Iklan

Sabtu, 29 Juni 2024, 09:41 WIB
Last Updated 2024-06-29T02:41:48Z
gemini progooglegoogle aiTekno

Google Meluncurkan Versi Terbaru dari Model AI Andalan, Gemini 1.5 Pro

Baca Juga
Berita Viral Lainnya
Google Meluncurkan Versi Terbaru dari Model AI Andalan, Gemini 1.5 Pro


Langgampos.com - Google baru saja merilis versi terbaru dari model AI andalannya, Gemini 1.5 Pro, yang kini tersedia untuk semua pengembang. Dengan kemampuan yang lebih canggih, model ini siap mengubah cara kita berinteraksi dengan teknologi AI.

Keunggulan Gemini 1.5 Pro

Gemini 1.5 Pro dirancang untuk menangani tugas-tugas yang jauh lebih kompleks dibandingkan model AI sebelumnya. Model ini mampu menganalisis seluruh perpustakaan teks, film panjang dari Hollywood, atau hampir satu hari penuh data audio. Kemampuan ini 20 kali lebih besar dibandingkan GPT-4 dari OpenAI dan hampir 10 kali lipat dari kemampuan Claude 3.5 Sonnet dari Anthropic.

Google bertujuan untuk menyediakan alat yang lebih cepat dan hemat biaya bagi para pengembang AI. Dalam pengumumannya, Google menyatakan bahwa model ini akan “memungkinkan penggunaan baru, ketahanan produksi yang lebih baik, dan keandalan yang lebih tinggi.”

Demonstrasi Kemampuan Gemini 1.5 Pro

Pada bulan Mei lalu, Google telah memamerkan kemampuan model ini melalui video yang menunjukkan bagaimana sekelompok kecil penguji beta memanfaatkan potensinya. Salah satu insinyur pembelajaran mesin, Lukas Atkins, menggunakan model ini dengan seluruh perpustakaan Python untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya. “Model ini mampu menemukan referensi spesifik dalam komentar kode dan permintaan khusus yang dibuat oleh pengguna,” katanya dalam video tersebut.

Penguji beta lainnya mengambil video dari seluruh rak bukunya, dan Gemini berhasil membuat database dari semua buku yang dimilikinya — tugas yang hampir mustahil dicapai dengan chatbot AI tradisional.

Gemma 2: Model AI Terbuka Terbaru dari Google

Selain Gemini 1.5 Pro, Google juga membuat gebrakan di komunitas open source dengan merilis Gemma 2 27B, sebuah model bahasa besar open source yang segera menjadi model dengan respons berkualitas tertinggi menurut peringkat LLM Arena.

Gemma 2 menawarkan “kinerja terbaik di kelasnya, berjalan dengan kecepatan luar biasa di berbagai perangkat keras, dan mudah diintegrasikan dengan alat AI lainnya.” Model ini dirancang untuk bersaing dengan model yang ukurannya lebih dari dua kali lipatnya.

Meskipun lisensi untuk Gemma 2 memungkinkan akses dan redistribusi gratis, namun masih belum sama dengan lisensi open source tradisional seperti MIT atau Apache. Model ini dirancang untuk penerapan AI yang lebih mudah diakses dan terjangkau dalam versi 27B dan 9B yang lebih kecil.

Manfaat bagi Pengguna

Hal ini penting baik untuk pengguna rata-rata maupun perusahaan karena model terbuka yang kuat seperti Gemma sangat dapat disesuaikan. Pengguna dapat mengoptimalkan model ini untuk tugas-tugas spesifik, melindungi data mereka dengan menjalankan model tersebut secara lokal.

Misalnya, model bahasa kecil Microsoft, Phi-3, telah dioptimalkan khusus untuk masalah matematika dan dapat mengalahkan model yang lebih besar seperti Llama-3 dan bahkan Gemma 2 dalam bidang tersebut.

Gemma 2 kini tersedia di Google AI Studio, dengan bobot model yang dapat diunduh dari Kaggle dan Hugging Face Models. Pengembang juga dapat menguji Gemini 1.5 Pro yang kuat di Vertex AI.

Kesimpulan

Dengan peluncuran Gemini 1.5 Pro dan Gemma 2, Google menunjukkan komitmennya untuk mendorong batasan teknologi AI. Baik untuk pengembang maupun pengguna umum, ini adalah langkah besar menuju masa depan di mana AI semakin terintegrasi dalam kehidupan sehari-hari.




(as)
close