Iklan

Minggu, 09 Juni 2024, 10.11 WIB
Last Updated 2024-06-10T17:44:43Z
pesan suaratutorialwhatsapp

Cara Mengirim Pesan Suara Melalui Fitur 'Sekali Lihat' di WhatsApp

Baca Juga
Advertisement
Cara Mengirim Pesan Suara Melalui Fitur 'Sekali Lihat' di WhatsApp



Langgampos.com - WhatsApp, aplikasi pesan instan yang dimiliki oleh Meta, terus menghadirkan inovasi untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan privasi yang lebih tinggi. Salah satu fitur yang mungkin sudah dikenal oleh banyak pengguna adalah fitur "sekali lihat".

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengirim foto dan video yang hanya dapat dilihat sekali oleh penerima. Setelah penerima membuka media yang dikirim, pesan tersebut akan hilang dari obrolan, menambah lapisan privasi ekstra untuk foto dan video Anda.

Namun, tahukah Anda bahwa fitur ini tidak hanya terbatas pada foto dan video saja? Kini, Anda juga dapat mengirim pesan suara dengan fitur "sekali lihat". Berikut adalah panduan langkah demi langkah yang telah dibagikan oleh aplikasi untuk membantu Anda menikmati privasi yang lebih tinggi saat berbagi pesan suara melalui fitur "sekali lihat" di WhatsApp.

Panduan Mengirim Pesan Suara 'Sekali Lihat' di WhatsApp

1. Buka Obrolan Individu atau Grup

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka obrolan, baik itu obrolan dengan satu orang atau dalam grup.

2. Ketuk Ikon Mikrofon

Setelah berada di dalam obrolan, cari ikon mikrofon di layar Anda. Ikon ini biasanya terletak di dekat kolom penulisan pesan.

3. Geser ke Atas untuk Mengunci Rekaman

Untuk merekam pesan suara, ketuk dan tahan ikon mikrofon lalu geser ke atas. Ini akan mengunci perekaman sehingga Anda tidak perlu terus-menerus menekan ikon mikrofon.

4. Ketuk dan Tahan untuk Merekam

Setelah mikrofon terkunci, lanjutkan dengan merekam pesan suara Anda. Pastikan Anda berbicara dengan jelas dan pesan yang ingin disampaikan sudah tersampaikan dengan baik.

5. Ketuk Ikon 'Sekali Lihat'

Setelah selesai merekam, cari ikon 'sekali lihat' di layar. Ikon ini biasanya berupa lingkaran dengan angka satu di dalamnya. Ketuk ikon tersebut hingga berubah warna menjadi hijau. Ini menandakan bahwa pesan suara Anda sekarang berada dalam mode 'sekali lihat'.

6. Ketuk Kirim

Langkah terakhir adalah mengirim pesan suara Anda. Ketuk ikon kirim, dan pesan suara Anda akan dikirim dalam mode 'sekali lihat'.

Jika penerima telah mengaktifkan tanda terima baca, Anda akan melihat tanda terima terbuka di obrolan ketika mereka telah membuka pesan suara Anda. Ini memberikan indikasi bahwa pesan Anda telah didengar.


Keuntungan Menggunakan Fitur 'Sekali Lihat'

Menggunakan fitur 'sekali lihat' di WhatsApp untuk pesan suara memiliki beberapa keuntungan utama:

1. Privasi Tinggi

Dengan fitur ini, Anda dapat memastikan bahwa pesan suara Anda hanya akan didengarkan sekali oleh penerima. Ini sangat berguna untuk pesan yang bersifat sensitif atau pribadi.

2. Keamanan Pesan

Setelah pesan suara didengarkan, pesan tersebut akan hilang dari obrolan, mengurangi risiko pesan tersebut disalahgunakan atau didengar oleh orang lain yang tidak berhak.

3. Kemudahan Penggunaan

Fitur ini sangat mudah digunakan dan tidak memerlukan pengaturan tambahan. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah sederhana untuk mengirim pesan suara dalam mode 'sekali lihat'.

Kesimpulan

Fitur 'sekali lihat' di WhatsApp adalah inovasi yang memberikan pengguna lebih banyak kontrol atas privasi mereka. Dengan kemampuan untuk mengirim pesan suara yang hanya bisa didengar sekali, pengguna dapat berbagi informasi sensitif dengan lebih aman.

Panduan ini diharapkan dapat membantu Anda memahami cara menggunakan fitur ini dengan lebih baik. WhatsApp terus berupaya meningkatkan privasi dan keamanan pengguna melalui fitur-fitur inovatifnya. Selalu pastikan aplikasi Anda diperbarui ke versi terbaru untuk menikmati semua fitur terbaru dan peningkatan keamanan yang ditawarkan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memanfaatkan fitur 'sekali lihat' untuk pesan suara dan menjaga privasi Anda saat berbagi informasi penting dengan teman dan keluarga melalui WhatsApp.

(mn)
close