Iklan

Selasa, 18 Juni 2024, 18:30 WIB
Last Updated 2024-06-21T09:35:30Z
cryptocryptocurrencyEkonomi Bisnisharga bitcoin

Harga Bitcoin dan Ethereum Anjlok, Likuidasi Crypto Mendekati $500 Juta

Baca Juga
Berita Viral Lainnya
Harga Bitcoin dan Ethereum Anjlok, Likuidasi Crypto Mendekati $500 Juta



Langgampos.com - Pada akhir Senin, harga Bitcoin, Ethereum, dan mata uang kripto lainnya mengalami penurunan signifikan, menyebabkan likuidasi posisi hampir setengah miliar dolar dalam 24 jam terakhir. Dari total likuidasi senilai $489 juta, sebagian besar—lebih dari $432 juta—terjadi pada posisi long, menurut data pasar kripto yang diaggregasi dari CoinGlass.

Sebagian besar likuidasi hari itu terjadi dalam 12 jam terakhir, ketika harga Bitcoin jatuh hingga serendah $64,548 dan harga Ethereum turun ke $3,384, meninggalkan kedua mata uang ini turun lebih dari 5% selama tujuh hari sebelumnya.

Angka-angka ini melanjutkan arus likuidasi yang terlihat sehari sebelumnya, yang menguapkan $290 juta dalam sebagian besar posisi long.

Sekitar 200.000 pedagang dilikuidasi dalam 24 jam terakhir, menurut CoinGlass. Berdasarkan metrik situs tersebut, pesanan likuidasi tunggal terbesar terjadi di Binance, yaitu taruhan long pada Ethereum senilai $6,4 juta.

Ethereum memimpin gelombang likuidasi dengan $92,5 juta dalam posisi yang dilikuidasi selama 24 jam terakhir, menurut CoinGlass. Bitcoin menyusul dengan $72,8 juta dalam likuidasi, sementara Dogecoin (DOGE) mencatat $60,3 juta. Shiba Inu (SHIB) dan Solana juga mengalami likuidasi masing-masing sebesar $22,9 juta dan $19,8 juta dalam periode yang sama.

Volatilitas kripto—bahkan dengan minat investor institusional yang besar dalam kasus Bitcoin—seringkali menyebabkan likuidasi paksa karena harga yang berfluktuasi melampaui ekspektasi atau harapan pemegangnya.

Sebagai contoh, lonjakan harga Bitcoin dan Ethereum pada bulan Mei menyebabkan lebih dari $300 juta dalam likuidasi posisi short, diikuti oleh lonjakan yang sama besar pada posisi long beberapa minggu kemudian.

Pergerakan harga yang tidak terduga ini menegaskan risiko yang dihadapi oleh investor kripto, baik yang individu maupun institusional, dalam pasar yang sangat dinamis dan tidak dapat diprediksi. Investor diharapkan tetap waspada dan mempertimbangkan strategi manajemen risiko yang lebih baik dalam menghadapi volatilitas pasar kripto.


(mn)
close