bed of greens sebagai pilihan sehat.

5. Sarden

Satu kaleng 3,75 ons sarden menyediakan 23 gram protein dan kaya akan omega-3. “Sarden memiliki kandungan asam lemak esensial yang lebih tinggi karena kandungan lemaknya yang lebih tinggi,” kata ahli diet Lori Barrett dari Top Nutrition Coaching. Sarden kalengan juga merupakan sumber kalsium yang baik karena tulang kecil dalam ikan juga dimakan. Jika belum pernah mencoba sarden, cobalah hidangan Spicy Sardine Linguine.

6. Tuna

Tuna kalengan adalah pilihan makan siang klasik yang penuh dengan protein dan asam lemak esensial. Menurut California's Environmental Protection Agency, tuna albacore kalengan tinggi omega-3 tetapi juga mengandung lebih banyak merkuri. Jika Anda khawatir tentang hal itu, pilih tuna light kalengan. Tuna sangat baik untuk penurunan berat badan karena kaya protein—22 gram per 3 ons—tetapi rendah kalori. Cobalah salah satu dari 16 Healthy Lunch Ideas That Start with a Can of Tuna.

7. Cod

Cod adalah ikan dengan rasa ringan yang cocok untuk orang yang tidak suka rasa ikan yang kuat. Cod juga mengandung lebih banyak yodium dibandingkan banyak jenis ikan lainnya. Yodium adalah mineral yang diperlukan tubuh untuk memproduksi hormon tiroid. Hormon tiroid berperan dalam metabolisme, jadi penting untuk menjaga fungsinya agar berat badan tetap sehat. Cod adalah pilihan tepat karena mengandung 15 gram protein per 3 ons dan merupakan sumber selenium yang baik, mineral yang diperlukan untuk fungsi tiroid dan metabolisme yang sehat. Cobalah Seared Cod with Spinach-Lemon Sauce untuk makan malam yang lezat.


Dengan memilih salah satu dari ikan-ikan ini, Anda tidak hanya mendapatkan manfaat kesehatan yang beragam, tetapi juga mendukung upaya penurunan berat badan Anda. Jadikan ikan sebagai bagian dari diet Anda untuk hasil yang optimal.


(nh)



Source: 1
close