Iklan

Sabtu, 29 Juni 2024, 07:15 WIB
Last Updated 2024-06-29T15:42:14Z
blitarNewsRegional

Pemkot Blitar Siapkan Rp15 Miliar untuk Perbaikan Jalan Menuju Makam Bung Karno

Baca Juga
Berita Viral Lainnya
Pemkot Blitar Siapkan Rp15 Miliar untuk Perbaikan Jalan Menuju Makam Bung Karno



Langgampos.com - Pemerintah Kota Blitar melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) menyiapkan dana sebesar Rp15 miliar untuk memperbaiki jalan menuju Makam Bung Karno. Proyek perbaikan ini mencakup Jalan Ir. Soekarno sepanjang 2 kilometer, termasuk perbaikan drainase dan trotoar.

Sekretaris Dinas PUPR Kota Blitar, Joko Pratomo, menyampaikan bahwa pemenang tender untuk proyek ini sudah ditetapkan. Namun, penandatanganan kontrak pembangunan masih menunggu daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) dari pemerintah pusat. "Kami perkiraan pekerjaan bisa dimulai akhir Juli atau awal Agustus. Total anggarannya Rp15 miliar hanya untuk pembangunan Jalan Ir. Soekarno," jelas Joko pada Jumat (28/6/2024).

Dengan adanya perbaikan ini, jalan sepanjang 2,2 kilometer tersebut diharapkan akan lebih menarik dan nyaman bagi wisatawan yang hendak mengunjungi Makam Bung Karno. Upaya ini merupakan bagian dari strategi Pemkot Blitar untuk meningkatkan fasilitas penunjang wisata di kota tersebut.

Selain itu, Dinas PUPR Kota Blitar juga mengalokasikan dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp7 miliar untuk perbaikan empat ruas jalan lainnya di Kota Blitar. Keempat ruas jalan yang akan diperbaiki adalah Jalan Anjasmoro, Jalan Kali Brantas, Jalan Sumatera, dan Jalan Kapuas.

"Untuk Jalan Kapuas, Jalan Sumatera, dan Jalan Kali Brantas, pekerjaan yang dilakukan hanya pengaspalan. Sedangkan untuk Jalan Anjasmoro, selain pengaspalan, juga akan ada perbaikan drainase dan trotoar," tambah Joko.

Perbaikan jalan menuju Makam Bung Karno ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Blitar, sekaligus memperkuat citra kota sebagai destinasi wisata sejarah yang nyaman dan terawat.



(mn)







Source: 1
close