Iklan

Kamis, 27 Juni 2024, 21:32 WIB
Last Updated 2024-06-27T14:32:35Z
lembaga negaraNasionalNewswisata edukasi

Pentingnya Wisata Edukasi ke Lembaga Negara untuk Generasi Muda

Baca Juga
Berita Viral Lainnya
Pentingnya Wisata Edukasi ke Lembaga Negara untuk Generasi Muda












Langgampos.com - Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) bersama dengan sejumlah kepala sekolah dan guru madrasah dari Kota Malang mengikuti kegiatan 'Forum Konsultasi Publik (FKP) MPR'. Dalam acara ini, MPR RI menyerap aspirasi masyarakat guna meningkatkan layanan kunjungan delegasi ke lembaga negara.

Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal (Plt. Sekjen) MPR RI, Siti Fauziah, menyatakan pentingnya kegiatan ini untuk meningkatkan layanan dan fasilitas yang ada di MPR. "Kegiatan seperti ini sangat penting untuk menyerap aspirasi masyarakat. Dengan mendengarkan langsung dari masyarakat, kita dapat mengetahui apa yang perlu ditingkatkan dalam layanan kunjungan delegasi ke MPR," ujar Siti Fauziah dalam keterangannya, Kamis (27/6/2024).

Dalam forum tersebut, banyak masukan yang diterima oleh Setjen MPR. Siti Fauziah mengakui bahwa masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, seperti video profil MPR yang akan dibuat lebih menarik dan informatif.

Forum Konsultasi Publik kali ini mengusung tema 'Aktualisasi Nilai-nilai Kebangsaan di Madrasah Melalui Wisata Belajar ke Lembaga Negara di Indonesia' yang berlangsung di Malang. Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Biro Humas dan Sistem Informasi Sekretariat Jenderal (Setjen) MPR Anies Mayangsari Muninggar, Kepala Subbagian Hubungan Antarlembaga Setjen MPR Yenita Revi, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang yang diwakili Kasi Pendidikan Madrasah Abdul Mughni, dan Ketua KKMI Kota Malang Siti Aisah.

"Kami berkomitmen untuk membuat layanan kunjungan delegasi menjadi lebih menarik," tambah Siti Fauziah.

Kepada para peserta, ia menjelaskan bahwa banyak program telah dirancang untuk meningkatkan layanan kunjungan delegasi, mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga perguruan tinggi. Misalnya, bagi kelompok sekolah dasar, telah disiapkan permainan edukatif seperti ular tangga yang mengangkat tema Empat Pilar MPR, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Kami ingin semua program ini bisa diakses secara digital melalui website MPR, sehingga bagi yang belum bisa berkunjung ke Senayan, Jakarta, masih bisa mendapatkan informasi yang lengkap," katanya.

Ia juga mengakui bahwa di Kompleks Gedung MPR/DPR/DPD, terdapat banyak fasilitas yang masih digunakan bersama. Salah satu contohnya adalah Museum Sejarah Parlemen yang berada di Gedung Nusantara yang masih menjadi milik bersama MPR dan DPR. "Kita akan membangun museum sendiri, yaitu Museum MPR," ungkap Siti Fauziah.

Dengan adanya peningkatan layanan dan fasilitas, Siti Fauziah berharap kunjungan delegasi yang terdiri dari siswa, guru, mahasiswa, dosen, dan kelompok masyarakat lainnya akan selalu menemukan sesuatu yang baru setiap kali berkunjung. Ia menekankan bahwa peningkatan layanan ini tidak hanya untuk kepentingan MPR, tetapi juga untuk kepentingan masyarakat luas.

"Masyarakat jadi mengetahui lebih banyak tentang MPR, begitu pula sebaliknya, MPR pun jadi lebih memahami kebutuhan masyarakat. Kami berharap kunjungan delegasi ini dapat membuka wawasan masyarakat tentang MPR," jelasnya.

Di akhir acara, Siti Fauziah berharap para peserta dapat membawa banyak manfaat dan ilmu baru setelah mengikuti kegiatan ini. "Kami berharap, setelah acara ini, bapak dan ibu kembali ke rumah dengan membawa banyak manfaat dan ilmu," tutupnya.

Wisata Edukasi untuk Generasi Masa Depan

Wisata edukasi ke lembaga negara seperti MPR bukan hanya sekadar kunjungan, tetapi juga merupakan upaya nyata untuk mendidik generasi muda tentang pentingnya nilai-nilai kebangsaan dan peran lembaga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan adanya program-program yang menarik dan edukatif, diharapkan generasi muda akan semakin memahami dan menghargai sejarah serta fungsi lembaga negara dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan bangsa.

Dalam era digital ini, akses informasi yang mudah dan menarik menjadi kunci penting dalam mendidik generasi muda. Oleh karena itu, MPR berkomitmen untuk terus berinovasi dan meningkatkan layanan serta fasilitasnya agar semakin menarik dan informatif. Dengan begitu, wisata edukasi ke MPR tidak hanya menjadi pengalaman yang berharga tetapi juga menyenangkan bagi para siswa dan masyarakat.


(mn)
close