Iklan

Jumat, 21 Juni 2024, 19:34 WIB
Last Updated 2024-06-21T12:34:36Z
bitcoinbitcoin anjlokcryptocryptocurrencyEkonomi Bisnisharga bitcoin

Harga BTC Turun Menuju $64K Lagi karena Arus Keluar ETF Bitcoin Spot Berlanjut

Baca Juga
Berita Viral Lainnya
Harga BTC Turun Menuju $64K Lagi karena Arus Keluar ETF Bitcoin Spot Berlanjut



Langgampos.com - Harga Bitcoin terus menunjukkan pergerakan yang kurang menggembirakan. Aset ini terhenti di $66.400 dan didorong turun menuju $64.000 untuk ketiga kalinya dalam minggu ini.

BTC Turun Menuju $64K

Pergerakan harga Bitcoin mengalami penurunan signifikan. Pada pekan lalu, BTC sempat mencapai $70.000 pada beberapa kesempatan, namun kegagalannya untuk melanjutkan kenaikan mengakibatkan penolakan yang menyakitkan, mendorongnya turun di bawah $65.000 pada hari Jumat.

Akhir pekan tidak banyak perubahan, Bitcoin berhasil pulih sedikit dan berada di atas $66.000. Awal minggu bisnis baru dimulai dengan kenaikan menuju $67.000, namun kembali terhenti, dan tekanan dari para penjual mendorong BTC turun ke level terendah bulanan di $64.000.

Setelah memantul, Bitcoin mencoba naik kemarin dan mencapai hampir $66.500 (di Bitstamp). Namun, penolakan lainnya terjadi, dan kini BTC berjuang untuk tetap berada di atas $64.000.

Penurunan harga ini terjadi di tengah arus keluar yang terus berlanjut dari ETF Bitcoin spot. Setelah jeda pada 19 Juni, penarikan kemarin mencapai hampir $140 juta, dengan GBTC melampaui FBTC untuk pertama kalinya dalam beberapa hari.

Dengan BTC turun 2% pada hari ini, kapitalisasi pasarnya merosot menjadi $1,265 triliun. Dominasi BTC atas altcoin sedikit meningkat menjadi 51,5%.

Altcoin Merah

Altcoin berada dalam kondisi yang lebih buruk daripada BTC. ETH turun lebih dari 3% dan berada di bawah level dukungan psikologis $3.500. BNB juga turun dengan persentase yang sama menjadi $583.

Kerugian lebih lanjut dialami oleh SOL, SHIB, DOT, LINK, XRP, DOGE, ADA, dan lainnya dari kelompok berkapitalisasi besar.

Namun, beberapa kerugian terbesar dalam skala harian datang dari koin meme. WIF turun ke level terendah beberapa bulan hari ini, diikuti oleh JASMY, BONK, BRETT, PEPE, dan FLOKI – semuanya turun lebih dari 8% dalam sehari.

Kapitalisasi pasar kumulatif dari semua aset kripto telah menyusut sekitar $50 miliar dalam sehari.

Faktor Penyebab Penurunan Harga Bitcoin

Penurunan harga Bitcoin kali ini tidak dapat dilepaskan dari beberapa faktor utama yang memengaruhi pasar. Salah satu faktor terbesar adalah arus keluar dari ETF Bitcoin spot, yang menunjukkan adanya penurunan kepercayaan investor terhadap performa jangka pendek aset ini. Penarikan dana sebesar hampir $140 juta dari ETF seperti GBTC dan FBTC menunjukkan adanya ketidakpastian yang signifikan di kalangan investor.

Selain itu, pergerakan harga Bitcoin yang tidak stabil dalam beberapa minggu terakhir juga mencerminkan pasar yang sangat sensitif terhadap berita dan perubahan sentimen. Meskipun Bitcoin sempat mengalami kenaikan yang signifikan, penolakan yang terjadi pada level resistensi penting mengindikasikan adanya tekanan jual yang kuat.

Dampak pada Altcoin dan Koin Meme

Penurunan harga Bitcoin juga membawa dampak negatif pada altcoin dan koin meme. Ether (ETH), yang biasanya mengikuti tren harga Bitcoin, mengalami penurunan signifikan dan kehilangan level dukungan penting di $3.500. Binance Coin (BNB) dan banyak altcoin lainnya juga menunjukkan tren penurunan yang serupa.

Koin meme, yang sering kali mengalami volatilitas tinggi, menjadi yang paling terpukul dalam situasi pasar seperti ini. Penurunan lebih dari 8% dalam sehari untuk koin seperti WIF, JASMY, BONK, BRETT, PEPE, dan FLOKI menunjukkan risiko tinggi yang terkait dengan investasi dalam koin ini. Para investor harus ekstra hati-hati dan mempertimbangkan risiko yang ada sebelum berinvestasi dalam koin dengan volatilitas tinggi.

Prospek Pasar Kripto ke Depan

Meski saat ini pasar kripto mengalami penurunan yang cukup signifikan, banyak analis tetap optimis mengenai prospek jangka panjang Bitcoin dan altcoin lainnya. Keberadaan ETF Bitcoin spot, meskipun mengalami arus keluar dana, tetap dianggap sebagai langkah penting dalam adopsi kripto yang lebih luas di kalangan institusi.

Namun, dalam jangka pendek, pasar kripto mungkin akan tetap volatile dengan adanya ketidakpastian ekonomi global dan sentimen investor yang cepat berubah. Para investor disarankan untuk melakukan analisis yang cermat dan mempertimbangkan strategi diversifikasi untuk mengurangi risiko.

Dengan volatilitas pasar yang tinggi, penting bagi para investor untuk tetap waspada dan terus mengikuti perkembangan terkini yang dapat mempengaruhi harga aset kripto. Informasi dan analisis yang tepat waktu dapat membantu dalam membuat keputusan investasi yang lebih bijaksana dan menghindari kerugian yang signifikan.

(as)
close