Iklan

Jumat, 28 Juni 2024, 11:28 WIB
Last Updated 2024-06-28T04:28:05Z
malangNewsRegional

Desa Senggreng Malang Raih Penghargaan Kampung Keluarga Berkualitas Terbaik se-Indonesia

Baca Juga
Berita Viral Lainnya
Desa Senggreng Malang Raih Penghargaan Kampung Keluarga Berkualitas Terbaik se-Indonesia


Langgampos.com - Desa Senggreng di Kabupaten Malang telah meraih prestasi membanggakan dengan menjadi Kampung Keluarga Berkualitas Terbaik se-Indonesia. Penghargaan ini diberikan pada ajang tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Pemerintah Pusat melalui Direktorat Analisis Dampak Kependudukan BKKBN, Sekretariat Kabinet, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, serta Kementerian Dalam Negeri.

Desa Senggreng berhasil meraih juara pertama di regional satu sebagai kampung keluarga berkualitas tingkat kabupaten. Di posisi kedua terdapat Desa Kalimendong dari Kecamatan Leksono, Kabupaten Wonosobo, dan posisi ketiga diraih Desa Jawi Jawi dari Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok. Sementara itu, di regional dua, juara pertama diraih oleh Desa Munte dari Kecamatan Tumpaan, Kabupaten Minahasa Selatan, juara kedua oleh Desa Puuroda dari Kecamatan Baulan, Kabupaten Kolaka, dan juara ketiga oleh Desa Pitue dari Kecamatan Marang, Kabupaten Pangkajene Kepulauan.

Kepala Desa Senggreng, Rendyta Witrayani Setiawan, menyatakan rasa bangganya atas pencapaian ini. Menurutnya, prestasi ini menunjukkan bahwa program yang telah dijalankan oleh Pemerintah Desa Senggreng untuk menciptakan lingkungan keluarga berkualitas berjalan dengan baik dan konsisten. "Setidaknya ini menunjukkan bahwa program kami bukan hanya dibentuk saat ada gelaran ini saja, karena tentu penilaian yang dilakukan tidak hanya dalam satu kali waktu saja," ujar Rendyta pada Jumat (28/6/2024).

Meski telah meraih penghargaan bergengsi ini, Rendyta menegaskan bahwa dirinya tidak akan berpuas diri. Ia berkomitmen untuk terus mengembangkan program-program yang telah dirancang agar berkelanjutan dan mendukung visi pemerintah dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045. "Untuk mewujudkan Indonesia Emas tahun 2045, tentu dibutuhkan semua pihak, tidak terkecuali dari lingkungan Pemerintah Senggreng sebagai kepanjangan tangan Pemerintah Daerah di tingkat desa," tegasnya.

Sebagai bentuk apresiasi atas prestasi ini, Rendyta dijadwalkan untuk menerima penghargaan dari Pemerintah Pusat pada Rabu, 26 Juni dan Kamis, 27 Juni mendatang di Semarang, Jawa Tengah. Penganugerahan tersebut akan dihadiri langsung oleh Hasto Wardoyo, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) beserta jajaran, serta para bupati/walikota dari seluruh Indonesia yang juga mendapatkan penghargaan.

Penghargaan ini menjadi motivasi bagi Desa Senggreng untuk terus meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya dan menjadi contoh bagi desa-desa lain di Indonesia. Dengan adanya program-program yang berfokus pada kesejahteraan keluarga, diharapkan dapat tercipta generasi masa depan yang lebih baik dan mendukung pencapaian visi Indonesia Emas 2045.

Desa Senggreng tidak hanya meraih prestasi ini berkat kerja keras pemerintah desa, tetapi juga berkat partisipasi aktif masyarakat yang mendukung setiap program yang dijalankan. Kolaborasi antara pemerintah desa dan masyarakat menjadi kunci sukses dalam meraih penghargaan ini.

Dengan semangat kebersamaan dan gotong royong, Desa Senggreng akan terus berupaya untuk mempertahankan prestasi ini dan meningkatkan kualitas hidup warganya. Semoga prestasi ini dapat menginspirasi desa-desa lain untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam menciptakan lingkungan keluarga yang berkualitas.

(as)



Source: 1
close